Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1

Gurupertama. Pada artikel ini admin kan membagikan adminisrasi berupa link Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1. RPP Merdeka belajar kelas I ini merupakan administrai pelengkap yang dibutuhkan oleh guru sebelum memulai pengajaran dikelas

Berkaitan dengan kebijakan Kemendikburistek tersebut admin akan membagikan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1. Semoga bisa menjadi referensi. RPP kelas 1 ini yang admin bagikan mencakup 5 mata pelajaran yang ada di kelas Empat SD sesuai dengan muatan kurikulum merdeka belajar.

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1

Untuk jenis perangkat yang admin bagikan yaitu : ATP Kurikulum Merdeka Kelas I SD, Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas I SD, Prota Kurikulum Merdeka Kelas I SD, Prosem Kurikulum Merdeka Kelas I SD, Contoh Jadwal Kurikulum Merdeka Kelas I SD, Assesmen Kurikulum Merdeka Kelas I SD, Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas I SD, Buku Kurikulum Merdeka Kelas I SD

Contoh Modul Merdeka Belajar SD Kelas I

Adapun contoh RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 muatan pelajaran IPA Terbaru 2022 yang admin bagikan sebgai berikut :

Instansi : Cahaya Mentari  School

Jenjang : SD 

Kelas : 3

Elemen: Pancasila

Profil Pelajar Pancasila:

 Bernalar kritis

 Mandiri

Alur Pembelajaran : Fase B 

Alokasi waktu : 8jp

Tujuan pembelajaran:

3.1 Peserta didik mengingat sila-sila Pancasila secara urut dan mengetahui makna setiap sila Pancasila  serta menunjukkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran:

 Peserta didik dapat menghafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara lisan dan tulisan dengan tepat.

 Peserta didik dapat menjelaskan makna setiap sila Pancasila secara lisan dan tulisan dengan tepat.

 Peserta didik dapat menunjukkan contoh-contoh penerapan sila-sila Pancasila baik pada diri sendiri  maupun orang lain dengan tepat.Dimensi Pancasila:

- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia (Menjaga  Lingkungan)

- Mandiri (Mengembangkan refleksi diri)

- Bernalar Kritis (Mengajukan pertanyaan, Merefleksi proses berpikir) 

- Bergotong royong (Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama,  kerjasama, koordinasi sosial)

Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:

❏ peserta didik regular/tipikal

Jumlah peserta didik per kelas yang disarankan: maksimum 32 orang.

Ketersediaan materi:

Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk peserta didik yang  sulit memahami konsep: YA /TIDAK

Model pembelajaran:

❏ Tatap muka

❏ PJJ Daring

❏ PJJ Luring

❏ Paduan tatap muka dan PJJ (blended learning)

Bagaimana guru menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

❏ Asesmen individu

❏ Asesmen kelompok

Jenis asesmen:

❏ Tertulis

❏ Performa

Sarana dan Prasarana

 Potongan kertas/karton manila/karton buffalo, ukuran 2cm x 6 cm untuk membuat kartu kata

Sepidol warna hitam

Kertas HVS/karton manila/karton buffalo ukuran A4/F4 untuk membuat tabel

Potongan kertas/karton manila/karton buffalo, ukuran 4cm x 6cm untuk membuat pasangan kartu sila  Pancasila dan maknanya.

Pengaturan peserta didik:

❏ Individu

❏ Berpasangan 

❏ Berkelompok (> 2 orang

Konten: Air, Zat, Daur

Konsep: Siklus/ daur

Pengetahuan/keterampilan prasyarat:

- Keterampilan belajar daring.

- Pengetahuan mengenai benda hidup dan benda mati.

- Kesepakatan bersama kelas yang dibuat sebelum mulai kelas  daring. 

Metode

❏ Diskusi

Urutan Kegiatan

Kegiatan Pembukaan:

 Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran  dan kesiapan peserta didik dll), serta menyemangati peserta didik dengan yel-yel,  tepukan, atau kebiasaan lain yang menjadi ciri khas/kebiasaan/kesepakatan kelas.

 Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh  guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka  menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Allah/Tuhan Yang Maha Esa dalam  memahami ilmu yang dipelajari.

 Guru menanyakan apa yang siswa sudah ketahui tentang Pancasila? Apakah mereka  sudah hafal bunyi Pancasila? sebagai apersepsi dan pemantik kesiapan belajar siswa.

 Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan  apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik  selama proses pembelajaran.

Kegiatan Inti:

 Peserta didik menyimak penjelasan guru bahwa mereka akan ditantang untuk  membuktikan kalau mereka sudah hafal sila-sila Pancasila lewat permainan menyusun  kartu kata. 

 Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cara melakukan permainan yang akan  dilakukan. (Masing-masing kelompok akan berlomba menyusun kartu-kartu kata yang  mereka miliki sehingga menjadi bunyi sila Pancasila yang diminta oleh guru. Guru akan  menyebutkan urutan sila yang diinginkan secara acak. Misalnya sila ke-5 dulu, lalu sila  ke-2, disusul sila ke-1, dan selanjutnya agar lebih menantang). 

 Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. 

 Setiap kelompok menerima satu set kartu kata yang diambil dari bunyi-bunyi Pancasila  yang sudah disipkan guru sebelumnya. 

 Peserta didik mendengarkan aba-aba dari guru untuk mulai menyusun kartu kata  menjadi bunyi sila-sila Pancasila. Guru memberi tanda ketika waktu yang disediakan  sudah habis. 

 Kelompok yang sudah selesai boleh meneriakkan yel-yel keberhasilanya masingmasing. Demikian seterusnya sampai semua kartu sudah tersusun menjadi bunyi silasila Pancasila.

 Seusai permainan, masing-masing kelompok maju ke depan kelas untuk bersama-sama  melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara berurutan, boleh bersama-sama dari awal  sampai akhir, boleh satu orang satu sila. 

 Selanjutnya masih dalam kelompok, peserta didik menerima lagi satu set kartu yang  terdiri dari 10 kartu. 5 kartu bertuliskan sila Pancasila dan 5 kartu lainnya berisi  penjelasan makna Pancasila yang sudah disiapkan oleh guru. 

 Tugas masing masing kelompok adalah memasangkan kartu tersebut menjadi pasangan  yang tepat pada lembar tabel (lihat lampiran) yang sudah disiapkan guru. Masingmasing kelompok akan beradu cepat menyusun kartu-kartu tersebut.

 Setelah semua selompok menyelesaikan tugas tersebut guru mengulas hasil pekerjaan  setiap kelompok dan memastikan tidak ada kesalahan dalam menentukan pasangan  kartu bunyi sila Pancasila dan makna yang terkandung dalam sila tersebut. 

 Kelompok yang bisa menyusun pasangan kartu dengan tepat dan dalam waktu yang  tercepat adalah kelompok pemenangnya yang akan menerima apresiasi khusus dari guru. 

 Selanjutnya siswa secara berpasangan berlatih menjelaskan makna sila-sila Pancasila kepada pasangannya agar mereka mengingatnya dengan baik.

 Setelah waktu habis guru meminta siswa secara individu mengerjakan tugas pada  lembar kerja (lihat lampiran) yang telah disiapkan oleh guru dalam waktu 15 menit. 

Kegiatan Penutup:

Penyimpulan:

 Guru mengulas kembali semua kegiatan yang sudah dilakukan. 

 Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang makna-makna sila Pancasila yang sudah  di pelajari.

Proses Asesmen: 

● Guru memeriksa kelengkapan lembar Lihat - Pikir - Tanya menggunakan rubrik  terlampir

Catatan untuk guru:

- Silahkan menyiasati metode daring agar bisa menjadi luring  dengan mengunduh materi online atau mencetak file pdf  apabila mempunyai keterbatasan jaringan.

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1

Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan perangkat diatas secara lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Prota Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Prosem Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Contoh Jadwal Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Buku Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Demikianlah artikel admin tentang Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1. Semoga bisa menjadi referensi bagiguru dan bermanfaat kepada kita semua terimah kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url