Download RPP Daring Kelas 6 Semester 1 Untuk SD/MI

Download RPP Daring Kelas 6  Semester 1 Untuk SD/MI

Pada artikel hari ini kami akan membagikan  contoh  RPP Daring Kelas 6  Semester 1. Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 di mana Virus Corona yang masih melanda di Indonesia. Para tenaga pendidik melaksanakan proses belajar mengajar dengan sistem  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran Daring hal ini sesuai dengan petunjuk bapak menteri.

Pemerintah pusat juga di bawah  lembaga kementerian pendidikan dan kebudayaan  mengeluarkan beberapa surat edaran khusus untuk pembelajaran di sekolah untuk bentuk administrasi guru yang disesuaikan dengan pembelajaran daring yaitu RPP Daring.  Dimana saat ini para guru banyak yang mencari referensi tentang RPP Daring.

Berkaitan dengan keadaan tersebut  saya akan  memberikan contoh RPP Daring kelas 6 Semester 1 format satu lembar untuk bahan referensi dalam penyusunan RPP semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Perangkat administrasi  ini  sudah sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang hanya terdiri dari 7 komponen utama saja yaitu :
1. Kompetensi Dasar Materi
2. Materi
3. Tujuan pembelajaran
4. Alat / Media,
5. Bahan / Materi
6. Penilaian
7. Kegiatan Pembelajarn.

Dalam pembuatan RPP Daring ini  disesuaikan dengan pemetaan KD dan Buku Tematik Kelas 6  Revisi 2018. Adapun RPP Daring kelas enam yang kami bagikan terdiri atas 5 tema yang ada di semester 1 yaitu :
1. RPP Tema 1 selamatkan makhluk hidup
2. RPP Tema 2 persatuan dalam perbedaan
3. RPP Tema 3 tokoh dan penemuan
4. RPP Tema 4 globalisasi
5. RPP Tema 5 wirausaha

Dalam mengajarkan RPP Daring kelas 6 ini akan lebih efektif jika seorang guru memiliki tambahan yaitu Modul Belajar Dari Rumah ( BDR ) Kelas 6  sebagai sumber belajar karena modul ini yang sudah disesuaikan dengan kurikulum K13 tentang pembeljaran daring.

A. Contoh RPP Daring kelas 6 Semester 1 SD/Mi

Di bawah ini kami memperlihatkan contoh RPP Daring pada tingkat kelas 6

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas          : VI
Tema          : 3. Tokoh dan Penemuan
Subtema     : 1. Penemu yang mengubah dunia
Semester    : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
PB              : 1

1. Kompetensi Dasar Materi

Bahasa Indonesia
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia

2. Matrei Pembelajaran

Isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
Perubahan sosial budaya setelah adanya penemuan listrik

3. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu memaparkan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penemuan listrik ; menjelaskan perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

4. Alat/Media

Whatsapp group (WAG) dan youtube antara guru, orang tua, dan siswa Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

5. Bahan/Materi

Teks bacaan penjelasan (eksplanasi) tentang penemuan listrik yang mengubah dunia, Video pembelajaran tentang perubahan sosial budaya setelah adanya penemuan listrik.

6. Penilaian

Penilaian tertulis
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

7. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan 1
Selamat pagi, Apa kabar Ananda hari ini? Semoga Ananda semua dalam keadaan sehat dan bersemangat. Kehidupan manusia saat ini berbeda dengan kehidupan manusia di waktu lampau.
Manusia zaman sekarang merasakan banyak sekali kemudahan dalam menjalankan berbagai macam kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Kegiatan di rumah, di sekolah, di pasar, di perkantoran, dan tempat lainnya.
Apa yang membuatnya begitu berbeda?
Apakah Ananda bisa menjawab pertanyaan tersebut? Untuk mengetahui hal tersebut, Silakan Ananda baca teks eksplanasi ilmiah pada link berikut ini.
https://drive.google.com/file/d/1qvQZKwVYtiGKYu V_JNMJ5VzNYXCxPCiX/view?usp=sharing
( Jika kesulitan membuka link, silakan simak pada lampiran di bawah ini)
Setelah Ananda membaca teks eksplanasi ilmiah tersebut, tentunya sekarang Ananda sudah dapat menjawab hal yang membuat kehidupan zaman sekarang lebih mudah, kan? Tugas Ananda sekarang adalah menjawab pertanyaan yang ada pada akhir teks eksplanasi ilmiah tersebut.
Silakan ditulis di buku tulismu. Bila sudah selesai, foto dan kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA.
Terima kasih buat Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Kegiatan 2
Setelah penemuan listrik di dunia, terjadilah revolusi industri, yang dimulai dari negara Inggris dan negara lain di Eropa. Sehingga negara-negara di Eropa bisa menguasai perdagangan dunia. Dengan kekuatan ekonominya bangsa Eropa memperluas pengaruhnya ke seluruh dunia, hingga ke Indonesia.
Setelah merdeka bangsa Indonesia terus berkembang , dengan mengambil alih peninggalan dari negara Belanda dan Jepang. Masuknya listrik di kehidupan masyarakat membawa banyak perubahan dalam kehidupan sosial masyarakat. Apa saja perubahan sosial yang terjadi?
Silakan disimak video yang ada pada link berikut ini.
https://www.youtube.com/watch?v=CAqRb3Q_tGI
Tugas Ananda sekarang adalah menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Tuliskan perubahan sosial sebelum dan sesudah adanya listrik di masyarakat!
2. Bagaimana proses menyalurkan energi listrik ke rumah-rumah?
3. Apa saja kelebihan/keuntungan ditemukannya listrik? Tulis dan paparkan jawaban Ananda. Bila sudah selesai kirim kepada Bpak/Ibu Guru melalui WA .
Terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membantu dan memfasilitasi keperluan Ananda. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.Terima kasih, sampai jumpa besok.

TIM PENULIS:
1. Amir Abdullah, SE,S.Pd.SD
2. Rusto Wibowo, M.Pd
3. Dr. Sri Handayani, MM.

B. Link Untuk mendapatkan RPP Daring Kelas 6 Semester 1 Untuk SD/Mi

Itulah contoh salah satu contoh RPP Daring di kelas 6. Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan Administrasi RPP yang lengkap bisa melihat pada link berikut ini :

RPP Daring Kelas 1 sd 6  Semester 1 untuk SD/MI

Demikianlah informasi tentang Administrasi kelengkapan guru RPP Daring Kelas 6 Semester 1 . Semoga dapat menjadi bahan referensi bagi guru di sekolah untuk kelenkapan administrasinya.

You may like these posts

Post a Comment