16 Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Baik

Gurupertama, 16 Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Baik. Manajemen kelas mengacu pada beragam keterampilan dan teknik yang digunakan guru untuk menjaga siswa tetap teratur, teratur, fokus, perhatian, pada tugas, dan produktif secara akademis selama kelas. Ketika strategi manajemen kelas dilaksanakan secara efektif, guru meminimalkan sikap yang menghambat pembelajaran baik untuk siswa individu dan kelompok siswa, sekaligus memaksimalkan perilaku yang memfasilitasi atau meningkatkan pembelajaran.  

Secara umum, guru yang efektif cenderung menunjukkan keterampilan mengelolah kelas kuat, sedangkan ciri khas guru yang tidak berpengalaman atau kurang efektif adalah ruangan yang tidak teratur yang dipenuhi siswa yg tidak bekerja atau tidak memperhatikan

16 Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Baik

Berikut ini ada 16 Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas  yang telah terbukti meningkatkan perilaku kelas, membangun hubungan untuk komunitas ruangan yang lebih baik, dan menumbuhkan lingkungan kelas yg positif di mana pembelajaran siswa adalah tujuan kolektif nomor satu sebagai berikut :

1. Contohkan Sikap Yang Baik

Biasakan mendemonstrasikan sikap yang ingin Anda lihat, karena banyak penelitian menunjukkan bahwa modeling secara efektif mengajari siswa bagaimana bertindak dalam situasi yang berbeda.

Cara langsung untuk mencontohkan perilaku tertentu adalah mengadakan percakapan tiruan dengan admin, guru lain, atau asisten siswa di depan kelas. Berbicara tentang tes atau topik terkait lainnya, pastikan untuk:

Gunakan bahasa yang sopan
Pertahankan kontak mata
Simpan telepon di saku Anda
Biarkan satu sama lain berbicara tanpa gangguan
Sampaikan kekhawatiran tentang pernyataan satu sama lain dengan cara yang hormat
Setelah itu, mulailah diskusi kelas untuk membuat daftar dan mengembangkan perilaku ideal yang Anda contohkan.

2. Biarkan Siswa membantu Memberikan Beberapa Aturan

Dorong semua murid untuk membantu Anda membangun ekspektasi dan aturan kelas, karena Anda akan menghasilkan lebih banyak dukungan daripada hanya memberi tahu mereka apa yang tidak boleh mereka lakukan.

Ini sangat penting untuk guru baru. Menjelang awal tahun ajaran atau selama hari pertama semester, mulailah diskusi dengan menanyakan siswa apa yang mereka yakini harus dan tidak boleh dilakukan dalam hal watak yang sesuai.

Pada poin apa ponsel baik-baik saja dan tidak baik? Apa tingkat kebisingan yang dapat diterima selama pelajaran?

Ini mungkin tampak seperti Anda sedang mempersiapkan diri untuk gagal, tetapi - tergantung pada jenis kelas Anda - Anda mungkin terkejut dengan ketatnya beberapa aturan yang diusulkan. Terlepas dari itu, berdiskusi harus mengarah pada harapan yang sama-sama dipahami dan dihormati untuk budaya kelasnya.

3. Buat Aturan Kelas Dalam bentuk buku

Jangan biarkan peraturan kelas sudah di sepkati ada yang terlupakan.

Mirip dengan membagikan silabus, mencetak dan mendistribusikan daftar aturan yang dihasilkan oleh diskusi kelas. Kemudian, periksa daftarnya bersama siswa Anda. Melakukan ini menekankan fakta bahwa Anda menghormati ide mereka dan berniat untuk mematuhinya. Dan ketika seorang siswa melanggar aturan, akan mudah bagi Anda untuk menunjukkan aturan yang telah di buat.

Jika Anda merasa kreatif, Anda dapat memasukkan daftar aturan dalam buku pegangan siswa dengan tanggal penting, acara dan informasi kurikulum.

4. Hindari menghukum kelas

Tangani masalah disiplin secara individu daripada menghukum seluruh murid dalam kelas, karena yang terakhir dapat merusak hubungan Anda dengan siswanya sedang mengerjakan tugas dan dengan demikian merusak upaya pengelolaan kelas lainnya.

Sebaliknya, panggil siswa tertentu dengan baik. Sebagai contoh:

“Apakah Anda memiliki pertanyaan?”, Bukan “Berhenti berbicara dan mengganggu siswa lain”
"Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk mennyimak pelajaran?", Bukan "Perhatikan dan berhenti main-main saat guru menjelaskan"
Pendekatan dasar ini akan memungkinkan guru untuk menjaga sikap ramah, sambil segera mengakui sikap yang tidak pantas.

5. Membangkitkan inisiatif

Berikanpemikiran yang berkembang , dan masukkan variasi ke dalam pelajaran Anda, dengan  memungkinkan pelajar untuk belajar lebih jauh dan menyampaikan presentasi singkat  untuk berbagi pelajaran yang bisa dibawa pulang. Hampir pasti, Anda akan memiliki beberapa pelajar yang bersemangat di kelas Anda. 

