Cara Membulatkan Bilangan Atau Angka dengan Tepat

Cara Membulatkan Bilangan

Adapun pembahasan kali ini yaitu cara  Cara Membulatkan Bilangan Atau Angka dengan Tepat. Dalam perhitungan, terutama bilangan desimal, kita sering mendapatkan angka yang berderet panjang, seperti lambang bilangan r=3,141592654.. Angka seperti ini tidak mungkin dituliskan secara lengkap pada sebuah laporan. Sekali pun angka yang terbatas panjangnya, seperti 5,24721 sering tidak terlihat praktis jika itu ditulis lengkap, dan angka tersebut sebenarnya dapat disederhanakan menjadi 5,25. 

Pengertian Pembulatan

Pembulatan adalah menyederhanakan suatu bilangan ke digit lebih kecil dengan menyesuaikan angka baik ke atas atau ke bawah. Hasil dari pembulatan memang sedikit angka yang di dapatkan dan kurang akurat. Namun dalam keadaan tertentu kita membutuhkan digit angka yang kecil. Oleh karena itu pembulatan angka lebih diperlukan

Aturan Cara Membulatkan Bilangan

Adapun penyerderhanaan atau cara membulatkan bilangan  ini mempunyai aturan sebagai berikut.

1. Jika angka paling kiri dari yang harus dihilangkan adalah 4 atau kurang, maka angka paling kanan yang beradah di depannya tidak berubah (pembulatan ke bawah).

2. Jika angka paling kiri dari yang harus dihilangkan lebih dari 5 atau 5 diikuti oleh angka bukan nol, maka angka paling kanan yang beradah di depannya bertambah satu (pembulatan ke atas).

3. Jika angka paling kiri dari yang harus dihilangkan hanya angka 5 atau 5 yang diikuti oleh angka nol belaka, angka paling kanan yang berada di depannya bisa tetap atau bertambah satu, itu tergantung dari aturan yang dgunakan Kita harus memilih satu di antara dua aturan berikut:

a. Aturan genap terdekat. Angka paling kanan yang mendahului 5 yang akan dihilangkan tetap jika angka genap, dan bertambah satu jika ganjil.

b. Aturan ganjil terdekat. Angka paling kanan yang mendahului 5 yang akan dihilangkan tetap jika angka ganjil, dan bertambah satu jika genap. Jadi, aturan ini harus dipilih satu di antaranya dan digunakan secara konsisten dalanm semua perhitungan.

Aturan ini dibuat untuk menjaga keseimbangan pembulatan ke atas dan pembulatan ke bawah, jika yang harus dihilangkan itu terdiri dari angka 5 saja atau 5 diikuti oleh angka-angka nol. Aturan ini dibuat berdasarkan asumsi bahwa peluang munculnya angka ganjil sama dengan peluang munculnya angka genap pada setiap posisi. Dengan demikian, pembulatan ke atas dan ke bawah akan seimbang jika pembulatan dilakukan berulang banyak kali. 

Contoh Cara Membulatkan Bilangan Yang Tepat

Hasil penjumlahan atau pengurangan tidak akan terpengaruh banyak dari pembulatan-pembulatan tersebut karena saling meniadakan. Dibawah ini kami sajikan beberapah contohCara Membulatkan Bilangan Atau Angka dengan Benar , Adapun contohnya sebagai berikut sebagai berikut: 

1. Rp 65.293.764.69 dibulatkan hingga jutaan rupiah menjadi Rp 65 juta. Angka yang harus dihilangkan mulai dari 2 (kurang dari 4) ke kanan dan ini merupakan angka terkiri. Angka terkanan yang mendahului 2 adalah 5, harus tetap (aturan 1, atau pembulatan ke bawah).

2. Bilangan 265.52 cm dibulatkan hingga satuan cm menjadi 266 cm. Angka yang harus dihilangkan adalah 52 dengan angka terkiri 5 yang dikuti angka bukan nol (aturan atau pembulatan ke atas).

3. Seandainya kita gunakan aturan genap terdekat, bilangan 4.5 dan 4.500 menjadi 4 jika dibulatkan hingga satuan. Angka yang harus dihilangkan masing-masing 5 dan 500, sedangkan yang mendahuluinya angka genap, yaitu 4, jadi tetap 4. Tetapi kalau kita menggunakan aturan ganjil terdekat, bilangan tersebut dibulatkan menjadi 5.

4. Angka 17,5 dan 17,50 dibulatkan menjadí 18 jika kita menggunakan aturan genap terdekat, dan 17 kalau kita menggunakan aturan ganjil terdekat

Demikianlah artikel kami tentang Cara Membulatkan Bilangan Atau Angka dengan Tepat. Mudah mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada kita semua

You may like these posts

Post a Comment