Download RPP Daring Kelas 4 Semester 1 Revisi 2020


Pada artikel ini kami akan berbagi contoh administrasi gratis berupa RPP Daring Kelas 4  Semester 1 Revisi 2020. Di era pandemi Virus Corona yang melanda dunia termasuk indonesia. Para guru melaksanakan proses belajar mengajar dengan sistem pembelajaran dari rumah secara online ( Pembelajaran Daring ) hal ini sesuai dengan petunjuk pemerintah pusat.

Pemerintah pusat juga di bawah naungan kemendikbud mengeluarkan beberapa surat edaran khusus untuk pembelajaran di sekolah.  Berkaitan dengan surat edaran tersebut bentuk administrasi guru juga disesuaikan dengan pembelajaran daring yaitu RPP Daring.  RPP Daring ini adalah bagian dari RPP Daring Kelas 5 Semester 1 Word .

Dalam hal ini kami membagikan contoh RPP Daring kelas 4 Semester 1 format satu lembar untuk bahan referensi dalam penyusunan RPP semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021.
Perangkat administrasi  ini  sudah sesuai dengan Surat Edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 7 komponen utama saja yaitu :
1. Kompetensi Dasar Materi
2. Materi
3. Tujuan pembelajaran
4. Alat / Media,
5. Bahan / Materi
6. Penilaian
7. Kegiatan Pembelajarn.

Dalam penyusunan RPP Daring ini sudah disesuaikan dengan pemetaan Kompetensi Dasar dan Buku Tematik Kelas 4 Revisi 2017. Adapun RPP Daring kelas empat yang kami bagikan terdiri atas 5 tema yang ada di semester 1 yaitu :
1. RPP Tema 1 indahnya kebersamaan
2. RPP Tema 2 selalu berhemat energi
3. RPP Tema 3 peduli terhadap makhluk hidup
4. RPP Tema 4 berbagai pekerjaan
5. RPP Tema 5 pahlawanku

Dalam menenerapkan RPP Daring kelas 4 ini akan lebih bagus kiranya seorang guru memiliki tambahan sumber belajar yaitu Modul Belajar Dari Rumah ( BDR ) Kelas 4   karena modul ini yang sudah disesuaikan dengan kurikulum K13 tentang pembeljaran daring.

A. Contoh RPP Daring kelas 4 Semester 1 Lengkap

Di bawah ini admin memberikan contoh RPP  Daring Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas :  4 ( Empat )
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Subtema         : 3. Energi Alternatif
Pembelajaran  : 3.
Semester         : I (Ganjil)
Alokasi Waktu: 120 menit

1. Kompetensi Dasar Materi

Bahasa Indonesia
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

2. Materi Bahasa Indonesia : Keterhubungan antargagasan

IPA
3.4 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.4 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Materi IPA : Perubahan Bentuk Energi

3. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan kedalam
kerangka tulisan serta menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk energi.

4. Alat/Media

Whatsapp group (WAG) antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka.

5. Bahan/Materi

Video pembelajaran

6. Penilaian

(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

7. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Refleksi
Anak-anak hari ini hari Jumat? Ayo, jangan lupa melakukan PSN. Periksa sumber-dan penampungan air di rumah, amati adakah jentik nyamuk? Jika ada segera tuang di atas tanah ya biar tidak tumbuh menjadi nyamuk. Agar kita terhindar dari penyakit demam berdarah! Nah setelah itu cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan!
Kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan Pembelajaran 1
Anak-anak bagaimana PSN hari ini? Masih ada jentikkah? Bila kalian menemukan jentik dari tempat penampungan air yang tidak bisa dikuras maka taburi tampungan air tersebut dengan bubuk abate. Abate yang ditabur di bak penampungan air akan mampu membasmi jentik. Bebas jentik bebas demam berdarah!
Anak-anak bila kalian ingin tahu informasi lebih mendalam tentang sesuatu, rajinlah membaca. Oh ya siapa yang suka membaca? Asyik lho kalau kita gemar membaca, wawasan kita bertambah luas. Hari ini kita masih belajar tentang keterhubungan antargagasan ya
Agar lebih jelas, klik materi di tautan berikut ...
https://youtu.be/HSuiUREVfdc
Semakin jelas ya, bagaimana menata kalimat berdasarkan keterhubungan antargagasan?
Sebagai latihan perhatikan beberapa kalimat berikut! Susunlah menjadi sebuah paragraf yang padu, tandai keterhubungan antargagasannya ya!
1. Energi kimia itu akan berubah menjadi energi gerak, sehingga mobil dapat melaju
2. Bahan bakar itulah salah satu bentuk energi
3. Mobil menggunakan bahan bakar untuk bisa menjalankan mesinnya.
4. Di dalam bahan bakar tersimpan energi kimia.
Selamat mengerjakan, bila ada kesulitan kalian boleh minta bantuan, ayah, bunda, atau mengubungi Bapak/Ibu guru yaa

Kegiatan Pembelajaran 2
Anak-anak sukakah kalian bereksperimen? Mencoba sesuatu yang unik dan menarik? Nah langkah awal sebelum mencoba membuat sesuatu adalah dengan cara mengamati. Mengamati adalah memperhatikan dengan seksama obyek yang diamati, sehingga didapat informasi yang lengkap.
Nah, tugas kalian sekarang adalah mengamati, mencatat, dan nanti memresentasikan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada tautan berikut
https://youtu.be/F8-84J8vtUg
Hal yang perlu kalian catat adalah ...
1 Nama percobaan
2 Perubahan bentuk energi
3 Proses perubahan energi
Bila sudah selesai fotokan hasil pekerjaan kalian baik di kegiatan 1 maupun kegiatan 2 ya, kemudian kirimkan ke Bapak/Ibu guru
Ucapkan terima kasih pada ayah, bunda, atau siapapun yang membantu kalian belajar.
Sampai jumpa pada pembelajaran minggu depan yaaa

TIM PENULIS:
1. Imam Arfany Pahlawan, S.Pd
2. Prawoto, S.Pd
3. Haris, M.Pd
4. Dr. Sri Handayani, M.M.

B. Link Untuk mendapatkan RPP Daring Kelas 4 Semester 1 Untuk SD/Mi

Uraian  diatas merupakan  salah satu contoh RPP Daring kelas 4 Semester 1. Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan Administrasi RPP yang lengkap bisa melihat pada tautan di bawah ini :

RPP Daring Kelas 1 sd 6  Semester 1 untuk SD/MI

Demikianlah informasi tentang Administrasi kelengkapan guru RPP Daring Kelas 4 Semester 1 Revisi 2020 . Mudah mudahan ini menjadi bahan perbandingan bagi Bapak dan Ibu guru di sekolah untuk kelenkapan administrasinya.

You may like these posts