Download Prota dan Promes SD kelas 1 sd 6 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2020

Prota dan Promes SD kelas 1 sd 6 Semester 2 kurikulum 2013 revisi 2020

Gurupertama. Prota dan Promes SD kelas 1 sd 6 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2020. Protah dan prosems atau sering disebut program tahunan dan program semester tentu saja untuk seorang guru adalah hal-hal wajib harus di buat. Karena dengan kehadiran Protah dan Prosems, guru akan memiliki deskripsi target kurikulum yang harus dicapai untuk satu tahun kedepan.

Dalam pembuatannya, tentu saja tidak dapat dipisahkan dari menganalisis kalender pendidikan terlebih dahulu yang mengacu pada jadwal pelajaran di kelasnya. Karena mengacu atau berdasrkan pada jadwal mata pelajaran setiap kelas , maka seharusnya program yang dibuat tentu berbeda di setiap sekolah namun formatnya tetaplah sama.

Jika Anda tidak memiliki gambaran umum tentang format protah dan promes dan kami akan membagikan protah dan promes kelas 1 sd 6 semester 2 untuk kurikulum 2013 berdasarkan analisis hari yang efektif tahun akademik 2020 / 2020 di tempat kami berada mengajar. Dan sekiranya kami persilakan untuk menyesuaikan dengan situasi lokal.

Hal penting yang harus dipertimbangkan adalah bahwa prota dan promes bukan hanya komplemen untuk administrasi. Tetapi ini benar-benar digunakan untuk kepentingan pembelajaran di kelas sehingga tidak adanya keterlambatan dalam proses pembelajaran dan target pembelajaran akan dapat dipenuhi.

Program Tahunan ( Protah )

Program tahunan merupakan program umum dalam setiap mata pelajaran yang harus dibuat setiap awal tahun ajaran atau tahun akademik.

Program tahunan harus disiapkan dan dikembangkan sebelum tahun ajaran baru oleh seorang pendidik karena program tahunan adalah pedoman untuk pengembangan program berikutnya, seperti program semester, silabus pembelajaran dan rencana belajar.

Fungsi Program Tahunan

Fungsi Prota dalam kegiatan  pembelajaran yaitu :

1. Sebagai tuntunan dalam membuat Promes,  program suatu mapel dan juga sebagai persiapan dalam mengajar agar lebih rapi dan terorganisir secara lebih matang.

2. Sebagai tuntunan dalam menyusun Kalender pendidikan

3. Sebagai tuntunan dalam rangka optimalisasi, efisiensi dan efektivitas pemanfaatan waktu belajar efektif yang ada.

Cara Menyusun program tahunan

Adapun cara menyusun program tahunan (prota) yaitu dengan cara :

(1) Menentukan urutan jaring jaring tema seperti pada pemetaan KD pada mata pelajaran selama satu tahun ajaran, 

(2) Menuliskan alokasi waktu yang telah ditentukan pada setiap jaring- jaring tema pada satu tahun ajaran, 

(3) Menuliskan alokasi jam pembelajaran yang diperlukan setiap kelompok Kompetensi Dasar atau tema berdasarkan cakupan dan kedalaman Kompetensi Dasar yang akan dicapai maksimal 31 jam per minggu untuk semua kelas

Contoh Lenkap program tahunan revisi 2020

Apabila sekiranya bapak dan ibu guru ingin memiliki referensi atau contoh lengkap Program Tahunan Kelas 1 sd 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020 setiap tema dapat anda download pada link di bawah ini :


Itulah link untuk mendapatkan program tahunan selanjutnya untuk program semester dapat anda lihat di bawah ini :

Program Semester ( Promes )

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang akan dilakukan atau dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester adalah penjabaran dari program tahunan. 

Penyusunan Program Semester berfungsi sebagai acuan menyusun satuan pelajaran; acuan kalender kegiatan belajar mengajar; dan untuk mencapai efesiensi dan efektifitas penggunaan waktu belajar yang tersedia (Moh. Uzer Usman, 2002: 54)

Program semester terdiri atas beberapah komponen meliputi : Identitas yang terdiri atas satuan pendidikan, mapel, kelas dan semester, dan untuk komponen lainnya yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian (teknik, bentuk instrumen, contoh instrumen), alokasi waktu, sumber belajar, dan karakter

Cara Menyusun program semester

Untuk menyusun program semester (prosem) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

(1) Mengurai alokasi waktu untuk setiap kelompok Kompetensi Dasar seperti pada program tahunan kemudian  menambahkan alokasi waktu untuk ulangan yang direncanakan, 

(2) Menuliskankan rincian bulan dan minggu dalam satu semester dengan penyebaran jam pada setiap pelajaran efektif tiap minggu yang dipergunakan untuk mencapai tiap Kompetensi Dasar. Adapun urutan penyajian Kompetensi Dasar disesuaikan dengan pemetaan KD yang telah dilakukan. 

(3) Pengaturan urutan penyampaian yang telah dirancanakan pada jaring - jaring tema dituliskan pada program semester

Contoh Lenkap program semester revisi 2020

Apabila sekiranya bapak dan ibu guru ingin memiliki referensi Program Semester Kelas 1 sd 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020 dapat anda download pada link di bawah ini :


Program tahunan dan semester harus diperpanjang setiap tahun, menyesuaikan diri dengan revisi buku tematik terintegrasi. Namun, tidak semua mengalami perubahan signifikan. 

Demikianlah Artikel Kami tentang Prota dan Promes SD kelas 1 sd 6 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2020. Mudah mudahan bisa memberikan manfaat kepada bapak dan ibu guru yang sedang mencari Referensi Prota dan Promes SD

Next Post Previous Post
1 Comments
  • DUNIA GURU
    DUNIA GURU 10/04/2021 10:29 PM

    sangat membantu dalam penyusunan PROTA dan PROMES

Add Comment
comment url