-->

Perangkat Administrasi Pembelajaran Matematika Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020

Administrasi Pembelajaran Matematika Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Administrasi Pembelajaran Matematika Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020,  Administrasi mengajar guru atau biasa disebut dengan perangkat mengajar, merupakan administrasi pokok yang harus ada pada seorang guru atau tenaga pendidik. Perangkat administrasi pembelajaran merupakan tugas yang harus dibuat setiap 1 semester. 

Dalam pembelajaran kurikulum k13 mata pelajaran matematika terpisah dari mapel tematik terpadu. Oleh karena itu Perangkat Pembelajaran Matematika harus dibuat terpisah sama halnya dengan pembelajaran penjaskes dan pendidikan agama islam atau PAI. 

Dalam pembelajaran matematiaka setidaknya ada 4 perangkat pembelajaran administrasi Matematika yang harus di buat dan terpisah oleh mata pelajaran tematik lainnya adapun perangkatnya yaitu :

1. Program tahunan matematika

Program tahunan matematika adalah susunan alokasi waktu pembelajaran matematiak selama satu tahun untuk mencapai standar kompetensi mapel Matematiaka dan kompetensi dasar mapel Matematiaka  yang diharapkan. 

Contoh Referensi Lengkap Program tahunan matematika

Dibawah ini admin bagikan contoh lengkap program tahunan matematika yang bapak ibu bisa jadikan sumber referensi mulai dari kelas 4 sd 6 semester 2 sebagai berikut :

2. Program Semester matematika

Program semester matematika adalah penguraian dari program tahunan yang berisi materi dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika yang ingin dicapai pada satu semester. Adapun tujuan dari Pembuatan Program Semester matematika berfungsi sebagai pedoman menyusun satuan pelajaran matematiak ; pedoman kalender kegiatan belajar mengajar matematika; dan untuk mencapai efesiensi dan efektifitas penerapan waktu belajar yang telah disediakan yang berpatokan pada analisis hari efektif belajar.

Contoh Referensi Lengkap Program semester matematika

Dibawah ini admin bagikan contoh lengkap promes matematika yang bapak ibu bisa jadikan sumber referensi mulai dari kelas 4 sd 6 semester 2 sebagai berikut :

3. Silabus pembelajaran matematika

Silabus pembelajaran matematika adalah rencana pembelajaran matematika selama 1 semester, yang mana didalamnya termuat standar kompetensi ( SK ), kompetensi dasar ( KD), tujuan pembelajaran matematika, kegiatan ( skenario ) pembelajaran, media dan sumber belajar serta alat atau jenis evaluasi yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Tahapan Tahap Penyusunan Silabus pembelajaran 

Dibawah ini kami sajikan beberapa tahap tahap penyususnan silabus diantaranya :
1. Melakukan Analisis Konteks
2. Memetakan kebutuhan belajar peserta didik
3. Menjabarkan tema-tema pembelajaran
4. Menjabarkan Kompetensi Dasar dalam tema pembelajaran matematika
5. Merumuskan Kompetensi Dasar dalam Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
6. Membuat materi pembelajaran
7. Membuat dan Mengembangkan  kegiatan pembelajaran

Contoh Lengkap Silabus pembelajaran matematika

Dibawah ini admin bagikan contoh lengkap silabus pembelajaran matematika yang bapak ibu bisa jadikan sumber referensi mulai dari kelas 4 sd 6 semester 2 sebagai berikut :

4. Rencana  pelaksanaan pembelajaran matematika

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  [RPP] matematika adalah rencana yang menggambarkan proses dan  arah jalannya pembelajaran atau skenario pembelajaran untuk  mencapai  satu  KD mapel metematika  yang  ditetapkan  dalam  Standar  Isi yang telah digambarkan dalam  silabus pembelajaran matematika.  Maka singkatnya  RPP matematika  adalah  rencana arah jalannya kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa Kompetensi dasar mapel matematika dalam setiap tatap muka di dalam kelas

Langkah langkah penyusunan RPP Matematika

Adapun langkah langkah dalam membuat RPP metematika K13 Adalah sebagai berikut :
1. Mempelajari Silabus Pembelajaran matematiaka
2. Mengidentifikasi Materi pokok Pembelajaran matematika
3. Mengidentifikasi Beban belajar mapel matematika untuk tingkatan satu semester
4. Menentukan Alokasi Waktu
5. Memilih Tujuan tujuan pembelajaran
6. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran pembelajaran (Tatap Muka, Tutorial, Mandiri, Daring)
7. Pemilihan Jenis jenis Penilaian 
8. Pemilihan Sumber Belajar matematika

File Lengkap RPP pembelajaran matematika

Dibawah ini kami bagikan contoh RPP matematika yang bapak ibu bisa jadikan sumber referensi mulai dari kelas 4 sd 6 semester 2 sebagai berikut :
Link RPP Matematika kelas 4 semester 2

Link RPP Matematika kelas 5 semester 2

Link RPP Matematika kelas 6 semester 2

Itulah artikel kami tentang Administrasi Pembelajaran Matematika Kelas 1 sd 6 Semester 2 Revisi 2020, mudah mudahan bisa brmanfaat karena perangkat mengajar yang harus dibuat tidaklah sedikit.

LihatTutupKomentar