Download RPP Daring Kelas 1 Semester 1 Revisi 2020

Download RPP Daring Kelas 1 Semester 1 Untuk SD/MI

Pada artikel ini admin gurupertama akan memberikan  contoh  RPP Daring Kelas 1 Semester 1. Pembahasan ini untuk melengkapi artikel yang membahas tentang RPP Daring Kelas 2 Semester 1 Untuk SD/MI.  Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 di mana Virus Corona yang masih melanda di Indonesia. Para guru melakukan proses belajar mengajar dengan sistem  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran Daring hal ini sesuai dengan petunjuk pemerintah pusat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pemerintah indonesia yang di bawah lembaga kementerian pendidikan dan kebudayaan  mengeluarkan beberapa surat edaran khusus untuk pembelajaran di sekolah untuk bentuk administrasi guru yang disesuaikan dengan pembelajaran daring yaitu RPP Daring.  Dimana saat ini para guru banyak yang mencari contoh tentang RPP tersebut.

Berkaitan dengan keadaan tersebut  saya akan  memberikan contoh RPP Daring kelas 1 Semester 1 format satu lembar untuk bahan referensi dalam penyusunan RPP semester Gasal tahun pelajaran 2020/2021. Perangkat administrasi  ini  sudah sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud yang hanya terdiri dari 7 komponen utama saja yaitu :
1. Kompetensi Dasar Materi
2. Materi
3. Tujuan pembelajaran
4. Alat / Media,
5. Bahan / Materi
6. Penilaian
7. Kegiatan Pembelajarn.

Dalam pembuatan RPP Daring ini  disesuaikan dengan materi pembelajaran, Pemetaan KD dan Buku Tematik K13  Kelas 1 Revisi 2017.  Adapun RPP Daring yang kami bagikan terdiri atas 4 tema yang ada di semester 1 yaitu :
1. RPP Tema 1 Diriku
2. RPP Tema 2 Kegemaranku
3. RPP Tema 3 Kegiatanku
4. RPP Tema 4 Keluargaku

A. Contoh RPP Daring kelas 1 Semester 1 SD/Mi

Di bawah ini kami memperlihatkan contoh RPP Daring kelas 2 tema 2 subtema 2

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : I
Tema : 2. Kegemaranku
Subtema         : 2. Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 1
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit

1. Kompetensi Dasar Materi

Bahasa Indonesia
3.2 Mengemuka-kan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/ pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar
PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
SBDP
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari

2. Materi Pembelajaran

Gerak anggota tubuh (lambat dan cepat)
Aturan saat bernyanyi

3. Tujuan Pembelajaran

Melalui bernyanyi peserta didik dapat bernyanyi sesuai aturan dan sikap tubuh yang benar; mempraktikkan gerak cepat dan lambat dengan benar dan percaya diri.

4. Alat/Media

Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

5. Bahan/Materi

Gambar dan Video

6. Penilaian

(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

7. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan 1
Siapa yang suka bernyanyi dan menari? Bernyanyi dan menari membuat hati gembira. Anak-anak pasti suka melakukannya bukan?
Kita bisa menari dengan menirukan gerakan alam, loh!
Seperti gerakan burung terbang, daun berguguran, ombak di pantai, pohon ditiup angin, dan lain-lain. Gerakannya juga ada yang cepat dan ada yang lambat.
Nah, kali ini kita mau bernyanyi lagu “kasih ibu”
Nyanyikan dengan gembira, ya! Dan anak-anak boleh sambil menari dengan gerakan-gerakan alam tadi.
Tapi ingat sikap tubuh anak-anak harus benar! Tubuh harus tegak ketika bernyanyi dan menari.
Ikuti aturannya ya, bernyanyi tidak teriak-teriak harus sesuai nada dan menarinya juga ikuti irama!
Ikuti nyanyiannya pada video berikut, ya!
https://www.youtube.com/watch?v=AKOSNFNiJr A&t=4s
Selamat mengerjakan anak-anak!
Kegiatan 2
Wah, hebat! Anak-anak pandai bernyanyi dan menari!
Tadi anak anak bernyanyi sambil menarikan gerakan alam, ada gerakan yang lambat dan ada gerakan yang cepat. Sekarang, anak-anak boleh menggambar contoh gerakan alam. Gambarnya bebas sebisa anak-ana, ya!
Ini contoh gambarnya.
Ayo, menari!
Lakukan kegiatan menari dengan menirukan gerak alam! Seperti gerak kupu-kupu terbang lambat, kupu-kupu berhenti, dan kupu-kupu terbang cepat. Supaya menarik diiringi dengan melalui lagu “Kupu-kupu Yang Lucu” Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari  ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini  dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!

TIM PENULIS:
1. Susi Susanti, S. Pd
2. Sulartinah, M. Pd
3. Dr. Sri Handayani, M.M.

B. Link Untuk mendapatkan RPP Daring Kelas 1 Semester 1 Untuk SD/Mi

Itulah sedikit gambaran salah satu contoh RPP Daring kelas 1 tema 2. Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan Administrasi RPP daring kelas 1 tema 1 subtema 1 dan lainnya yang lengkap bisa melihat pada link berikut ini :

RPP Daring Kelas 1 sd 6  Semester 1 untuk SD/MI

Demikianlah informasi tentang Administrasi kelengkapan guru RPP Daring Kelas 1 Semester 1 . Semoga dapat menjadi bahan referensi bagi guru di sekolah untuk kelenkapan semua  administrasinya.

You may like these posts

Post a Comment