Download Format Program Remedial dan Pengayaan untuk SD SMP

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan download Format Program Remedial dan Pengayaan untuk SD SMP. Pengayaan biasanya dilakukan sebelum siswa mengikuti ulangan sedangkan remedial merupakan kegiatan yang dilakukan siswa setelah mengikuti ulangan

Adapun tujuan dari admin membagikan Format Program Remedial dan Pengayaan adalah agar sekiranya guru tidak kesulitan membuat format remedial dan pengayaan karena admin sudah membuatnya dalam bentuk file word/exel yang bisa di tambah atau di kurangi.

Format Program Remedial dan Pengayaan

Dengan adanya Program Remedial dan Pengayaan yang dimiliki oleh seorang guru tentunya akan sangat bermanfaat baik kepada siswa maupun kepada guru itu sendiri untuk kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

Pembelajaran remedial adalah kegiatan yang ditunjukkan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pembelajaran. Pengajaran remedial memiliki fungsi untuk membantu siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Secara garis besar, pengajaran remedial adalah pengajaran pengulangan pengajaran sebelumnya terutama pada materi yang belum dikuasai.

Tujuan pengajaran remedial adalah untuk memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang, karena satu dan lain alasan, tertinggal di belakang kelas lainnya dalam mata pelajaran Bahasa Cina, Bahasa Inggris dan Matematika. Anak-anak dengan kesulitan belajar memiliki kebutuhan dan karakteristik psikologis yang sama dengan anak-anak lainnya.

Adapun tujuan lain dari Program Remedial yaitu Membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar untuk menguasai keterampilan tertentu, Membantu siswa memperbaiki sikap dan perilaku negatif yang mempengaruhi pembelajaran, Memupuk serta mengembangkan keyakinan diri dan sikap positif terhadap pembelajaran.

Program pengayaan dapat diartikan memberikan tambahan/perluasan pengalaman atau kegiatan peserta didik yang teridentifikasi melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan oleh kurikulum.. Melalui program pengayaan, siswa dapat mengembangkan rasa kesadaran diri dan memahami tugas sekolah mereka lebih baik dengan program pengayaan yang sejalan dengan kurikulum sekolah. Mereka juga belajar bagaimana mengembangkan minat dan keterampilan mereka secara positif untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam pada materi pelajaran.

Tujuan pengayaan adalah untuk memberikan kesempatan dan tantangan belajar yang lebih luas kepada siswa yang telah menguasai, atau dapat dengan cepat menguasai, kurikulum dasar. Pengayaan memberi siswa lebih banyak waktu untuk mempelajari konsep-konsep dengan kedalaman, keluasan, dan kompleksitas yang lebih besar.

Komponen Format Program Remedial dan Pengayaan

Dalam Program Remedial dan Pengayaan terdapat beberapa komponen yaitu :


1. No KD atau nomor dari kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum
2. Nama Peserta Didik 
3. Rencana Program baik Program Remedial maupun Program Pengayaan
4. Tanggal Pelaksanaan kegiatan Program Remedial dan Pengayaan
4. Nilai Hasil baik sebelum maupun setelah proses
5. Kesimpulan

Fungsi Remedial dan Pengayaan

Adapun fungsinya adalah sebgai berikut :

Fungsi korektif , fungsi korektif ini berarti bahwa melalui pengajaran perbaikan dapat dilakukan pembetulan atau perbaikan terhadap hal-hal yang dipandang belum memenuhi apa yang diharapkan dalam keseluruhan proses pembelajaran.

Fungsi pemahaman , dengan pengajaran perbaikan dan pengayaan memungkinkan guru, siswa, atau pihak-pihak lainnya akan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan komprehensif mengenai pribadi murid.

Fungsi penyesuaian , pengajaran remedial dapat membentuk murid untuk bisa beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya (proses belajarnya). Artinya, siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya sehingga peluang untuk mencapai hasil yang lebih besar.

Fungsi pengayaan , pembelajaran remedial akan dapat proses pembelajaran, sehingga materi yang tidak disampaikan dalam pembelajaran reguler, dapat diperoleh melalui pembelajaran remedial.

Fungsi akselerasi , dengan pengajaran remedial yang efektif akan dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik dengan menggunakan waktu yang dan efisien.

Fungsi langsung, ini berarti bahwa secara langsung atau tidak, pengajaran remedial akan dapat membantu menyembuhkan atau memperbaiki kondisi-kondisi siswa yang diperkirakan menunjukkan adanya penyimpangan

Untuk contoh pengisian program remedial dan pengayaan sebnarnya cukup mudah, bapak dan ibu guru dapat mendownload formatnya terlebih dahulu setelah itu mengisinya seperti dalam contoh yang disediakan. 

Langkah langkah Menyusun strategi Program Remedial

Ada beberapa cara untuk merumuskan strategi Program Remedial antara lain:

1. Identifikasi siswa yang membutuhkan rehabilitasi melalui tes skrining, tes diagnostik, laporan guru dan sekolah serta umpan balik dari wawancara yang dilakukan dengan orang tua.

2. Mengidentifikasi   masalah belajar yang dihadapi siswa yang meliputi masalah keterampilan lisan (menyimak dan berbicara), membaca dan menulis.

3.  Mengidentifikasi penyebab yang membuat siswa mengalami kesulitan dalam belajar dari aspek fisik, intelektual, emosional dan pembelajaran.

4.  Rencanakan berbagai kegiatan untuk membantu siswa yang lebih lemah baik secara individu, dalam kelompok kecil atau melalui teman sebaya.

5.  Membuat penilaian untuk menentukan kemajuan yang bertujuan untuk mempertahankan siswa di kelas reguler atau mengirim mereka ke kelas remedial.

6.  Menjalin hubungan persahabatan antara guru dengan siswa dan siswa dengan teman sebaya.

Langkah langkah Menyusun strategi Program Pengayaan.

1.  Kegiatan Pengayaan Kelompok Sesuai Kemampuan.

Kelas dibagi menjadi tiga kelompok: cerdas, sedang dan lambat. Setiap kelompok melakukan kegiatan pengayaan  dengan menggunakan keterampilan yang sama tetapi tingkat kesulitan yang berbeda

2. Kegiatan pengayaan berjalan bersamaan dengan kegiatan remedial .

Sedangkan siswa yang cerdas dan sedang melakukan kegiatan pengayaan, sedangkan siswa yang lamban melakukan kegiatan remedial. Petunjuk yang diberikan kepada kelompok cerdas dan sedang perlu jelas agar dapat melakukan kegiatan pengayaan secara individu tanpa bimbingan guru. Guru dapat memperhatikan atau membantu siswa yang lamban menjalani kegiatan remedial.

3. Kegiatan pengayaan melalui kelompok multi-kemampuan

Siswa pintar akan dilatih untuk membantu siswa lamban melaksanakan kegiatan pengayaan yang disediakan Siswa pintar dapat menambah pengalaman memimpin dan menumbuhkan semangat kerjasama antar siswa dalam kelompoknya masing-masing . 

Metode ini sangat ideal untuk melakukan berbagai aktivitas yang berbeda pada saat yang bersamaan . Diantara kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah: kerja proyek, permainan dan rekreasi dan sebagainya.

Download Format Program Remedial dan Pengayaan

Apabila bapak dan ibu guru berminat mendapatkan Format Program Remedial dan Pengayaan dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :


Demikianlah artikel admin tentang Format Program Remedial dan Pengayaan. Semoga file administrasi ini dapat bermanfaat kepada bapak dan ibu guru.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url