Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia

Gurupertama. Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia. Bayangkan jika setiap hari Anda pergi ke sekolah hanya selama 5 jam, tanpa tugas sekolah dan tanpa tes yang sering menghantui tidur nyenyak Anda. Namun, ini semua hanya fantasi jika kita bersekolah di Indonesia. Sekolah dari jam 7 pagi sampai 12:45, banyak pekerjaan rumah, dan tes menunggu, benar-benar murid Indonesia sangat dipaksakan.

Namun faktanya dengan sistem pendidikan seperti ini, tidak menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pendidikan terbaik. Di sisi lain, ada satu negara di dunia yang hanya memiliki 5 jam pelajaran / hari, tanpa tugas sekolah dan tes dan bahkan diakui sebagai negara dengan pendidikan terbaik dan negara tersebut adalah Finlandia.

Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa finlandia mungkin dengan hanya 5 jam pelajaran sehari, tanpa tugas sekolah dan tes dapat mencapai status negara dengan pendidikan terbaik? Kali ini kami akan mencoba mengupas alasannya.

Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia

Di bawah ini admin uraikan 7 alasan Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia

1. Anak-anak di Finlandia mulai bersekolah pada usia 7 tahun

Peraturan di negara Finland menetapkan bahwa usia anak-anak yang harus memasuki persekolahan adalah 7 tahun. Apakah itu terlalu tua? Tidak karena hal ini bukan tanpa alasan. Finland lebih mempertimbangkan kesiapan mental anak-anak ketika memasuki dunia persekolahan. 

Sedangkan di Indonesia, ayah danibu yang memiliki anak berusia 4 atau 5 tahun akan mulai sibuk dan risau mencari TK untuk anaknya karena dia takut anaknya nanti akan ketinggalan dengan anak-anak yang lain.

Baca Juga : 8 Keterampilan Dasar Mengajar Yang Mesti Dikuasai Guru

Pemikiran memasukkan anak untuk bersekolah lebih awal memang tidak sepenuhnya salah. Tetapi ini menimbulkan kerisauan kalau nanti si anak bosan bersekolah karena dari usia 4 atau 5 tahun sudah mula bersekolah dan anak seperti dipaksa untuk belajar oleh orangtua.

Berbeda dengan anak-anak Finlandia, meskipun mereka mulai sekolah "perlahan" tetapi tidak membuat mereka melewatkan pelajaran apa pun. Bahkan, mereka sangat kreatif dalam menciptakan cara belajar mereka sendiri dan mampu menemukan pemecah masalah mereka sendiri yang telah terbukti dari tes International Programme for International Student Assesment (PISA).

2. 45 menit belajar = 15 menit Istirahat

Siswa diberikan waktu istirahat setiap akhir sesi pembelajaran di kelas

Siswa Finlandia tidak didorong untuk terus-menerus belajar tanpa henti, mereka mendapatkan istirahat 15 menit setiap 45 menit belajar. Mereka percaya istirahat yang cukup akan dapat menyerap pelajaran dengan lebih baik dan membantu anak lebih fokus.

Sedangkan di Indonesia, siswa cenderung "dipaksa" untuk duduk berjam-jam duduk untuk belajar baik di sekolah maupun di rumah. Mereka dituntut untuk cepat menguasai pelajaran dan akibatnya anak-anak ini kehilangan waktu bermain yang sebenarnya sangat penting untuk pengembangan kreativitas mereka.

3. Pendidikan di Finlandia gratis

Finlandia tidak tahu mana yang disebut "sekolah terbaik" karena semua sekolah di negara ini memiliki kualitas yang sama . Orang tua tidak perlu "pusing" memikirkan biaya sekolah karena pendidikan di Finlandia gratis! Bukan hanya biaya pendidikannya yang gratis bahkan sampai ke makanan, transportasi untuk membayar tes kesehatan gratis! Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah bahwa, sekolah swasta di Finlandia diawasi secara ketat agar tidak menempatkan biaya sekolah mereka yang mahal setinggi langit.

Di Indonesia, sekolah pemerintah sudah gratis tetapi tidak dengan biaya lain seperti transportasi dan makan siang. Ditambah lagi kualitas sekolah di Indonesia belum sama sehingga anak-anak harus berjuang lebih keras untuk masuk ke sekolah terbaik. Ingin menempatkan anak di sekolah swasta? Bersiaplah untuk biaya setinggi langit.

4. Kualitas guru sangat penuh perhatian

Mendapatkan gelar Master dan menjadi 10 siswa terbaik dari universitas terbaik adalah persyaratan untuk menjadi guru di Finlandia. Namun yang membuat guru tersebut menjadi salah satu pekerjaan terbaik di Finlandia adalah gaji yang tinggi dan banyak fasilitas yang menunggu. 

Pemerintah Finlandia menyadari bahwa kesejahteraan guru sama pentingnya dengan keberhasilan seorang murid sehingga mereka sangat memperhatikan hal ini. Para siswa di sekolah tersebut juga mendapat banyak perhatian di kelasnya karena 1 guru hanya untuk 12 siswa.

Dibandingkan dengan kesejahteraan guru kita sangat bervariasi. Tidak semua guru mendapatkan gaji yang layak dan fasilitas yang cukup. Di kelas bahkan lebih dari 20 siswa harus diperhatikan oleh 1 guru. Semoga kedepannya pemerintah lebih sadar akan fakta yang satu ini dan mulai serius memperhatikan kesejahteraan guru.

5. Tidak ada ujian di Finlandia

Guru-guru di Finland memiliki standard yang sangat tinggi maka evaluasi pembelajaran pelajar sepenuhnya ada di tangan guru mereka. Pemerintah Finland menganggap, guru-lah yang tahu 100% kemampuan seorang pelajar. 

Hal ini sangat menguntungkan semua pelajar karena pada dasarnya tidak semua pelajar memiliki potensi yang sama ada yang berbakat di bidang ilmu alam, ilmu sosial dan seni. Sistem pendidikan yang fleksibel inilah yang membuat Finland mendapat anugerah dalam sistem pendidikan terbaik di dunia.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Sistem pendidikan di negara kita masih mementingkan Ujian atau peperiksaan di sekolah. Kementrian masih berfikir satu-satu cara untuk mengukur keberhasilan pelajar adalah dengan ujian yang telah di tetapkan. Tetapi mereka tidak menilai pelajar dari sudut lain, padahal tidak semua pelajar boleh "score" dalam akedemik tetapi itu bukan bermaksud mereka gagal dalam bidang lain. Semoga Sistem pendidikan di kita diperhalusi lagi.

6. Sekolah hanya 4-5 jam/ hari

Masa belajar atau persekolahan yang singkat di finland

Pelajar-pelajar sekolah rendah di Finland hanya menghabiskan waktu 4-5 jam/ hari di sekolah! Mereka tidak menghabiskan setengah hari di sekolah untuk belajar. Sedangkan untuk sekolah menengah jam persekolah mereka sama dengan pelajar universiti jadi mereka hanya datang pada jam mata pelajaran yang mereka pilih sahaja. Dengan jam sekolah yang singkat ini justru membuatkan tingkat efektif dan produktif pelajar semakin tinggi.

7. Tidak ada sistem ranking di sekolah

Tidak ada sistem peringkat sekolah di Finlandia. semua sekolah memiliki standar yang sama

Sekolah-sekolah di Finlandia tidak mengakui keberadaan sistem peringkat. Mereka ingin semua siswa diperlakukan sama, tidak ada siswa yang dicap "pintar" atau "bodoh". Para siswa tidak hanya berinteraksi dengan teman sekelas mereka, mereka juga bertemu teman sekelas lainnya di kelas campuran.

Dan kembali ke Indonesia mendapatkan peringkat 1, 2 dan 3 sangat bagus. Bahkan peringkat tersebut tampaknya menjadi sesuatu yang selalu dibanggakan oleh orang tua mereka. Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia

Kesimpulan

Nah, dari fakta-fakta di atas semoga Pemerintah kita dapat belajar dan mulai menerapkan sistem pendidikan yang lebih baik bagi siswa dan guru itu sendiri. Majukan pendidikan Indonesia!

Demikianlah artikel admin tentang Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia. Semoga bisa bermanfaat, trimah kasih

Posting Komentar untuk "Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia"