Cara Memegang Bet dalam Permainan Tenis Meja

Cara memegang bet sangat menentukan permainan, menang atau kalah. Orang-orang yang hanya iseng bermain tenis meja, biasanya memiliki dua jenis grip atau pegangan bet. Satu grip untuk stroke forehand (pukulan di sisi kanan tubuh) dan satu grip yang lainnya untuk stroke backhand (pukulan di sisi kiri tubuh). 
Cara Memegang Bet dalam Permainan Tenis Meja


Akan tetapi, para pemain tenis meja yang profesional, menganggap cara ini kurang efektif dan efisien, sebab harus berganti-ganti bet selama pertandingan berlangsung. Oleh karena itu, para pemain berusaha mencari grip yang dapat digunakan untuk forehand maupun backhand. Setelah menemukan jenis grip yang dapat digunakan untuk forehand maupun backhand, langkah selanjutnya adalah cara memegang bet. 

Cara Memegang Bet dalam Permainan Tenis Meja

Cara-cara memegang bet pada tenis meja . Dalam dunia pertenis mejaan, ada dua cara untuk memegang bet, yaitu shakehands dan penhold. 

A. Shakehand 

Shakehand disebut juga dengan western style (gaya barat) yang artinya berjabat tangan, karena cara memegang betnya memang seperti cara menjabat tangan seseorang. Jadi teknik memegang bet tenis meja seperti menjabat tangan dinamakan Shakehand. Gaya ini sangat populer di kalangan pemain-pemain Eropa yang sudah ditekuni sejak dulu. 
Dengan cara shakehand, pemain dapat melakukan forehand dan backhand tanpa merubah grip dan dapat menggunakan kedua belah sisi blade bet. Namun, pada dasarnya jenis pukulan shakehand hanya dapat digunakan di tengah meja tenis dan permainan akan didominasi oleh backhand. 

B. Penhold 

Penhold artinya memegang pena, karena cara ini memang sepeti seseorang yang sedang memegang pena. Jadi salah satu teknik memegang bet pada permainan tenis meja seperti memegang tangkai pena dinamakan dengan Penhold. Dengan cara ini, pukulan-pukulan sering jatuh di dekat net dengan putaran yang cukup keras. 
Cara ini hanya menggunakan salah satu sisi blade bet dan populer di Asia, khususnya Jepang. Dengan memegang bet gaya penhold sangat baik untuk melakukan pukulan. Gambar: Cara memegang bet gaya penhold 
Para pemain profesional biasanya memegang bet dalam berbagai variasi dan sudah menjadi kebiasaan mereka sejak dulu. Oleh karena itu, shakehand maupun penhold, sebenarnya sama saja, sebab semuanya tergantung pada pribadi masing-masing pemain. 

Prinsip Dasar Dalam Memegang Bet

Prinsip dasar yang harus diperhatikan oleh pemain ketika memegang bet tenis meja adalah sebagai berikut. 
1. Bet tidak boleh dipegang terlalu erat, karena akan memperlambat gerakan lengan. Akibatnya pemain tidak dapat mengontrol bola dengan sempurna. 
2. Harus pandai memainkan blade bet dengan card nengatur sudut-sudut arah blade tersebut ketika menerima bola. Dengan demikian, pemain dapat mengatasi segala bentuk bola dari lawan. Untuk mengetahui sudut bet, pemain dapat melakukan trial dan error. Tetapi, sudut yang dipakai biasanya sekitar 0° sampai 180. Gambar: Sudut raket 180° 
Cara memegang bet memang memiliki peran yang sangat penting, di samping dedikasi konsentrasi, kebulatan tekat, dan bakat. Dengan cara memegang bet yang sempurna, akan membuat pukulan sempurna pula.
Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memegang Bet dalam Permainan Tenis Meja. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url