Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah

Gurupertama. Pada artikel ini admin akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah. Metode ceramah adalah teknik pengajaran populer yang telah ada selama berabad-abad. Ini melibatkan penyajian informasi secara terbuka dan dapat diakses, biasanya melalui ceramah atau pembicaraan. 

Keuntungan utama dari pendekatan ini adalah memungkinkan siswa untuk belajar tentang topik dengan cara yang lebih komprehensif daripada jika mereka hanya membaca tentang topik tersebut. 

Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah

Selain itu, guru dapat membahas materi yang kompleks dengan cepat tanpa membebani siswa dengan detail yang membosankan. Belajar juga memungkinkan instruktur untuk berbagi pkamungan pribadi mereka tentang mata pelajaran tertentu, yang dapat menjadi alat pembelajaran yang berharga bagi siswa.

Metode ceramah ini termasuk metode yang paling banyak digunakan digunakan karena biaya murah dan mudah dilakukan, memungkinkan banyak materi yang disampaikan, adannya kesempatan bagi guru untuk menekankan bagian yang penting, dan pengaturan kelas dapat dilakukan secara sederhana

Pengertian metode ceramah 

Metode pembelajaran ceramah memungkinkan siswa untuk fokus pada informasi yang disajikan. Metode pembelajaran ceramah memungkinkan siswa untuk mempertahankan informasi yang dipelajari lebih efektif daripada metode lain. 

Pembelajaran ceramah juga mendorong berpikir kritis. Semakin kritis siswa terhadap informasi yang disajikan, semakin efektif mereka mengingat informasi tersebut.

Metode ceramah adalah cara mengajar tradisional yang digunakan di masa lalu. Ini adalah metode yang sangat umum digunakan di sekolah dan universitas untuk mengajarkan informasi baru kepada siswa. Saat ini, metode ceramah sering digunakan untuk mengajar mata pelajaran non-tradisional seperti pemrograman komputer, matematika, dan fisika. 

Manfaat menggunakan metode ceramah untuk mempelajari informasi baru adalah lugas, efisien, dan dapat disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing siswa. Kelemahan metode ceramah adalah dapat membosankan, sulit diikuti, dan sulit mencatat.

Langkah Langkah dalam pembelajaran metode ceramah

Langkah – langkah pembelajaran metode ceramah dapat dituliskan sebagai berikut :

1). Tahap Persiapan

a) Merumuskan tujuan yang ingin dicapai.

b) Menentukan pokok – pokok materi yang akan diceramahkan

c) Mempersiapkan alat bantu.

2) Tahap Pelaksanaan

a) Pembukaan :  merupakan langkah yang menentukan keberhasilan pelaksanaan metode ini.

b) Penyajian : tahap penyampaian materi pembelajaran dengan cara bertutur agar ceramah berkualitas sebagai metode pembelajaran maka guru harus menjaga perhatian siswa agar tetap terarah pada materi pembelajaran yang sedang disampaikan.

Baca Juga : 8 Keterampilan Dasar Mengajar Yang Mesti Dikuasai Guru

c) Penutupan : ceramah harus ditutup dengan pokok – pokok materi agar materi pelajaran yang sudah dipahami dan dikuasai siswa tidak terbang kembali. Ciptakan kegiatan – kegiatan yang memungkinkan siswa tetap mengingat materi pelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan metode ceramah

Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah memiliki Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah. kelebihan dan kekurangannya akan admin uraikan di bawah ini :

Adapun Kelebihan-kelebihan dari metode ceramah: 

1. Praktis dari sisi persiapan 

2. Efisien dari sisi waktu dan biaya. 

3. Dapat menyampaikan materi yang banyak 

4. Mendorong guru untuk menguasai materi 

5. Lebih mudah mengontrol kelas 

6. Peserta didik tidak perlu persiapan 

7. Peserta didik langsung menerima ilmu pengetahuan.

Metode berceramah mempunyai keunggulan pula seperti yang kita lihat bahwa guru akan lebih mudah mengawasi ketertiban siswa dalam mendengarkan pelajaran, disebabkan mereka melakukan kegiatan yang sama.

Baca Juga : Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar 

Ada beberapa keuntungan menggunakan gaya ceramah untuk belajar. Salah satu keunggulannya adalah efektif dalam memotivasi siswa. Keuntungan lain adalah kenyataan bahwa sangat mudah untuk mengontrol kecepatan kuliah. Akhirnya, gaya ceramah sangat membantu dalam mengajarkan konsep-konsep yang sulit secara ringkas.

Kekurangan metode ceramah.

Adapun Kelemahan model ceramah yaitu :

1. Guru lebih aktif sedangkan murid pasif karena perhatian hanya terpusat pada guru 

2. Siswa seakan diharuskan mengikuti segala apa yang disampaikan oleh guru, meskipun murid ada yang bersifat kritis karena guru dianggap selalu benar 

3. Siswa akan lebih bosan dan merasa mengantuk, karena dalam metode ini, hanya guru yang aktif dalam proses belajar mengajar, sedangkan para peserta didik hanya duduk diam mendengarkan penjalasan yang telah diberikan oleh guru.

Mengapa harus menggunakan metode ceramah

Ceramah dapat menjadi alat yang sangat membantu ketika mempelajari mata pelajaran baru. Mereka dapat membantu orang untuk mempelajari informasi dengan cara yang terstruktur dan terorganisir. Saat menggunakan kuliah, orang dapat mengambil informasi penting dengan cara yang berarti. kuliah dapat digunakan untuk matematika dengan cara yang persis sama seperti yang dapat digunakan untuk mata pelajaran lain.

Baca Juga : 16 Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Baik

Metode ceramah adalah cara yang sangat berguna untuk mempelajari mata pelajaran baru. Ini adalah cara belajar yang sangat terorganisir, yang memudahkan orang untuk memahami informasi. Saat menggunakan ceramah, penting untuk memperhatikan guru. Jika seseorang tidak memperhatikan, mereka tidak akan bisa belajar apa-apa.

Saya menggunakan metode ceramah untuk mempelajari informasi baru. Menurut saya metode ceramah sangat efisien dan lugas. Informasinya mudah diikuti, dan saya dapat membuat catatan tanpa kesulitan. Kelemahan utama dari metode ceramah adalah mungkin sulit untuk memperhatikan seluruh kuliah, dan mungkin sulit untuk mengingat informasi setelah kuliah.

Ceramah adalah cara yang efektif bagi siswa untuk belajar. Namun, siswa harus siap untuk tantangan potensial, dan harus menggunakan ceramah di moderasi.

Demikianlah artikel admin tentang Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah. semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah"