Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh

Gurupertama. Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh. Belajar Jarak Jauh merupakan pola pendidikan dimana guru akan memberikan pendidikan kepada siswa yang tidak berada di lokasi yang sama. Biasanya, guru dan siswa akan berkomunikasi menggunakan alat komunikasi secara bersamaan di tempat yang berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh

Sistem Belajar Jarak Jauh sangat populer di kalangan orang dewasa yang bekerja yang ingin mendapatkan kualifikasi tinggi. Universitas Indonesia adalah universitas pertama yang menawarkan kursus pembelajaran jarak jauh pada tahun 1970-an. Saat ini, banyak perguruan tinggi lain seperti UGM, ITB dan UMB menawarkan mata kuliah Belajar Jarak Jauh  bagi mereka yang ingin memperoleh kualifikasi tinggi selama bekerja.

Kelebihan dan kekurangan belajar jarak jauh

Biasanya dosen akan menyalurkan bahan bacaan dalam bentuk cetak dan non cetak. Saat ini, sistem Belajar Jarak Jauh dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi canggih dan media massa seperti skype, google classroom dan zoom. Dengan ini, dosen dapat menghasilkan bahan bacaan dengan mudah dan menarik.

Adapun kelebihan dan kekurangan belajar jarak jauh sebagai berikut

Kelebihan Belajar Jarak Jauh

Belajar Jarak Jauh Ada beberapa keuntungan dari pembelajaran jarak jauh Indonesia untuk tingkat diploma dan gelar. Barikut merupakan contoh keunggulan sistem PJJ.

1. Memberikan Kesempatan kepada Siswa

Sistem pendidikan ini memberikan kesempatan kedua untuk mereka untuk melanjutkan kuliah mereka di tingkat diploma dan gelar. Melalui sistem belajar jarak jauh, semua warga Indonesia yang memenuhi syarat dapat melanjutkan kuliah mereka di berbagai bidang tanpa memandang usia.

Baca Juga : Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia 

Bagi mereka yang tidak punya waktu untuk melanjutkan studi mereka di usia muda, adalah mungkin untuk mengambil kesempatan untuk mendapatkan kualifikasi yang diinginkan. Dengan ini, semua kelompok dapat meningkatkan kualifikasi mereka dengan memperoleh gelar atau diploma di bidang tertentu.

2. Untuk menghasilkan tenaga kerja terampil

Diperlukan pengembangan berbagai industri di negara kita. Dengan demikian, melalui sistem pendidikan jarak jauh, banyak profesional di sektor-sektor seperti bisnis, teknologi dan informasi dan sains dapat lahir. Ini membantu memenuhi permintaan pasar di sektor swasta dan publik.

3. Menghemat biaya

Studi bagi mahasiswa yang belajar di universitas sangat tinggi dibandingkan dengan mereka yang melanjutkan kuliah melalui Belajar jarak jauh. Biasanya, siswa yang tinggal di universitas harus membayar biaya tambahan seperti biaya sewa perguruan tinggi.

Sedangkan, mahasiswa yang mengambil mata kuliah pendidikan jarak jauh hanya bisa belajar dari rumah. Selain itu, siswa yang mengambil kursus ini biasanya bekerja dan mampu menutupi biaya belajar tidak seperti siswa biasa di universitas yang jarang punya waktu untuk bekerja. Karena itu, biaya mata kuliah PJJ dinilai lebih ekonomis.

4. Pembelajaran yang Lebih Fleksibel

Di antara keuntungan menarik dari sistem pendidikan jarak jauh adalah bahwa siswa memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk memilih waktu dan cara belajar. Olehnya itu, siswa bebas merencanakan pembelajaran tanpa mengganggu jam kerja atau rutinitas sehari-hari.

5. Mendorong Mahasiswa untuk Berpikir Kreatif Dan Kritis

Sistem PJJ memungkinkan mahasiswa untuk belajar sendiri tanpa bergantung pada dosen dan dosen. Melalui PJJ, dosen hanya memberikan bimbingan dan bimbingan dari waktu ke waktu.

Olehnya itu, mahasiswa yang perlu melakukan inisiatif untuk mencari informasi, merujuk dan belajar secara pribadi. Hal ini membuat mereka berpikir lebih kreatif dan kritis untuk memecahkan suatu masalah tanpa bergantung pada orang lain.

Kekurangan Belajar Jarak Jauh

Berikut ini adalah beberapa kelemahan dalam melanjutkan sekolah melalui sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia.

1. Interaksi Terbatas

Biasanya dosen hanya akan menghadapi mahasiswa pada waktu tertentu. Oleh karena itu, peran dosen untuk menyampaikan pelajaran akan semakin menantang. Itulah sebabnya pembelajaran menggunakan komunikasi "tatap muka" yang dilakukan di universitas masih dinilai lebih efektif bagi mahasiswa.

Selain itu, siswa melalui kursus PJJ memiliki interaksi yang minimal dengan mitra perguruan tinggi dan akan menyulitkan untuk saling berbagi ide. Jadi, mahasiswa yang perlu melakukan upaya lebih untuk mencari teman kuliah agar bisa berkomunikasi dan belajar bersama.

2. Perlu Melakukan Persiapan Diri 

Tidak mudah untuk belajar sendiri tanpa bergantung pada bantuan dosen dan dosen. Namun, jika melanjutkan studi jarak jauh, mahasiswa harus menjadi lebih mandiri dan disiplin untuk menyelesaikan studinya.

Baca Juga : Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, dan Apa Pentingnya

Dosen hanya akan menyampaikan materi kuliah bahkan mahasiswa yang perlu merencanakan jadwal belajar dan mencari informasi lebih lanjut untuk dipelajari. Tanpa persiapan yang matang, cukup sulit bagi mahasiswa untuk lulus.

3. Waktu

Sebagian besar siswa memilih sistem studi ini biasanya sudah keluarga atau bekerja, dan oleh karena itu mereka harus berurusan dengan hal-hal lain selain belajar. Ini mungkin menjadi hambatan bagi mahasiswa yang memiliki komitmen tinggi.

Jadi, siswa perlu merencanakan waktu dengan hati-hati untuk belajar, bekerja, dan keluarga. Karena itu, waktu untuk belajar mungkin menjadi terbatas.

Semoga artikel ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh bermanfaat bagi Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url