3 Cara Memegang Lembing yang Benar

Cara Memegang Lembing yang benar

Lempar lembing terdiri dua kata yaitu lempar dan lembing. Lempar berarti usaha untuk membuang jauh- jauh, dan lembing adalah tongkat yang berujung runcing yang dibuang jauh-jauh. Mengenai sejarah kapan mulai ada olahraga lempar lembing, sampai saat ini masih belum jelas informasinya.

Akan tetapi olahraga lempar lembing mulai diperkenalkan adalah seiring dengan olahraga lari dan lompat. Lempar lembing berawal dari kegiatan manusia zaman dahulu dalam berburu binatang yang sering menggunakan lembing dalam memburu mangsanya. 

Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memakan binatang hasil buruannya. Tetapi zaman modern sekarang ini, lempar lembing menjadi olahraga yang dipertandingkan. Dalam artikel ini admin gurupertama akan menguraikan 3 Cara Memegang Lembing yang Benar . 

Cara Memegang Lembing yang Benar 

Dalam olahraga lempar lembing ada tiga cara melakukan lemparan yang sering digunakan oleh para atlit lempar lembing, yaitu cara Finlandia, cara Amerika dan cara menjepit. Adapun untuk lebih jelasnya dari ketiga cara tersebut kami uraikan satu persatu sebagai berikut. 

1. Cara memegang lembing Gaya Finlandia

Cara Membawa Lembing Jari telunjuk memegang badan lembing di belakang balutan. Jari ini tidak diling- karkan penuh, tetapi agak lurus, sehingga merupakan garis lurus dengan lengan bawah. Jari tengah melingkari pegangan pada tepi bela- kangnya. lbu jari yang diluruskan memegang di tempat itu juga, sehingga ujung kedua jari itu bersentuhan. Dua jari lainnya dilingkarkan kira-kira pada pertengahan pegangan atau asal tidak bersentuhan dengan jari panjang saja. Kedua jari itu berimpit, mata lembing serong ke atas, dan siku kanan menunjuk ke depan. 

2. Cara memegang lembing Gaya Amerika

Cara Amerika yaitu Jari telunjuk memegang pegangan pada tepi belakang. Tiga jari lainnya berimpit dan renggang dengan jari telunjuk. lbu jari diletakkan pada tepi belakang pegangan dan pada tubuh lembing dalam keadaan lurus. Lengan kanan lurus ke bawah. Mata lembing menunjuk serong ke atas, ekornya dekat tanah. Cara membawa ini banyak digunakan oleh pelempar yanng menggunakan gaya rear-cross-step atau langkah silang di belakang. 

3. Cara memegang lembing Menjepit : Cara ini di sebut juga dengan teknik tank hanya dengan menempatkan lembing diantara jari telunjuk dan jari tengah sedangkan jari-jari lainnya memegang biasa. cara ini membentuk huruf "V"

Kesimpulan 

Dalam memilih tehnik atau cara memegang lembing tidak ada yang lebih di prioritaskan. Tatapi Lebih penting adalah pengkoordinasian gerakan yang harus dipunyai oleh setiap pelempar lembing. Kecepatan juga penting, tetapi lebih penting lagi adalah kepandaian untuk memindahkan atau
mengalihkan kecepatan itu menjadi kekuatan untuk melempar.

Trimah kasih telah membaca artikel kami tentang 3 Cara Memegang Lembing yang Benar . Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url