Guru bisa bertanya kepada siswa apakah mereka ingin maju dari waktu ke waktu. Misalnya, jika kita membaca bab tertentu dalam buku teks, usulkan agar siswa membaca bab berikut juga. Ketika mereka menyampaikan pelajaran mereka selanjutnya untuk melihat bab berikutnya, Anda mungkin menemukan bahwa siswa lain juga menginginkan lebih banyak pelajaran.

6. Berikan pujian

Puji anak didik untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, karena hal itu meningkatkan kinerja akademik dan perilaku , menurut kajian dan studi penelitian terbaru.


Jika itu tulus dan merujuk pada contoh spesifik upaya atau pencapaian, pujian dapat:

Menginspirasi kelas
Meningkatkan harga diri siswa
Perkuat aturan dan nilai yang ingin Anda lihat
Mungkin yang lebih penting, mendorong murid untuk mengulangi perilaku positif. Katakanlah seorang siswa mencontohkan keterampilan pemecahan masalah tingkat lanjut saat menangani masalah kata matematika . Memuji penggunaan taktik tertentu harus dilakukan untuk memastikan dia terus menggunakan taktik ini. Belum lagi, Anda akan memotivasi siswa lain untuk melakukan hal yang sama.

7. Gunakan komunikasi non-verbal ( Bahasa Tubuh )

Lengkapi kata-kata dengan tindakan dan alat peraga untuk meningkatkan penyampaian materi, membantu siswa fokus dan memproses pelajaran.

Banyak strategi dan teknik pengajaran yang dibedakan berakar pada metode komunikasi ini. Misalnya, menjalankan stasiun pembelajaran - bagian kelas terbagi tempat siswa berputar - memungkinkan Anda menyampaikan berbagai jenis pelajaran non-lisan. Ini termasuk video, infografis, dan objek fisik seperti menghitung koin. 

8. Mengadakan pesta

Adakan pesta kelas sesekali untuk menghargai kerja keras siswa, memotivasi mereka untuk terus melakukannya.

Meski hanya untuk 20 atau 30 menit, mereka harus senang dengan makanan ringan dan pilihan permainan kelompok untuk dimainkan. Perjelas bahwa Anda mengadakan pesta untuk memberi mereka penghargaan dan mereka bisa mendapatkan pesta di masa depan dengan menunjukkan perilaku ideal, secara kolektif mendapatkan nilai tinggi pada penilaian dan banyak lagi.

9. Berikan Hadiah

Hadiahi siswa tertentu di akhir setiap pelajaran, di depan kelas, sebagai teknik penguatan motivasi dan perilaku lainnya.

Katakanlah beberapa siswa secara aktif mendengarkan sepanjang pelajaran, menjawab pertanyaan dan mengajukan pertanyaan mereka sendiri. Sebelum kelas berakhir, berjalanlah ke meja mereka untuk memberi mereka kesempatan. Agar orang lain dapat belajar, nyatakan dengan lantang apa yang dilakukan setiap pelajar untuk mendapatkan kesempatan. 

10. Menyampaikan Kabar baik kepada orang tua

Buat siswa senang di dalam dan di luar kelas dengan mengejutkan orang tua mereka, melakukan panggilan telepon yang positif, dan mengirim surat gratis ke rumah.

Ketika kesempatan muncul, dari upaya akademis atau kemajuan perilaku, memberi tahu orang tua memiliki efek menetes ke bawah. Mereka umumnya akan memberi selamat kepada anak-anak mereka; anak-anak mereka kemungkinan besar akan datang ke kelas untuk mendapatkan lebih banyak umpan balik positif. Ini juga dapat memikat orang tua untuk lebih membantu dalam pembelajaran anak, membuka pintu ke pelajaran di rumah. Pelajaran semacam itu adalah elemen andalan dari pengajaran yang responsif secara budaya.

11. Bangun semangat untuk pelajaraan dan rencana pelajaran

Yang ini bekerja dengan baik tidak peduli tingkat kelasnya: sekolah dasar, sekolah menengah atau sekolah menengah atas. Mulailah pelajaran dengan melihat dulu bagian-bagian yang sangat menarik, yang menarik minat siswa sejak awal.

Saat bel berbunyi dan siswa menetap, ikuti jadwal hari itu untuk seluruh kelas. Ini bisa termasuk tugas kelompok, melibatkan sedikit materi dan hal lain untuk membangkitkan rasa ingin tahu. Misalnya, "Sepanjang hari, Anda akan belajar tentang .... :"

Cara berbicara seperti Anda adalah seorang guru (struktur kalimat)
Kesamaan yang dimiliki semua presiden Amerika Serikat (analisis sosial)
Tujuan dari teknik mengelolah kelas ini adalah untuk segera menarik minat siswa pada agenda Anda dan dengan demikian mencegah perilaku buruk.

