Download Contoh Program UKS SD SMP SMA dan SMK 2022

Gurupertama. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Download Contoh Program UKS SD SMP SMA 2022.  Menurut Kementerian Kesehatan, Usaha Kesehatan Sekolah adalah kegiatan kesehatan masyarakat yang dilakukan di sekolah dengan tujuan utama siswa dan lingkungannya. UKS merupakan wahana peningkatan kemampuan untuk hidup sehat dan kemudian membentuk pola hidup sehat yang pada gilirannya mengarah pada kesehatan yang optimal.

Download Contoh Program UKS

Program UKS meliputi kegiatan fisik (peregangan di sekolah), sarapan dengan menu sehat, cuci tangan pakai sabun (CTPS), promosi kantin sekolah dengan menyediakan menu sehat dan pelaksanaan kegiatan PSN 3M Plus di lingkungan sekolah dan rumah. 

Dalam artikel ini kami sediakan contoh program uks smp, download program uks, contoh program uks paud, contoh program uks sma, contoh program uks masa pandemi, contoh program uks sd 2020, contoh program uks smp 2020. file yang kami sediakan sudah berbentuk word sehingga mudah untuk di edit.

Tujuan Program UKS

Meningkatkan kemampuan menjalani hidup sehat dan keadaan kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat untuk memungkinkan tumbuh kembang peserta didik secara serasi dan optimal dalam rangka pembentukan generasi Indonesia seutuhnya.

Contoh Program UKS

PROGRAM UKS
SD / SMP NEGERI .......................................
KECAMATAN ………..
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

I. PENDAHULUAN
Pencitraan hidup sehat merupakan fitrah manusia dalam usaha menata diri sendiri dan lingkungan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik yakni hidup sehat yang teratur, bersih dan indah.
Upaya tersebut harus dilakukan terus menerus dalam kebersamaan kegiatan di sekolah sebagai wujud usaha kesehatan sekolah.
Peningkatan kesehatan sekolah bertujuan menempuh kesadaran serta kebiasaan hidup sehat, memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu disusun program kegiatan UKS SD/SMP Negeri ....................................... Kecamatan ……………….Tahun Pelajaran 2021/2022.

II. DASAR
1. Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Pokok-pokok kesehatan
2. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
3. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 1/U/SKB/2003, Nomor: 1067/Menkes/SKB/VII/2003, Nomor: MA/230A/2003 dan Nomor: 26 Tahun 2003 tanggal 23 Juli 2003 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah

III. TUJUAN
Kegiatan UKS mempunyai tujuan :
1. Tujuan umum
Peningkatan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
2. Tujuan khusus
Untuk membentuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik, yang didalamnya mencakup:
a. Peningkatan pembinaan dan bimbingan teknis pelaksanaan kegiatan UKS di SD/SMP Negeri ........................................
b. Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, serta berpartisipasi aktif didalam upaya peningkatan kesehatan di sekolah dan lingkungan masyarakat.
c. Sehat, baik dalam arti fisik, mental maupun sosial
d. Memiliki daya hayat, dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan narkotik, obat dan bahan berbahaya alkohol, rokok dan sebagainya.

IV. SASARAN
......................................................... dst

Download Contoh Program UKS SD SMP SMA dan SMK 2022

Apabila bapak dan ibu guru berminat mendapatkan file lengkap Contoh Program UKS dapat mengunduhnya pada link di bawah ini



Demikianlah artikel admin tentang Download Contoh Program UKS. semoga bermanfaat
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url