Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022 ( Modul Ajar Lengkap )

Gurupertama..Pada artikel ini admin kan membagikan adminisrasi berupa link Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1. RPP Merdeka belajar ini merupakan administrai pelengkap yang dibutuhkan oleh guru sebelum memulai pengajaran dikelas

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kemendikburistek) telah mengumumkan kebijakan  pengembangan Merdeka Belajar. Sekarang tersedia untuk institusi pendidikan sebagai opsi tambahan untuk memulihkan pembelajaran antara tahun 2022 dan 2024. Pedoman terkait kurikulum nasional akan ditinjau kembali pada tahun 2024 berdasarkan penilaian selama fase pemulihan pembelajaran.  

Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022

Pada masa pra-pandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Iptek, mengeluarkan panduan penggunaan program 2013. Sejak  itu, program 2013  disederhanakan menjadi program darurat. , memungkinkan satuan pendidikan  mengelola pembelajaran dengan konten sumber daya yang penting. Pembelajaran mandiri adalah angin segar untuk meningkatkan dan memulihkan pembelajaran yang akan diluncurkan pada tahun 2021.

Berkaitan dengan kebijakan Kemendikburistek tersebut admin akan membagikan RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1. Semoga bisa menjadi referensi. RPP kelas 1 ini yang admin bagikan mencakup 5 mata pelajaran yang ada di kelas 1 SD sesuai dengan muatan kurikulum merdeka belajar.

Contoh RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 ( Modul Ajar Lengkap )

Adapun contoh RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022 yang admin bagikan sebgai berikut :

Kelas: 6
Alokasi waktu: 70 menit
Jumlah pertemuan: 1
Jumlah siswa disarankan: 20-28 
Fase capaian: C - SDA dan Kegiatan Ekonomi

Tujuan Pembelajaran:

● Siswa mendefinisikan sumber daya alam melalui pengamatan dan  diskusi.
● Siswa mengelompokkan sumber daya alam berdasarkan jenis dan  sifatnya.

Pengetahuan/keterampilan prasyarat:

Siswa telah mempelajari jenis benda dan bahan. Guru dapat mengajak 
siswa mengingat topik ini saat berdiskusi.

Profil Pelajar Pancasila:

bernalar kritis, bergotong-royong
Model pembelajaran:
❏ Tatap muka

Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:

❏ Siswa reguler/tipikal
❏ Siswa dengan hambatan belajar
❏ Siswa cerdas istimewa berbakat istimewa (CIBI)
❏ Siswa dengan ketunaan

Ketersediaan materi:

Apa itu sumber daya alam?

Jika memerhatikan sekeliling, kita  menggunakan banyak benda untuk  membantu pekerjaan sehari-hari,  misalnya kursi untuk duduk, pensil  untuk menulis, sendok untuk  makan, dan lain sebagainya. 

Bahan-bahan pembuat benda  tersebut berasal dari alam. Segala  sesuatu di alam yang digunakan  manusia untuk bertahan hidup  adalah sumber daya alam (SDA). 

SDA dapat dibagi ke dalam jenis  hayati dan nonhayati. SDA hayati  berupa makhluk hidup, yaitu hewan  dan tumbuhan. SDA nonhayati merupakan benda mati, misalnya  tanah, air, udara, minyak bumi, dan  lain sebagainya. 

Beberapa SDA selalu tersedia dan  dengan cepat terbarukan jika  digunakan manusia. Namun, ada  juga SDA yang membutuhkan  waktu lama untuk tersedia kembali  yang disebut tak terbarukan.

Kegiatan pembelajaran utama:

❏ Individu

❏ Berpasangan

❏ Berkelompok (> 2 orang)

Bagaimana guru menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

❏ Asesmen individu 

❏ Asesmen kelompok

Jenis asesmen:

❏ Tertulis 

❏ Performa

Metode:

❏ Diskusi ❏ Presentasi

❏ Demonstrasi ❏ Project

❏ Eksperimen ❏ Eksplorasi

❏ Permainan ❏ Ceramah

❏ Kunjungan lapangan ❏ Simulasi

Alat dan bahan:

papan tulis, spidol papan tulis, alat tulis, lembar ilustrasi benda (7 lembar), lembar refleksi (sejumlah siswa)

Perkiraan biaya:

Print lembar ilustrasi benda dan lembar refleksi: Rp 1.000,- per lembar (alternatif: guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar) Foto copy lembar refleksi: Rp 200,- per lembar (alternatif: buku tulis siswa)

Persiapan mengajar:

1. Mencetak lembar kegiatan atau menyiapkan benda yang akan diamati

2. Memahami hal-hal penting mengenai sumber daya alam

Urutan kegiatan:

Pra Pembelajaran: 

1. Guru membagi kelas menjadi empat kelompok.

2. Guru membagikan lembar ilustrasi benda pada setiap kelompok.

3. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan kesamaan dari benda-benda dalam lembar tersebut. Guru bisa mengarahkan  siswa untuk memerhatikan bahan pembuat, fungsi, dan lain sebagainya.

4. Guru mempersilakan siswa untuk membagikan hasil diskusi mereka. Guru perlu mencatat poin yang disampaikan oleh siswa  di papan tulis. 

Inti Pembelajaran

5. Guru mengajak siswa untuk memerhatikan poin-poin yang tercatat dan menyimpulkannya bersama. Kesimpulan akhir yang  iharapkan adalah seluruh benda berasal dari alam.

6. Guru memperkenalkan istilah “Sumber Daya Alam” dan mengaitkannya dengan kesimpulan yang telah dibuat sebelumnya.  Guru juga bisa mengajak siswa untuk menjelaskan hal yang mereka ketahui dan pahami dari istilah ini. 

7. Guru menugaskan siswa untuk mengelompokkan benda-benda tersebut ke dalam dua (atau lebih) kelompok berdasarkan jenis  bahan pembuatnya. 

8. Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk berbagi hasil pekerjaannya. Guru bisa mengajukan pertanyaan  arahan, seperti: “Berapa kelompok yang berhasil kalian buat?”; “Apa yang membuat kalian berpikir bahwa benda-benda  tersebut (guru juga bisa menyebutkan tulisan dalam kartunya) berada dalam kelompok yang sama?".

9. Guru menjelaskan SDA dapat dibagi ke dalam jenis hayati dan non hayati, serta terbarukan dan tak terbarukan. Guru perlu  menyebutkan kembali hasil diskusi kelompok yang telah mengarah pada hal ini.

Penutup Pembelajaran

10. Guru mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan mereka. “Apa temuanmu yang paling menarik?”; “Apa temuan yang  paling mengejutkanmu?”

11. Guru meminta siswa untuk merefleksikan kegiatan hari ini dalam lembar refleksi.

Refleksi guru

1. Apakah semua siswa terlibat dalam diskusi? Apa yang bisa dilakukan untuk membuat siswa aktif bertanya dan berpendapat?

2. Apakah siswa dapat menjelaskan pemahamannya tentang SDA? Apa tantangan yang mereka hadapi? Apakah hasil refleksi  siswa dapat menggambarkan pemahaman mereka tentang SDA?

Link Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022

Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan perangkat diatas secara lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :

Untuk modul di bawah ini admin sudah update dengan link download modul yang lebih lengkap, bukan lagi dari link portal merdeka mengajar:

Demikianlah artikel admin tentang Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022. Semoga bisa menjadi referensi bagiguru dan bermanfaat kepada kita semua terimah kasih.

1 komentar untuk "Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022 ( Modul Ajar Lengkap )"

sagegagas 11/07/2022 1:02 PM Hapus Komentar
Shinzo Abe had served as Prime Minister of Japan between 2006 and 2007 and once more from 2013 and 2020, when he resigned end result of} well being issues. "I want to convey my deepest sympathy and condolences to his household and to the individuals of Japan at this tough time." Abe, sixty seven, held the title of prime minister from 2006 to 2007 and once more from 2012 to 2020, having also served as president of the Liberal Democratic Party for the latter time. Tetsuya Yamagami, forty one, is suspected of being the person who approached Abe from behind and sogirlav.com calmly fired a gun. Security officials nabbed Yamagami immediately from the scene and handed him to prosecutors.