12. Tawarkan jenis waktu belajar yang berbeda

Sediakan berbagai aktivitas selama waktu belajar bebas untuk menarik siswanya berjuang untuk memproses pelajaran dalam keheningan, secara individu.

Anda dapat melakukan ini dengan membagi kelas Anda menjadi aktivitas sendiri dan kelompok yang terbagi dengan jelas. Di bagian terpisah, pertimbangkan:

Menyediakan buku audio, yang dapat memutar materi yang relevan dengan pelajaran Anda
Menjaga ruang tenang yang ditentukan bagi anak didik untuk mencatat dan menyelesaikan pekerjaan
Membuat stasiun untuk permainan kelompok yang menantang   yang mengajarkan atau memperkuat keterampilan yang selaras dengan kurikulum
Mengizinkan siswa untuk bekerja dalam kelompok sambil mencatat dan menyelesaikan pekerjaan, jauh dari keadaan sepi
Dengan menjalankan kegiatan semacam ini, waktu belajar bebas akan mulai bermanfaat bagi peserta didik yang beragam. Ini harus berkontribusi pada keterlibatan kelas secara keseluruhan.

13. Beri nilai hanya dua untuk penilaian informal

Ingatlah saat Anda melihat huruf "F" besar dengan tinta merah pada pekerjaan Anda. Anda mungkin terlalu kesal untuk meninjau kesalahan dan umpan balik, dan begitu pula siswa Anda ketika mereka melihat hal yang sama.

Jadi, pertimbangkan untuk menghindari nilai standar pada penilaian informal dan formatif .

Sebaliknya, cukup nyatakan apakah seorang siswa memenuhi atau tidak memenuhi harapan. Kemudian, berikan murid yang kesulitan jalan yang jelas untuk meningkat. Misalnya, pasangkan teman sekelasnya tidak memenuhi harapan dengan mereka yang melakukannya, beri mereka ulasan dan aktivitas latihan. Ketika para pejuang yakin bahwa mereka memahami konsep-konsep kunci, dorong mereka untuk memberi tahu Anda. Berikan penilaian baru, yang memungkinkan mereka membuktikan kompetensi mereka.

14. Tanya jawab dengan siswa

Wawancarai peserta didik yang tidak terlibat secara akademis atau tidak menunjukkan perilaku prososial untuk mempelajari cara mengelolanya dengan lebih baik.

Saat menjalankan pembelajaran atau aktivitas kelompok besar, pikat setiap siswa ke samping selama beberapa menit. Bertanya tentang:

Apa yang membantu mereka fokus
Dengan siapa mereka bekerja dengan baik
Jenis pelajaran favorit mereka
Kegiatan favorit di kelas mereka
Jenis latihan apa yang membantu mereka mengingat poin pelajaran utama
Catat jawaban mereka untuk menghasilkan kegiatan dan pendekatan yang melibatkan mereka, sehingga membatasi gangguan kelas.

15. Atasi perilaku siswa buruk dengan cepat

Hindari keragu-raguan ketika Anda harus mengatasi perilaku buruk, terutama ketika seorang siswa melanggar aturan yang terdokumentasi.

Bertindak lebih cepat dari nanti akan membantu memastikan bahwa perasaan negatif - baik antara siswa atau Anda dan seorang siswa. Kegagalan bertindak dapat menghasilkan perilaku yang lebih buruk, yang mengarah ke keadaan yang lebih buruk lagi.

Namun perlu diingat: Biasanya yang terbaik adalah berbicara dengan siswa secara pribadi.Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa menghukum siswa di depan teman sebaya memiliki "nilai yang terbatas".

16. Pertimbangkan Tutor Sebaya

Kemudian yang terakhir tentang Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Baik yakni Gunakan  pengajaran dengan temannya  sebagai strategi manajemen kelas jika Anda merasa kinerja terbaik Anda dapat membantu melibatkan dan mendidik murid yang mengganggu dan kesulitan.

Kegiatan mengajar sebaya, seperti memasangkan siswa sebagai teman membaca, dapat  sangat bermanfaat bagi anak didik yang memiliki kepercayaan diri rendah dan keterampilan interpersonal yang buruk.

Penelitian otoritatif  menyatakan tutor meningkatkan harga diri dan keterampilan interpersonal dengan memberikan umpan balik. Peneliti menyadari manfaat ini dengan mengajukan pertanyaan dan menerima klarifikasi langsung. Sebuah  studi kemudian  siswa berisiko gema keunggulan ini. Meskipun Anda harus meluangkan waktu untuk mengajar tutor sebaya cara berkomunikasi yang benar dengan guru, kemungkinan besar Anda akan merasakan manfaatnya sepadan dengan pekerjaannya.

Itulah artikel kami tentang 16 Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Baik. Semoga dapat memberikan referensi tambahan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url