Download Contoh Alur Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka Belajar ( ATP )

Gurupertama. Kali ini admin akan membagikan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka Belajar .  Alur tujuan pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir fase. 

Download Contoh Alur Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka Belajar ( ATP )

Sebagaimana yang kita ketahui capaian pembelajaran itu telah ditetapkan oleh pemerintah.  saat ini nah capaian pembelajaran ditetapkan oleh pemerintah itu merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik Pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan.  mulai pendidikan usia dini pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 

Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran ATP

Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran. Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

ATP memiliki fungsi yang sama dengan silabus sehingga agar silabus atau tujuan pembelajaran yang dimaksud ini tidak hanya sebatas content Maka nanti ini sebagai acuan perencanaan pembelajaran.  tujuan pembelajaran adalah jabaran kompetensi yang dicapai peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran

Ada beberapa kriteria Alur Tujuan Pembelajaran yang bisa Anda ketahui. Berikut adalah beberapa kriteria tersebut.

Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.

Setiap fase dalam Alur Tujuan Pembelajaran menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang linear mulai dari awal fase hingga akhir fase.

Alur Tujuan Pembelajaran yang dibuat untuk seluruh fase menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang di dalamnya terdapat tahapan perkembangan kompetensi antar fase serta jenjang.

Prosedur Penyusunan ATP Alur Tujuan Pembelajaran

Adapun Prosedur Penyusunan ATP Alur Tujuan Pembelajaran sebagai berikut :

1. Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang akan dipetakan.

2. Identifikasi kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada fase tersebut.

3. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, konten yang akan dipelajari dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

4. Identifikasi elemen dan atau sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.

5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Download Contoh Alur Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka Belajar

Demikian Download Contoh Alur Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka Belajar ( ATP ) semoga bisa bermanfaat. Trimah kasih

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url