Download Pemetaan KD Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020

Download Pemetaan KD Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020

Gurupertama. Pada artikel kali ini admin akan membagikan administrasi berupa Pemetaan KD Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020 Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) adalah administrasi awal yang pertama kali di buat oleh seorang guru. Tujuan dari pembuatan pemetaan ini adalah untuk memetakan atau membagi rata setiap kompetensi dasar dari semua mata pelajaran dalam sebuah tema, subtema, dan pembelajaran. 

Kompetensi Dasar yang dipetakan oleh guru adalah Kompetensi Dasar pengetahuan  dan Kompetensi Dasar Keterampilan untuk membuat pemetaan ini setiap tema dalam mata pelajaran. Pada kegiatan ini guru menentukan kelompok-kelompok Kompetensi Dasar dari berbagai mata pelajaran yang relevan untuk disatukan dalam pembelajaran tematik K13 . 

Untuk mencapai seluruhan standar isi minimal, pemaduan pada contoh dilakukan pada semua mapel dalam standar isi dan ditambahkan muatan lokal. Ini hanya salah satu dari cara, cara pemaduan dengan cara lain dapat juga di lakukan. Penentuan kelompok Kompetensi Dasar yang akan dipadukan disebut pemetaan Kompetensi Dasar.

Cara Menyusun Pemetaan Kompetensi Dasar  (KD)

Penyusunan pemetaan Kompetensi Dasar mata pelajaran dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : (1) Memilih mata pelajaran yang akan dipadukan (pada contoh dipadukan seluruh matapelajaran pada standar isi dan muatan lokal dengan ciri ciri setiap kelompok memiliki jenis mata pelajaran yang sama), 
(2) Membaginya habis atau mengelompokkan semua KD dari berbagai mata pelajaran menjadi beberapa kelompok seperti yang telah dibuat (pembagiannya bisa dengan memilih semua KD yang berada pada urutan yang sama, bisa juga dengan memilih semua KD yang berhubungan satu sama lain, bisa mengulanginya yang dianggap penting sesuai dengan keadaan atau karakteristik siswa pada kelompok KD/tema yang berlainan), 
(3) Memilih tema ( dapat mengambil dari salah satu KD bidang studi lainnya , dan sebagainya yang ada pada suatu unit/kelompok KD atau dengan teknik lain yang bisa merangkul semua KD dan relevan dengan perkembangan siswa.
(4) Pemilihan alokasi waktu per jaring jaring tema (pada contoh ditentukan alokasi waktu yang sama untuk kelompok KD atau jaring tema yaitu 2 minggu dengan pertimbangan bobot tiap kelompok KD dibuat seimbang dan lebih memudahkan dalam pembuatan jadwal)

Download Pemetaan KD Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020

Apabila sekiranya bapak dan ibu guru berminat ingin memiliki referensi Pemetaan KD yang admin miliki dapat mendownloadnya pada link di bawah ini :


Demikianlah artikel kami tentang Download Pemetaan KD Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020. Mudah mudahan bisa bermanfaat kepada kita semua amin.
LihatTutupKomentar