Sekolah Berbasis Digital vs Sekolah tradisional, mana yang lebih baik ?


Sekolah Berbasis Digital vs Sekolah tradisional, mana yang lebih baik ?

Seorang filsuf Yunani pernah mengatakan kata-kata yang paling benar ketika dia mengungkapkan kebijaksanaannya melalui pepatah – “Satu-satunya yang Konstan dalam Hidup adalah Perubahan”.

Hal ini terutama berlaku di dunia digital saat kita tumbuh dan berkembang dalam berbagai cara.

Teknologi memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan seperti yang kita ketahui dan ruang kelas telah dipengaruhi oleh masuknya teknologi dalam kehidupan kita. Hal ini menyebabkan perdebatan terus-menerus tentang manfaat pendidikan tradisional dengan keunggulan sekolah berbasis digital. 

Memahami Perbedaan antara Sistem Sekolah berbasis digital & Metode Pendidikan Tradisional
Secara tradisional , pendidikan telah diberikan di sekolah-sekolah di seluruh dunia di ruang kelas menggunakan alat papan tulis, papan tulis, buku teks, penilaian, dan tugas. 

Para siswa mendaftarkan diri di sekolah fisik ini dan menghadiri kelas lima hari seminggu. Kelas-kelas ini dipimpin oleh guru yang berdiri di depan kelas dan memberikan instruksi untuk diikuti oleh siswa. 

Sedangkan sistem sekolah berbasis digital/pintar , di sisi lain, menggunakan berbagai alat digital mulai dari smartphone, tablet, laptop, proyektor, kanan, buku teks digital, dll. Di sini fokusnya menggunakan alat audio visual untuk melibatkan siswa.

Dalam sistem sekolah berbasis digital, guru adalah pemandu yang membantu siswa menavigasi proses belajar mereka melalui sistem pembelajaran mandiri sehingga mereka dipersonalisasi dan disesuaikan dengan gaya belajar dan kecepatan belajar siswa.

Selain itu, ruang kelas pembelajaran digital tidak memerlukan siswa untuk menghadirinya secara fisik karena pembelajaran dapat dilakukan terutama secara online. 

Sekolah berbasis digital V/S Sistem Pendidikan Tradisional – Kelebihan dan Kekurangannya

Keuntungan :

1. Fleksibilitas

Dalam sistem pendidikan tradisional , siswa memiliki tekanan konstan untuk mengikuti siswa lain dan tampil dengan kecepatan yang mungkin tidak nyaman bagi mereka. Di sisi lain, sistem sekolah berbasis digital ditandai dengan fleksibilitas yang memungkinkan siswa untuk belajar. dengan langkah mereka sendiri, berhenti untuk melihat materi berulang kali, atau menghilangakan keraguan dengan guru.

Selain itu, sekolah berbasis digital memungkinkan siswa untuk belajar di tempat pilihan mereka atau menciptakan lingkungan belajar yang sesuai. Alih-alih duduk di ruang kelas dengan banyak gangguan atau perpustakaan yang penuh sesak, siswa online memiliki fleksibilitas untuk menciptakan lingkungan sendiri yang paling kondusif untuk pembelajaran mereka. 

Ini dapat berkisar dari belajar sambil duduk di kafe favorit mereka atau menciptakan lingkungan belajar di rumah yang mencakup musik dengan fokus lembut, pencahayaan pilihan, dan bahkan menyiapkan teh dan kopi.

2. Biaya Lebih Rendah

Dalam sistem sekolah tradisional , ada beberapa biaya wajib yang harus dibayar setiap siswa terkait penggunaan ruang kelas, sumber daya dan peralatan sekolah. Namun, ini tidak berlaku untuk kursus online dan dengan alat dan perangkat lunak yang tepat, siswa dapat menikmati diskon besar untuk kursus yang telah mereka lamar. 

Variasi Pembelajaran yang Lebih Banyak

Dalam sistem sekolah berbasis digital, sekolah online tidak terikat oleh batasan ruang atau waktu. Ini adalah alasan utama bahwa mereka dapat menawarkan siswa mereka lebih banyak kursus dibandingkan dengan lembaga pendidikan tradisional. Dengan demikian, siswa sekolah berbasis digital memiliki akses ke lebih banyak kursus yang dapat mereka ambil kapan saja dan di mana saja sesuai keinginan mereka, memperluas pembelajaran mereka.

Saluran Komunikasi dengan Guru

Salah satu manfaat terbesar dari mengambil sistem pendidikan pintar adalah menawarkan siswa berbagai saluran komunikasi dengan guru. Alih-alih menunggu untuk berbicara dengan guru setelah kelas atau mengambil janji khusus untuk menghilangkan keraguan, siswa online dapat menghilangkan keraguannya dengan mengirim surat kepada guru atau mengobrol dengannya di papan pesan, akses ke guru, pakar, dan panduan siswa meningkatkan kemampuan mereka. kepercayaan diri pada subjek.

Ini juga sangat cocok untuk siswa introvert yang terlalu malu untuk bertanya di kelas.

Kolaborasi dengan Rekan dan Kelompok Belajar Virtual 

Siswa kursus online juga dapat bergabung dengan kelompok belajar online dan berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka untuk belajar lebih cepat dan lebih baik. Ini tidak hanya memperluas pembelajaran mereka tetapi juga membuka pikiran mereka terhadap pemikiran dan ide baru yang terkait dengan subjek mereka. Pembelajar online dengan demikian mendapatkan pemahaman tentang tren baru dalam mata pelajaran yang mereka minati dan tetap diperbarui setiap saat melalui kolaborasi dengan pelajar sebaya.

Kekurangan :

Kurangnya Pembelajaran Sosial

Pembelajaran sosial mengacu pada unsur-unsur pembelajaran di mana siswa belajar dengan berinteraksi satu sama lain. Jaringan teman sebaya menjadi sistem pendukung yang tidak hanya membantu dalam belajar tetapi juga membentuk karakter siswa saat mereka belajar untuk berbagi dan menghargai orang lain.

Namun, sistem pembelajaran digital hanya memungkinkan interaksi tidak langsung yang terbatas dengan siswa lain dan ini sering menyebabkan siswa terisolasi

Kegiatan ekstrakurikuler

Dalam sistem pembelajaran tradisional , kegiatan ekstrakurikuler memberi siswa banyak kesempatan untuk menunjukkan bakat terpendam mereka kepada orang lain. Ini meningkatkan kepercayaan diri mereka dan membantu dalam pengembangan kepribadian.

Kesimpulan:

Kemampuan generasi muda perlahan meningkat karena banyaknya peluang yang ditawarkan pendidikan online. Generasi baru sekolah pintar menawarkan kepada siswa beberapa sistem sekolah berbasis digital yang menggunakan teknik visual bersama dengan teknologi untuk menyajikan informasi dengan cara yang lebih efektif. Hal ini meningkatkan kemampuan siswa generasi berikutnya untuk meningkatkan pemahaman dan pembelajaran.

Cara pembelajaran digital ini juga membantu siswa mempertahankan apa yang mereka pelajari untuk jangka waktu yang lebih lama.

Saat ini, akses ke teknologi memperluas pikiran karena beragamnya informasi yang tersedia bagi pelajar. Di dunia di mana sistem kelas tradisional dianggap membosankan, Sistem Pembelajaran digital mengubah pembelajaran menjadi petualangan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Pendidikan yang cerdas sangat membantu dalam mempersiapkan anak dan memberikan keterampilan untuk ruang kerja di masa depan.

Next Post Previous Post