Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Terbaru

Gurupertama, Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Terbaru. Contoh contoh PTK ini admin ambil dari salah satu library perpustakaan digital universitas yang ada di Indonesia jurusan PGSD. 

Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Terbaru

Penelitian Tindakan kelas adalah cara yang efektif bagi guru untuk mendapatkan pengetahuan tentang mengajar mata pelajaran seperti matematika, sains dan ilmu sosial serta menginspirasi keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Ini bisa sulit tetapi bermanfaat jika dilakukan dengan benar karena memungkinkan siswa belajar bagaimana menjadi pembelajar yang lebih baik sambil mendapatkan pengalaman langsung di sekolah

Dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas juga membantu guru merencanakan pelajaran dengan memberi tahu mereka tentang cara terbaik untuk mengajar mata pelajaran tertentu. Ini dapat membantu mereka menghindari pemborosan waktu untuk kegiatan yang tidak berpengaruh pada pembelajaran siswa atau disiplin kelas

Banyak jenis penelitian yang digunakan untuk kepentingan yang berbeda. Namun untuk seorang guru, perlu mengenal penelitian yang ini bisa membantu dalam proses pembelajaran di kelas, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas PTK

Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian refleleksi-diri yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki praktek yang dilakukan sendiri. Dengan demikian akan diperoleh pemahaman mengenai praktek tersebut dan situasi di mana praktek tersebut dilaksanakan. 

Penelitian tindakan adalah metode mempelajari dan memecahkan masalah dengan membuat keputusan yang cepat, efisien, dan efektif berdasarkan apa yang Anda pelajari melalui eksperimen. Ini adalah cara bagi siswa untuk belajar dan memahami mata pelajaran lebih cepat. 

Penelitian tindakan dapat digunakan untuk meningkatkan pendidikan di tingkat dasar dan menengah. Melakukan penelitian tindakan di kelas Anda dapat membantu Anda memahami mata pelajaran dengan lebih baik, belajar lebih cepat, dan mendapatkan nilai yang lebih baik.

Terdapat dua esensi penelitian tindakan yaitu perbaikan dan keterlibatan. Hal ini mengarahkan tujuan penelitian tindakan ke dalam tiga area yaitu:

1. Untuk memperbaiki praktik;

2. Untuk pengembangan profesional dalam arti meningkatkan pemahaman/kemampuan para praktisi terhadap praktek yang dilaksanakannya;

3. Untuk memperbaiki keadaan atau situasi di mana praktek tersebut dilaksanakan.

PTK bersifat practice driven dan action driven karena PTK bertujuan memperbaiki pengajaran secara praktis dan secara langsung. Oleh karena itu, banyak kalangan menamakan PTK sebagai penelitian praktis (practical inquiry). PTK hanya memusatkan perhatian pada permasalahan yang spesifik dan kontekstual sehingga tidak terlalu menghiraukan kepresentatif-an sampel karena berbeda dari penelitian formal.

Tujuan bukanlah menemukan pengetahuan baru yang dapat diberlakukan secara meluas (generalizable), tetapi bersifat menemukan bentuk pengajaran di kelas yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi secara lokal.

PTK sesungguhnya penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas oleh guru tanpa harus menyita waktu khusus untuk meneliti, sehingga penelitian ini dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran di kelas oleh guru. Ini menunjukkan bahwa menulis PTK itu mudah, yang penting ada kemauan. 

Dalam profesinya, guru selalu melakukan proses pembelajaran dengan berbagai pendekatan, model, metode, dan teknik untuk terus memberikan yang terbaik bagi anak didik. Ketika apa yang dilakukan itu dijadikan sebuah tulisan untuk langkah perbaikan

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas SD

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) antara lain :

1. Guru melakukan PTK tanpa harus meninggalkan tugas di kelas atau merugikan siswa.

2. Guru dapat melakukan penelitian sendiri di dalam kelas tanpa adanya bantuan dari pihak guru lain

3. Guru dapat memperbaiki praktik pembelajaran berdasarkan data yang diperoleh secara lebih teliti

4. Guru dapat menjembatani kesenjangan teori dengan praktek pembelajaran di kelasnya sendiri

5. Guru dapat mendapatkan metode belajar mengajar yang tepat sesuai dengan kondisi kelasnya.

6. Guru dapat memberikan konsribusi dalam mempengaruhi kebijakan sekolah.

Tiga tujuan utama penelitian tindakan adalah membantu guru memahami kebutuhan siswa dan menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik bagi mereka; untuk mengembangkan solusi untuk masalah pendidikan; dan untuk berbagi apa yang telah Kamu pelajari dengan pendidik lain.  .

