Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Rencong : Asal daerah dan Jenisnya

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi literasi tentang Rencong : Asal daerah dan Jenisnya

Rencong  Asal daerah dan Jenisnya

Asal daerah rencong

Rencong merupakan senjata tradisional yang berasal dari Aceh. Bentuknya menyerupai huruf L dan bila dilihat lebih dekat bentuknya merupakan kaligrafi tulisan bismillah. Rencong termasuk dalam kategori dagger/ belati, bukan pisau ataupun pedang. Rencong memiliki tingkatan, diantaranya untuk raja atau sultan biasanya terbuat dari gading (sarung) dan emas murni di bagian belatinya. 
Sedangkan rencong-rencong lainnya, biasanya terbuat dari tanduk kerbau ataupun kayu sebagai sarungnya dan kuningan atau besi putih sebagai belatinya. Rencong adalah senjata khas yang berasal dari aceh

Jenis Jenis Rencong

Bisakah kamu menyebutkan beberapa macam jenis rencong? Yuk, kita lihat apa saja jenis-jenis rencong.

Rencong Meupucok, 

yaitu rencong yang menggunakan ukiran emas pada gagang bagian atas. Gagangnya kelihatan kecil pada bagian bawah dan mengembang pada bagian atasnya. Permu- kaan pada bagian atas berukiran emas. Bentuk ukirannya antara lain kembang berantai, kembang daun, kembang mawar dan ada juga berbentuk aksara Arab. Hulu rencong meupucokadalah ditutupi dengan ukiran emas pada bagian atas yang dibungkus dengan emas pada bagian lainnya dan biasanya terbuat dari tanduk dan gading. 

Rencong Meucugek, 

Rencong ini mempergunakan cugek atau bergagang lengkung 90%. Cugek melengkung ke bagian belakang mata rencong kira-kira 15 cm, sehingga dapat berbentuk siku-siku. Cugek ini tidak mudah lepas Iho dari tangan saat melakukan pembelaan diri, sehingga dapat menerkam dan menikam lawan secara bertubi-tubi. 

Rencong Meukuree 

Rencong Meukuree  adalah rencong yang mempunyai ukiran pada mata. Bentuk ukirannya bermacam-macam ada yang berbentuk seperti: bunga-bunga, ular, lipan, akar kayu, daun dan kayu- kayuan. Gambar ini bukan sengaja dibentuk, tetapi terbentuk secara sendirinya waktu rencong itu ditempa. Rencong ini berbeda dengan yang lainnya, semakin lama disimpan semakin banyak ukiran- ukirannya dan semakin mahal harganya serta semakin bertambah magisnya. 

Rencong Pudoi. 

Pudoi artinya menengah (biasa). Gagang rencong ini tidak sama dengan rencong meupucok, meucugek atau meukuree. Bagian pegangannya tanpa ada variasi dan tidak adanya lengkungan pada bagian gagangnya. Bila selama ini kamu mengenal rencong hanya sebatas sebagai senjata pada zaman dahulu, rasanya kurang tepat. 

Baca Juga : 
Materi Tata Surya Kelas 6 Semester 2 Kurikulum K13 Pdf

Rencong sebenarnya memiliki banyak fungsi lho, misalnya bila digunakan sebagai perhiasan, maka rencong ini diselipkan di pinggang. Bila rencong dijadikan sebagai seni (seni ukir) dan alat kesenian, maka rencong akan dipakai dalam pertunjukan tari seudati. Jadi, rencong memang salah satu ciri budaya bangsa ini bukan?

Posting Komentar untuk "Rencong : Asal daerah dan Jenisnya"