Download Format Program Remedial dan Pengayaan untuk SD SMP

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan download Format Program Remedial dan Pengayaan untuk SD SMP. Pengayaan biasanya dilakukan sebelum siswa mengikuti ulangan sedangkan remedial merupakan kegiatan yang dilakukan siswa setelah mengikuti ulangan

Adapun tujuan dari admin membagikan Format Program Remedial dan Pengayaan adalah agar sekiranya guru tidak kesulitan membuat format remedial dan pengayaan karena admin sudah membuatnya dalam bentuk file word/exel yang bisa di tambah atau di kurangi.

Format Program Remedial dan Pengayaan

Dengan adanya Program Remedial dan Pengayaan yang dimiliki oleh seorang guru tentunya akan sangat bermanfaat baik kepada siswa maupun kepada guru itu sendiri untuk kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

Pembelajaran remedial adalah kegiatan yang ditunjukkan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pembelajaran. Pengajaran remedial memiliki fungsi untuk membantu siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Secara garis besar, pengajaran remedial adalah pengajaran pengulangan pengajaran sebelumnya terutama pada materi yang belum dikuasai.

Tujuan pengajaran remedial adalah untuk memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang, karena satu dan lain alasan, tertinggal di belakang kelas lainnya dalam mata pelajaran Bahasa Cina, Bahasa Inggris dan Matematika. Anak-anak dengan kesulitan belajar memiliki kebutuhan dan karakteristik psikologis yang sama dengan anak-anak lainnya

Program pengayaan dapat diartikan memberikan tambahan/perluasan pengalaman atau kegiatan peserta didik yang teridentifikasi melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan oleh kurikulum.. Melalui program pengayaan, siswa dapat mengembangkan rasa kesadaran diri dan memahami tugas sekolah mereka lebih baik dengan program pengayaan yang sejalan dengan kurikulum sekolah. Mereka juga belajar bagaimana mengembangkan minat dan keterampilan mereka secara positif untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam pada materi pelajaran.

Tujuan pengayaan adalah untuk memberikan kesempatan dan tantangan belajar yang lebih luas kepada siswa yang telah menguasai, atau dapat dengan cepat menguasai, kurikulum dasar. Pengayaan memberi siswa lebih banyak waktu untuk mempelajari konsep-konsep dengan kedalaman, keluasan, dan kompleksitas yang lebih besar.

Komponen Format Program Remedial dan Pengayaan

Dalam Program Remedial dan Pengayaan terdapat beberapa komponen yaitu :


1. No KD atau nomor dari kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum
2. Nama Peserta Didik 
3. Rencana Program baik Program Remedial maupun Program Pengayaan
4. Tanggal Pelaksanaan kegiatan Program Remedial dan Pengayaan
4. Nilai Hasil baik sebelum maupun setelah proses
5. Kesimpulan

Download Format Program Remedial dan Pengayaan

Apabila bapak dan ibu guru berminat mendapatkan Format Program Remedial dan Pengayaan dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :


Demikianlah artikel admin tentang Format Program Remedial dan Pengayaan. Semoga file administrasi ini dapat bermanfaat kepada bapak dan ibu guru.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url