Langkah langkah menyusun PTK

Adapun langkah langkah atau cara menyusun penelitian tindakan kelas yaitu sebagai berikut : 

Langkah pertama: Ada Permasalahan yang Diteliti

Mencari sebuah permasalahan yang terjadi di sekolah maupun di kelas. Kalau untuk masalah sekolah, biasanya dilakukan oleh sekolah sebagai pemegang kebijakan. Sehingga membuat sebuah penelitian tindakan sekolah (PTS). 

Jika masalah di kelas, seperti strategi pembelajaran, media pembelajaran, kesulitan belajar, maka dilakukan oleh guru dengan membuat penelitian tindakan kelas (PTK).

Langkah kedua: Menyusun Kerangka

Setelah mengetahui permasalahan, maka dibuatlah sebuah kerangka untuk menjawab permasalah. Konsep inilah yang kemudian dituangkan dalam tulisan yang terdiri dari beberapa bab. 

Berikut ini contoh kerangka sebuah PTK

Bab I  : Pendahuluan

Bab II  : Kajian Teori

Bab III : Metode Penelitian

Bab IV : Hasil Penelitian

Bab V   : Penutup

Langkah ketiga: Mengembangkan Materi Penelitian

Membuat judul sesuai dengan permasalahan yang dihadapi saat di kelas. Ada rumusan khusus dalam menyusun judul PTK.

Implementasi penelitian tindakan yang tepat membutuhkan perencanaan, pengumpulan data, analisis, sintesis, dokumentasi, evaluasi dan refleksi atas apa yang telah diteliti. 

Perencanaan melibatkan penetapan tujuan yang akan mengarahkan Kamu untuk mencapai kesuksesan dalam studi Kamu. Selanjutnya, Kamu perlu memilih metode yang akan membantu Kamu mencapai tujuan tersebut. 

Pengumpulan data melibatkan melakukan eksperimen atau survei untuk mengetahui akar masalah Kamu atau mendapatkan pengetahuan tentang topik atau subjek tertentu. 

Analisis melibatkan pemisahan fakta dari opini sehingga Kamu dapat membuat keputusan berdasarkan fakta. 

Sintesis adalah proses menggabungkan semua pengetahuan yang Kamu peroleh selama penelitian tindakan Kamu dengan pengetahuan Kamu sebelumnya sehingga menciptakan satu kesatuan yang koheren. 

Terakhir, dokumentasi sangat penting untuk melestarikan semua pengetahuan yang Kamu peroleh selama eksperimen sehingga pelajar lain dapat mengambil manfaat dari apa yang Kamu pelajari tentang mata pelajaran yang juga mereka pelajari di sekolah atau di kelas mereka sendiri

Uraian diatas adalah langkah langkah dalam menyusun penelitian tindakan kelas. untuk Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Terbaru bisa mendapatkannya pada bagian akhir artikel admin di bawah.

Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Terbaru.

Apabilah bapak dan ibu guru ingin mendapatkan download PTK SD kelas 5 lengkap word dapat mengunduhnya pada link yang admin sediakan di bawah ini :

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DALAM  PEMAHAMAN BERHITUNG DI MASA PANDEMI KELAS 2 SD NEGERI 1 PABUWARAN

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOMPETISI AKTIF MENYENANGKAN (KAM) PADA SISWA KELAS II SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL  PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL ROUND TABLE DENGAN MEDIA BUKU ZIG-ZAG PADA SISWA KELAS IVA SDN PUDAKPAYUNG 01

PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV-A SDN TAWANGMAS 01 SEMARANG

Melakukan penelitian tindakan adalah cara terbaik bagi siswa untuk belajar lebih cepat dan mendapatkan nilai yang lebih baik di kelas mereka. Hal ini memungkinkan guru untuk memahami kebutuhan siswa mereka lebih cepat daripada yang mereka bisa tanpa eksperimen

Akibatnya, baik guru maupun siswa akan mendapat manfaat besar dengan menerapkan penelitian tindakan ke dalam praktik kelas sehari-hari

Demikianlah artikel admin yang berjudul Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Terbaru. Semoga bisa memberikan manfaat kepada bapak dan ibu guru. 

Next Post Previous Post