Teknik Dan Gaya Lompat Jauh Yang Betul

Gurupertama. Teknik dan gaya lompat jauh yang betul. Lompat jauh telah menjadi bagian dari perlombaan atletik sejak zaman kuno. Pada tahun 708 SM, perlombaan ini merupakan bagian dari pentathlon. Perlombaan lompat jauh modern pertama kali diadakan di Inggris dan Amerika Serikat pada tahun 1860.

Perlombaan lompat jauh wanita pertama diadakan di Amerika Serikat pada tahun 1895. Pada tahun 1948, lompat jauh kembali diperlombakan di Olimpiade. Antara tahun 1922 dan 1927, seorang pelompat jauh dari Amerika Serikat memperkenalkan teknik lompat jauh berjalan di udara. Hingga sekarang, teknik ini banyak digunakan oleh para pelompat jauh internasional.

1. Peraturan dalam lompat jauh

Urutan melompat ditentukan dengan cara diundi. Sebelum perlombaan dimulai, para atlet diperbolehkan untuk melakukan percobaan lompatan di area yang akan digunakan untuk kompetisi. Peserta mendapat kesempatan tiga kali mencoba/mengulang. 

Jika tiga kali gagal, peserta dianggap gugur. Ketika melakukan lompatan, peserta harus menggunakan satu kaki. Lompatan dinyatakan gagal jika pada saat melompat peserta bertumpu dengan dua kaki. Jarak lompatan dihitung dalam satuan centimeter (cm). 

Jarak diukur pada garis lurus, dari papan tolakan sampai bekas lompatan terdekat dari papan. Pemenang lomba adalah peserta yang berhasil

Baca Juga : 3 Cara Memegang Lembing yang Benar

Gambar lapangan lompat jauh

Teknik dan gaya lompat jauh yang betul
Gambar lapangan lompat jauh

1. Keterangan ukuran lapangan

Panjang bak lompat 9 m

Lebar bak lompat = 2,75 m

Lebar lintasan awalan = 1,22 m

Lebar papan tumpu = 20 m

Panjang papan tumpu = 1,22 m

Bak lompat diisi dengan pasir

Teknik dan gaya lompat jauh yang betul

Lompat jauh merupakan gerakan melompat yang bertumpu pada satu kaki agar mencapai jarak sejauh-jauhnya. Inti dari lompat jauh adalah kecepatan lari yang tinggi sebagai awalan, pijakan yang tepat, dan tolakan yang kuat. Oleh sebab itu, dibutuhkan kaki dan otot perut yang kuat.

Jarak lari untuk pelompat pemula cukup 20-25 meter, sedangkan bagi yang berpengalaman sejauh 30-45 meter. Adapun Teknik dan gaya lompat jauh yang betul sebagai berikut :

4 tahapan dalam melakukan lompat jauh

Ada 4 tahapan dalam melakukan lompat jauh adalah sebagai berikut.

1) Awalan atau ancang-ancang

Awalan ini dilakukan untuk mendapatkan kecepatan maksimal saat akan melompat, dengan tahapan sebagai berikut:

a) Berdiri di belakang tanda awalan dan berkonsentrasi.

b) Berlarilah secepat-cepatnya untuk mendapatkan tolakan terkuat. Panjang, jumlah langkah, serta kecepatan lari harus konstan dan mantap.

c) Buat langkah lari terakhir cukup panjang, sehingga ketika langkah terakhir dan tolakan mendapatkan kekuatan yang maksimal.

2) Tolakan (take off )

a) Tolakan bertujuan untuk mendapatkan daya dorong dan lompatan sejauh mungkin. 

Tahap-tahap tolakan dilakukan sebagai berikut.

b) Tolakan dilakukan dengan kaki kiri, posisi badan agak condong ke belakang, dan lutut kaki tolakan sedikit ditekuk.

c) Tolakkan kaki kiri pada titik tolak dengan sekuat tenaga dan secepat mungkin.

d) Pada akhir tolakan, posisikan lutut dalam keadaan lurus.

e) Lipat kaki kanan, lalu ayunkan ke arah depan-atas. Kedua tangan juga ikut diayun. 

Baca Juga : Cara Memegang Bet dalam Permainan Tenis Meja

3) Melayang di udara (action in the air)

Ada tiga macam gaya saat melayang di udara, yaitu sebagai berikut.

a) Gaya jongkok

Adalah lompat jauh gaya jongkok adapun caranya yaitu Saat menolak, tekuk kedua lutut dan luruskan kedua tangan ke depan.

b) Gaya berjalan di udara

Saat menolak, angkat lutut kaki kanan dan paha ke atas dengan cepat. Sementara kaki yang digunakan untuk menolak dibiarkan ke bawah. Gerakkan kaki kanan ke bawah dan belakang untuk mendapatkan daya pengumpil maksimal. Tekuk kaki kiri dan angkat ke depan. Bantu gerakan kaki dengan gerakan tangan yang selaras.

c) Gaya Schnepper

Gaya Schnepper atau disebut lompat jauh gaya menggantung. Adapun tekhniknya yaitu, sikap badan seolah-olah menggantung di udara. Saat kaki kiri menolak, ayunkan kaki kanan ke depan atas. Kemudian turunkan kaki kanan. Bersamaan dengan itu, dorong pinggul ke depan dan ayunkan kedua lengan ke atas. Ketika akan mendarat, bungkukkan badan dan julurkan kaki dan lengan ke depan.

4) Pendaratan

a) Saat mendarat, jaga badan agar tidak jatuh ke belakang. Jika jatuh, jarak lompatan diukur dari balok tolakan ke bekas pendaratan terdekat.

b) Ketika akan mendarat, julurkan kedua kaki, bungkukkan badan, ayunkan tangan, dan bawa berat badan ke depan.

c) Mendaratlah dengan tumit terlebih dahulu, tekuk kedua lutut, dan dekatkan dagu ke dada.

d) Agar badan tidakjatuh ke belakang, jatuhkan badan ke samping.

e) Salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam lompat jauh adalah kecepatan angin. Karena, arah lompatan maju, bukan naik, maka arah dan kecepatan angin perlu diperhitungkan. Bayangkan saja jika saat melompat ke depan, angin bergerak ke arah kita. Lompatan kita akan menjadi semakin pendek.

Baca Juga : Teknik Lari Jarak Pendek Dari Start Sampai Finish

Hal hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh adalah Waktu mendarat jangan sampai jatuh ke belakang, Menumpu dengan 2 kaki, Kembali ke arah awalan, setelah melompat Mendarat luar bak lompat

Demikianlah artikel admin tentang Teknik dan gaya lompat jauh yang betul. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post