Peranan Statistik Dalam Kehidupan Sehari Hari

Peranan Statistik Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pada artikel kali ini admin akan menyajikan Peranan Statistika dalam kehidupan sehari hari. Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya disadari atau tidak, kita membuat rangkuman tentang pengalaman kita sehari-hari. Pernyataan seperti rerata biaya bahan bakar mobil seratus ribu rupiah (Rp 100.000,00) setiap bulan, hasil panen padi pada waktu mendatang diperkirakan 70 kuintal per hektar, setiap hari terjadi kecelakaan di jalanan tertentu yang kesemuanya ini merupakan rangkuman pengalaman sehari-hari. Rangkuman pengalaman seperti ini sebenarnya merupakan pekejaan statistika.

Apa itu Statistika

Statistika merupakan cara ilmiah untuk mengumpulkan, mengorganisasi, menyajikan dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan sahih dan mengambii keputusan layak atas dasar analisisnya. Selain itu, statistika besar pula peranannya dalam membantu peneliti dari berbagai disiplin ilmu untuk merancang studi, mengumpulkan dan mengolah data, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil studinya.

Banyak ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda telah menggunakan jasa statistika dalam kegiatan penelitiannya, antara lain dalam ilmu politik, ekonomi, pendidikan, psikologi, kimia, dan teknik. Setiap disiplin menggunakan metode statistika yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tahap Tahap Pengambilan Keputusan dalam Statistika

Telah diketahui bahwa sarmpel hanya memberikan sebagian informasi tentang populasinya, kesimpulan yang akan dicapai tidak akan benar mutlak. Untuk itu diperlukan Suatu alat pengambilan kesimpulan yang dapat sahih. Alat tersebut adalah teori peluang (probability theory), misalnya penetapan taraf kepercayaan 90%, 95%, atau 99 %, dan seterusnya merupakan aplikasi teori peluang. Pada penetapan atau pemilihan taraf kepercayaan tersebut biasanya timbul suatu pertanyaan: Apa sebabnya kita Menentukan taraf kepercayaan 90%? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memahami konsep peluang. Dari uraian di atas dapat dibuat suatu premis bahwa langkah dasar yang penting untuk memahami statistika adalah memahami teori peluang. Dengan perkataan lain teori peluang merupakan titik tolak bagi statistika.

Terdapat 7 tahap penggunaan statistika di dalam kehidupan sehari hari.  Diambil dari buku Sri Mulyono:

1. MENGIDENTIFIKASI MASALAH

Dalam pengidentifikasian haruslah dengan teliti dan benar. Sering terjadi kejadian bahwa kesalahan kesimpulan paling banyak disebabkan karena kesalahan mengidentifikasi persoalan.’

2. PENGUMPULAN FAKTA

Dalam mengumpulkan data harus tepat dan selengkap mungkin yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi. Sumber data dapat digolongkan dalam dua kategori yaitu eksternal dan internal, data internal dapat ditemukan pada bagian-bagian yang ada dalam suatu organisasi. Data eksternal misalnya data yang diperoleh dari publikasi pemerintah, jurnal berkala dan lain-lain.

3. MENGUMPULKAN DATA PRIMER

Seringkali data yang diperlukan tidak tersedia pada sumber-sumber yang ada, karena itu harus melakukan pengumpulan sendiri. (contoh: membuatkan kuesioner, – tambahan penulis).

4. KLASIFIKASI DATA

Klasifikasi data adalah mengelompokkan fakta-fakta sesuai dengan tujuan studi. Mengidentifikasikan data-data berdasarkan kemiripan sifat-sifatnya dan menyusunnya ke dalam kelompok-kelompok.

5. PENYAJIAN DATA

Menampilkan informasi yang  dalam bentuk tabel, diagram dan ukuran-ukuran deskriptif seperti rata-rata.

6. ANALISIS DATA

Jika data dikumpulkan dari sampel, maka berdasarkan ukuran-ukuran deskriptif yang telah dihitung dilakukan pendugaan nilai parameter populasi dan pengujian asumsi parameter atau ciri-ciri populasi. Kemudian analisis menafsirkan hasil pendugaan dan membuat kesimpulan atas hasil pengujian. Tambahan penulis: contoh, analisis regresi, melihat hubungan A dan B terhadap Y

7. INTERPRETASI DATA

Bagaimana kita bisa memanfaatkan hasil analisis data menjadi sebuah terapan di dunia nyata. Contoh: kita memahami bahwa barang pertama lebih disukai dari barang kedua dan bermakna secara statistik. Maka otomatis, kita akan lebih banyak menjual barang pertama, lebih mengiklankan barang pertama, dan lebih mengembangkan produk tersebut dibanding barang kedua.

Contoh Peranan Statistik Dalam Kehidupan Sehari Hari

Berbagai masalah yang menunjukkan Peranan Statistik Dalam Kehidupan Sehari Hari dapat dikemukakan dengan beberapa contoh sebagai berikut.

1. Seorang ilmuwan sosial-politik mencoba meramalkan hasil pemilihan umum yang akan datang. la telah mengumpulkan 1000 orang, dan menanyakan tentang kontestan pilihan orang-orang tersebut. Dari jajak pendapat itu diperoleh 250 0rang memilih kontestan A, 600 yang memilih kontestan B, dan 150 yang memilih kontestan C. Kesimpulan apa atau rekomendasi apa yang dapat diberikan oleh ilmuwan politik itu?

2. Kita juga memiliki bukti nyata dalam pemilihan presiden dan wakilnya tahun 2004 di Indonesia. Perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan dengan bantuan statistika memberikan perhitungan data seluruhnya yang membutuhkan biaya yang sangat besar dan waktu yang lama.

2. Sebuah pabrik berusaha membuat bola lampu yang bermutu tinggi. Untuk menguji mutu, seorang insinyur industri memilih 150 bola lampu, dan memeriksanya. Ternyata lima di antara bola lampu itu kurang baik. Kesimpulan apa yang dapat diambil oleh insinyur tersebut dan tindakan apa yang harus dilakukan oleh manajenmen pabrik itu?

4. Sebuah lembaga pendidikan bermaksud untuk menaksir atau menduga keberhasilan siswa barunya. Beberapa macam tes diberikan kepada siswa baru itu? Bagaimana melaksanakan penaksiran itu?

5. Seorang ahli pertanian ingin mengetahui jenis pupuk yang paling sesuai untuk meningkatkan produksi padi. Untuk itu, ia melaksanakan sejumlah eksperimen. Berdasarkan hasil eksperimen tersebut, bagaimana ahli pertanian itu dapat menentukan jenis dan dosis pupuk yang paling sesuai dengan usaha peningkatan produksi?

Dalam cakrawala yang luas atau pun yang sempit, statistika ternyata di samping sebagai alat perangkum pengalanman, juga dapat memberikan dasar yang rasional bila harus membuat pilihan di antara berbagai alternatif.

Salah satu peranan statistika yang penting ialah merupakan alat untuk pengembangan pengetahuan bagi berbagai disiplin ilmu. Kedudukan statistika di antara berbagai disiplin ilmu tampaknya layak dikatakan sebagai alat bantu.

Sebagai alat, statistika perlu ditempatkan pada proporsinya sebagai alat, sehingga betul-betul dapat dimanfaatkan secara arif. Dalam hal ini, perlu kehati-hatian paling sedikit dalam dua hal, yakni (1) pemberian penekanan yang berlebihan pada akumulasi data dan pada teknik analisis data dengan melupakan misi utama sebagai dasar pengambilan keputusan, dan (2) supaya teknik-teknik statistika tidak pernah diberi prioritas yang melebihi pengetahuan substantif bidang yang diteliti.

Itulah pembahasan kita tentang Peranan Statistik Dalam Kehidupan Sehari Hari.  Mudah mudahan informasi ini dapat bermanfaat kepada kita semua.

You may like these posts

Post a Comment