Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar

Gurupertama. Efektivitas metode tutor sebaya ini tidak terbatas pada siswa yang mengalami kesulitan. Faktanya, tutor sebaya adalah metode pengajaran yang efektif untuk semua siswa. Dalam sebuah penelitian oleh Dkhar dan Dkhwan, ditemukan bahwa siswa tradisional (nilai rata-rata C ) diuntungkan sebanyak siswa berprestasi (nilai rata-rata A ). Dengan kata lain, semua siswa dapat memperoleh manfaat dari bantuan dan dukungan tutor sebaya.

Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar

Tutor sebaya adalah cara yang membantu dan efisien untuk memberikan dukungan dan instruksi kepada siswa. Ini adalah metode pengajaran yang efektif untuk semua siswa, dan harus digunakan lebih sering dalam sistem pendidikan.

Apa yang Dimaksud Metode Tutor Sebaya

Tutor sebaya adalah bentuk instruksi di mana tutor (biasanya individu yang lebih berpengalaman) membantu siswa yang berjuang dalam mata pelajaran tertentu. Tutor biasanya disediakan oleh lembaga pendidikan siswa, dan sesi biasanya dilakukan dalam suasana santai. Tujuan tutor sebaya ada dua: untuk menawarkan dukungan kepada siswa, dan untuk meningkatkan keterampilan bimbingan siswa.

Baca Juga : Model- Model Pembelajaran Inovatif

Pembelajaran tutor sebaya merupakan pembelajaran yang fokus utamanya tertuju pada siswa. Prinsipnya, siswa belajar dari siswa lain yang memiliki status umur yang tidak jauh berbeda dari dirinya sendiri sehingga anak tidak merasa begitu terpaksa untuk menerima ide-ide dan sikap dari gurunya yang tidak lain adalah teman sebayanya itu sendiri

Langkah Langkah Model Pembelajaran Tutor Sebaya

Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya adalah 

(1) Memilih tutor dengan syarat termasuk dalam peringkat 10 terbaik berdasarkan nilai rapor atau nilai

evaluasi sebelumnya dan dapat menguasai materi, 

(2) Membagi siswa menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkat kecerdasan siswa (ada yang pandai, sedang dan kurang), 

(3) tutor memberikan bimbingan dan membahas soal yang berhubungan dengan materi yang diajarkan, (4) mengisi lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung, dan 

(5) melaksanakan evaluasi belajar secara individu

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Tutor Sebaya

Bimbingan sebaya adalah cara yang bagus untuk mendapatkan bantuan dengan pekerjaan sekolah. Ini adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan bantuan dari seseorang yang sudah mengetahui materi dan dapat membantu Kamu mendapatkan nilai bagus. 

Keuntungan utama menggunakan tutor sebaya adalah cara yang baik untuk mendapatkan bantuan dari orang-orang yang sibuk dan bersedia menghabiskan waktu mereka untuk membantu orang lain. Selain itu kelebihan lain metode tutor sebaya adalah adanya hubungan yang lebih dekat dan akrab, dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepercayaan diri, tutor sendiri kegiatannya merupakan pengayaan dan menambah motivasi belajar

Baca Juga : Jenis Jenis Metode Pembelajaran Untuk Anak SD

Ada dua kelemahan utama menggunakan tutor sebaya. Kerugian pertama adalah tidak selalu mungkin untuk menemukan tutor sebaya yang baik. Kerugian kedua adalah tidak selalu memungkinkan untuk menemukan waktu yang tepat untuk tutor sebaya. 

Selain itu kekurangan lain dari metode tutor sebaya yaitu siswa yang dibantu sering kali kurang serius karena berhadapan dengan temannya sendiri, sehingga hasilnya kurang memuaskan

Metode peer tutoring dapat memberikan dampak positif atau negatif terhadap hasil belajar siswa. Tutor sebaya telah terbukti meningkatkan prestasi akademik pada siswa dengan tingkat prestasi akademik rendah, tetapi juga dapat berdampak negatif terhadap harga diri siswa berprestasi tinggi yang diminta untuk mengajar teman sekelas yang berkinerja lebih rendah. 

Penggunaan tutor sebaya untuk tujuan pengayaan sering dipkalianng bermanfaat karena memberikan motivasi dan dukungan bagi siswa yang kesulitan, Namun bila digunakan secara berlebihan atau tanpa bimbingan yang tepat dari pendidik; Peer Tutor dapat menjadi sumber kompetisi daripada kolaborasi di dalam kelas.

Baca Juga : 8 Keterampilan Dasar Mengajar Yang Mesti Dikuasai Guru

Pada akhirnya, tutor sebaya harus ditawarkan kepada semua siswa, terlepas dari prestasi akademik mereka. Tutor sebaya adalah cara yang efektif dan efisien untuk memberikan dukungan dan instruksi kepada siswa, dan itu harus digunakan lebih sering dalam sistem pendidikan.

Posting Komentar untuk "Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar"