Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi

Gurupertama. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi. Dalam jenis pengajaran ini, guru menciptakan kesempatan bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pemikiran mereka tentang berbagai masalah. 

Berbeda dengan ceramah tradisional atau pembacaan buku teks, metode pembelajaran diskusi memungkinkan peserta untuk membangun ide satu sama lain sambil juga membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi

Metode Pembelajaran diskusi biasanya digunakan di kelas-kelas di mana terdapat banyak ide dan pendapat yang berbeda. Ini juga merupakan cara yang baik untuk memilah fakta dari mitos. Siswa dituntut untuk menggunakan keterampilan berpikir kritis ketika berpartisipasi dalam diskusi kelas. Mereka juga diharapkan menggunakan pengalaman pribadi mereka untuk mendiskusikan topik.

Pengertian Metode Pembelajaran Diskusi

Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa-siswadihadapkan kepada suatu masalah, yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama

Pembelajaran diskusi merupakan metode pengajaran dimana siswa diperbolehkan untuk saling berbicara tentang materi yang sedang dipelajarinya. Hal ini berbeda dengan metode pengajaran tradisional dimana guru adalah satu-satunya sumber informasi bagi siswa. Alih-alih mendengarkan guru, siswa diharapkan untuk saling mendengarkan dan berpartisipasi dalam diskusi kelas.

Baca Juga : Teknik Pembelajaran Menyimak di SD

Metode pembelajaran diskusi merupakan proses yang membantu siswa belajar secara interaktif. Ini melibatkan melibatkan peserta didik dalam diskusi tentang topik yang menarik, sehingga mereka dapat memahami dan mengingat informasi lebih efektif. 

Langkah-langkah Metode Pembelajaran Diskusi

Agar dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi berjalan dengan efektif, maka perlu dilakukan langkah-langkah melaksanakan metode diskusi sebagai berikut:

1) Langkah Persiapan

a) Merumuskan tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan yang bersifat umum maupun tujuan khusus.

b) Menentukan jenis diskusi yang dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

c) Menetapkan masalah yang akan dibahas.

d) Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan diskusi, misalnya ruang kelas dengan segala fasilitasnya, petugas-petugas diskusi seperti moderator, notulis dan tim perumus manakala diperlukan.

2) Pelaksanaan Diskusi

a) Memeriksa segala persiapan yang dianggap dapat memengaruhi kelancaran diskusi.

b) Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi, misalnya menyajikan tujuan yang ingin dicapai serta aturanaturan diskusi sesuai dengan jenis diskusi yang akan dilaksanakan.

c) Melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan. Dalam pelaksanaan diskusi hendaklah memerhatikan suasana atau iklim belajar yag menyenangkan, misalnya tidak tegang, tidak saling menyudutkan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Jenis Jenis Metode Pembelajaran Untuk Anak SD

d) Memberikan kesempatn yang sama kepada setiap peserta diskusi untuk mengeluarkan gagasan dan ide-idenya. 

e) Mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan yang sedang dibahas. Hal ini sangat penting, sebab tanpa pengendalian biasanya arah pembahasan menjadi melebar dan tidak fokus. 

3) Menutup Diskusi 

 Akhir dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi hendaklah dilakukan hal-hal sebagai berikut: 

a) Membuat pokok-pokok pembahasan sebagai kesimpulan sesuai dengan hasil diskusi. 

b) Mereview jalannya diskusi dengan meminta pendapat dari seluruh peserta diskusi sebagai umpan balik untuk perbaika selanjutnya

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi

Kelebihan Metode Pembelajaran Diskusi

Beberapa kelebihan dalam menggunakan metode diskusi diantaranya adalah sebagai berikut: 

1) Menyadarkan siswa bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan dan bukan satu jalan (satu jawaban saja). 

2) Menyadarkan siswa bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusn yang lebih baik. 

3) Membiasakan siswa untuk mendengarkan pendapat orang lain, sekalipun berbeda dengan pendapatnya sendiri dan membiasakan bersikap toleran. 

4) Membiasakan siswa untuk berpikir kritis dan mau mengungkapkan ide-ide kritisnya. 

Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi 

Dengan kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan diatas, dalam metode diskusi juga mempunyai kekurangan. Kekurangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: 

1) Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar. 

2) Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas. 

3) Apabila siswa tidak memahami konsep dasar permasalahan, maka diskusi tidak efektif. 

4) Hanya dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara. 

Baca Juga : 8 Keterampilan Dasar Mengajar Yang Mesti Dikuasai Guru

5) Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal. 

6) Alokasi waktu yang sulit karena banyak memakan waktu.

Ada Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi. Sementara metode diskusi memberi siswa kesempatan untuk berbagi pemikiran dan pendapat mereka tentang materi, itu bisa menjadi tantangan bagi beberapa siswa. 

Selain itu, beberapa siswa mungkin merasa sulit untuk mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian dan mungkin kurang belajar dari diskusi jika mereka merasa bahwa mereka tidak berpartisipasi.

Meskipun pembelajaran diskusi adalah metode pengajaran yang baik, itu tidak sempurna. Terkadang sulit bagi siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas. Guru juga kesulitan mengelola diskusi kelas. Namun, keuntungan menggunakan metode ini lebih besar daripada kerugiannya.

Manfaat Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi

Selain itu, metode diskusi membantu membangun keterampilan komunikasi yang kuat di antara siswa. Mereka juga dapat mengambil informasi baru lebih cepat dalam kasus ini.

Ada beberapa manfaat menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran IPA. Ini dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk belajar. Ini membantu untuk membuat subjek menarik dan mudah dimengerti. Ini juga membantu membangun keterampilan komunikasi yang kuat di antara siswa. Mereka juga dapat mengambil informasi baru lebih cepat dalam kasus ini.

Di sisi lain, diskusi bisa sangat menantang bagi beberapa siswa. Beberapa siswa merasa sulit untuk berbagi ide mereka, dan mungkin merasa terintimidasi oleh kelompok yang lebih besar. Selain itu, beberapa siswa mungkin merasa sulit untuk mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian dan mungkin kurang belajar dari diskusi jika mereka merasa bahwa mereka tidak berpartisipasi.

Ada banyak manfaat metode diskusi dalam pembelajaran IPA. Pertama, ini membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik saat mereka mendiskusikan dan memperdebatkannya. Kedua, jenis metodologi pengajaran ini melibatkan siswa dengan cara yang membuat mereka ingin belajar lebih banyak tentang topik yang ada. 

Akhirnya, ketika mendiskusikan teori-teori ilmiah dengan orang lain, seringkali lebih mudah bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman konsep-konsep yang kompleks jika mereka dapat melihat konsep-konsep tersebut dipraktikkan.

Ada beberapa kemungkinan manfaat menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran IPA. Salah satu manfaat utama adalah membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik. Ini juga membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, metode diskusi membantu membangun pemahaman yang lebih baik tentang subjek.

Menurut berbagai penelitian, telah ditemukan bahwa siswa yang belajar melalui metode diskusi adalah pemahaman yang lebih baik daripada mereka yang belajar melalui metode lain. Hal ini karena metode diskusi membantu untuk memecah subjek menjadi bagian-bagian kecil dan memudahkan siswa untuk menyimpan informasi.

Kesimpulan

Pada akhirnya, efektivitas metode pendidikan apapun tergantung pada motivasi dan kemampuan siswa. diskusi tidak terkecuali. Jika seorang siswa termotivasi untuk belajar dan mampu berpartisipasi dalam diskusi dengan hormat, maka diskusi dapat menjadi sangat efektif dalam memfasilitasi pembelajaran. 

Sebaliknya, jika seorang siswa tidak termotivasi untuk belajar, atau tidak dapat berpartisipasi dalam diskusi dengan hormat, maka diskusi mungkin terbatas atau tidak berdampak pada pembelajaran mereka.

Ketika seorang siswa termotivasi untuk belajar, diskusi adalah cara terbaik untuk belajar. Metodologi diskusi memberi siswa kesempatan untuk berbagi pemikiran, pendapat, dan pemikiran mereka tentang materi. Ini juga membantu siswa untuk memproses informasi dan membuat hubungan antara apa yang telah mereka pelajari sejauh ini dan apa yang sedang mereka diskusikan.

Ada banyak metode pembelajaran yang tersedia untuk siswa dan guru. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, yang mungkin sulit untuk dinilai tanpa pengalaman menggunakan metode yang bersangkutan. 

Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan pembaca pada Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi, dan menawarkan beberapa saran untuk memilih metode yang sesuai untuk tugas atau mata pelajaran tertentu.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi"