Teknik Lari Jarak Pendek Dari Start Sampai Finish

Gurupertama. Teknik Lari Jarak Pendek Dari Start Sampai Finish. Lari adalah gerakan tubuh (gait) dimana pada suatu saat ada fase layang, semua kaki tidak menginjak tanah. Jadi, lari merupakan gerakan tubuh dimana kedua kaki ada saat bisa melayang di udara atau tidak kontak dengan tanah

Olahraga lari melibatkan banyak gerakan dan keterampilan yang berbeda. Kamu harus menggerakkan seluruh berat badan ke depan sambil menjaga keseimbangan sepanjang gerakan. Untuk berlari lebih cepat, Kamu perlu mempelajari teknik terbaik untuk menempuh jarak pendek dengan cepat.

Teknik Lari Jarak Pendek Dari Start Sampai Finish

Untuk berlari lebih cepat, fokuslah untuk menggerakkan seluruh berat badan ke depan secepat mungkin sambil menjaga keseimbangan. Untuk berlari lebih cepat, Kamu perlu mempelajari teknik terbaik untuk lari jarak pendek

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Teknik dasar lari jarak pendek meliputi : 

A  Teknik Posisi Badan atau Togok

Posisi badan atau togok saat berlari harus condong ke depan. Tujuannya untuk memperkecil hambatan udara yang datang dari depan dan membantu daya tarik, sehin8ga langkahnya lebih efektif.

B. Teknik Ayunan Lengan

Ayunan lengan harus cepat untuk memacu gerakan langkah kaki. Jika ayunan tangan kiri ke depan otomatis gerakan langkah kaki kanan melangkah ke depan. Demikian sebaliknya ayunan tangan kanan ke depan, gerakan langkah kaki kiri ikut ke depan. Saat mengayun jari-jari tangan boleh dikepal atau dibuka, asalkan rileks.

C. Teknik Ayunan Langkah Kaki

Langkah kaki harus sepanjang mungkin pada awal kaki melakukan tolakan atau dorongan dari balok start. Selanjutnya langkah kaki mulai bergerak pendek tetapi frekuensi gerak langkah lebih cepat dan menjaga keseimbangan badan.

Pada saat pendaratan kaki ke tanah, yang terkena lebih dulu harus selalu ujung telapak kaki. Posisi lutut agak dibengkokkan sedikit agar lentur ketika melakukan langkah berikutnya.

Baca Juga :  Teknik Dasar Jalan Cepat

Teknik Lari Jarak Pendek Dari Start Sampai Finish

Peragaan Teknik Lari Jarak Pendek Dari Start Sampai Finish berikut ini.

a. Teknik Gerakan saat Start

Sikap pada saat start sebagai berikut.

1) Letakkan kedua tangan lebih lebar sedikit dari lebar bahu. Jari-jari dan ibu jari membentuk huruf V terbalik. Bahu condong ke depan sedikit di depan tangan dan lengan lurus.

2) Kepala dan leher tidak tegang, pandangan ke depan kira-kira 2,5.

3) Tubuh/badan harus rileks, pusatkan perhatian pada aba-aba berikutnya.

4) Jarak letak kaki terhadap garis start tergantung dari bentuk Star yang digunakan,

Baca Juga :  Teknik Dasar Permainan Kasti dan Penjelasannya 

Pada aba-aba "Siap", angkat panggul ke atas sedikit lebih tinggi dari bahu. Punggung sedikit menurun ke depan (Berat badan ke depan). Sikap ini dipertahankan dengan menjaga Keseimbangan sebaik-baiknya. kira-kira 2 detik sampai aba-aba berikutnya.

Kepala rendah, leher rileks, dan pandangan ke bawah depan kira-kira 1-1,5 meter, ke arah garis start. Lengan lurus dan siku jangan bengkok. Pada waktu mengangkat panggul, ambil napas dalam-dalam. Pusatkan perhatian pada aba-aba "Ya" atau bunyi pistol start.

Pada aba-aba "Ya" atau "Bunyi Pistol", ayunkan lengan kiri ke depan dan lengan kanan ke belakang kuat-kuat. Tolakkan kaki kiri kuat-kuat sampai lurus. Kaki kanan melangkah secepat mungkin dan secepatnya mencapai tanah. 

Langkah pertama ini kira-kira 45 cm sampai 75 cm di depan garis start. Berat badan harus meluncur lurus ke depan. Dari sikap jongkok berubah ke sikap lari, berat badan harus naik sedikit demi sedikit. Jangan ada gerakan ke samping

b. Teknik Gerakan saat lari

Langkah lari makin lama makin lebar. Enam sampai sembilan langkah pertama merupakan langkah peralihan dari langkah-langkah start ke langkah-langkah lari dengan kecepatan penuh.

Setelah melakukan gerakan start dengan langkah-langkah peralihan yang semakin lebar dan condong badan yang berangsur-angsur berkurang, maka dilanjutkan dengan melakukan gerakan lari cepat. Pandangan mata diarahkan ke garis finish

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan rounder dan Penjelasannya

c. Teknik Gerakan Melewati Garis Finish

Dalam praktiknya, teknik melewati garis finish ada tiga macam sesuai dengan kebutuhan.

1) Lari terus tanpa lakukan apa-apa. Berusaha berhenti kira-kira setelah 5 meter melalui garis finish.

2) Pada saat akan menyentuh pita, dada dicondongkan ke depan dan kedua tangan diayunkan ke belakang

3) Pada saat akan menyentuh pita, dada diputar dengan ayunan tangan ke depan atas sehingga bahu sebelah maju ke depan. Dalam peraturan atletik, seorang pelari dianggap sudah memasuki garis finish ketika anggota tubuh yang terdepan menyentuh bidang tegak garis finish.

Demikianlah artikel admin tentang Teknik Lari Jarak Pendek Dari Start Sampai Finish. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post