Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Download Buku Tunas Pancasila

Download Buku Tunas Pancasila merupakan buku terbitan dari Direktorat Sekolah Dasar

Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
 
Buku Tunas Pancasila

Adapun tim yang tergabung dalampenerbitan Buku Tunas Pancasila yaitu Pengarah: Direktur Sekolah Dasar oleh Sri Wahyuningsih.  Penulis oleh Daniel Zuchron dan Penyusun:
1. Anton Leonard SP
2. Deni Gunawan
3. Edi Rahmat Widodo
4. Esti Purnawinarni

Tentang Buku Tunas Pancasila

Pancasila merupakan perjanjian luhur para pendiri bangsa Indonesia. Dia menjadi bagian yang tidak terpisah dengan kehidupan bangsa Indonesia. Bagaimana nilai-nilai yang tercermin dari sila- sila Pancasila dapat kita jumpai dalam segenap kehidupan bangsa Indonesia. 

Saya ingin mengutip apa yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa “Pancasila tak kurang dan tak lebih menunjukkan sifat keluhuran serta kehalusan budi bangsa kita, menggambarkan dengan singkat, namun jelas, apa yang hidup di dalam jiwa bangsa kita. 

Pancasila menjelaskan serta menegaskan corak warna atau watak rakyat kita sebagai bangsa: bangsa yang beradab, bangsa yang berkebudayaan, bangsa yang menginsyafi keluhuran dan kehalusan hidup manusia, serta sanggup menyesuaikan hidup kebangsaannya dengan dasar peri kemanusiaan yang universal, meliputi seluruh alam kemanusiaan ciptaan Tuhan”. 

Bagaimana menjaga dan menanamkan terus- menerus nilai-nilai Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisah dari dunia pendidikan di Indonesia. Anak-anak kita harus menemukan Pancasila sebagai ajaran yang hidup dalam lingkungan pendidikan mereka. 

Bahwa Pancasila adalah kebaikan yang terasa yang tidak hanya menjadi hafalan semata, namun tertanam kuat dalam jiwa dan sanubari mereka. Sehingga mereka akan menjadi jiwa yang kuat dalam menempuh jaman yang mungkin kita tidak akan menjumpainya sekarang. 

Hal inilah yang menjadi misi utama dunia pendidikan kita, mempersiapkan manusia Indonesia yang seutuhnya. Bagaimana Pancasila menjadi pedoman untuk mempersiapkan manusia Indonesia yang seutuhnya tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila. 

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Meskipun disadari menanamkan pengertian atas Pelajar Pancasila bukanlah tugas yang mudah, namun saya yakin dunia pendidikan kita sedang menuju ke sana. 

Tujuan Penerbitan Buku Tunas Pancasila

Tujuan Penerbitan Buku Tunas Pancasila oleh Direktorat Sekolah Dasar dapat menjadi salah satu ikhtiar untuk menanamkan pengertian-pengertian yang terkait Pancasila. Tunas Pancasila sebagai predikat yang disematkan kepada anak-anak sekolah dasar merupakan terobosan Kemendikbud Ristek untuk menyemai nilai-nilai Pancasila sejak dini. 

Sehingga pada jenjang pendidikan berikutnya Pancasila akan bersemayam dalam sanubari anak- anak kita sebagai kebaikan yang hidup terus menerus dan melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa Indonesia. Terima kasih. 

Download Buku Tunas Pancasila

Apabila ingin mendapatkan buku ini dapat mendownloadnya pada link yang admin sediakan di bawah ini :

Demikianlah artikel admin yang admin bagikan yaitu Buku Tunas Pancasila. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Download Buku Tunas Pancasila"