Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh

Gurupertama. Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh. Belajar Jarak Jauh merupakan pola pendidikan dimana guru akan memberikan pendidikan kepada siswa yang tidak berada di lokasi yang sama. Biasanya, guru dan siswa akan berkomunikasi menggunakan alat komunikasi secara bersamaan di tempat yang berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh

Sistem Belajar Jarak Jauh sangat populer di kalangan orang dewasa yang bekerja yang ingin mendapatkan kualifikasi tinggi. Universitas Indonesia adalah universitas pertama yang menawarkan kursus pembelajaran jarak jauh pada tahun 1970-an. Saat ini, banyak perguruan tinggi lain seperti UGM, ITB dan UMB menawarkan mata kuliah Belajar Jarak Jauh  bagi mereka yang ingin memperoleh kualifikasi tinggi selama bekerja.

Pembelajaran jarak jauh adalah bentuk pendidikan yang populer dan efektif. Ini memungkinkan siswa untuk belajar dari rumah mereka dengan belajar online. Sistem belajar jarak jauh adalah jenis pendidikan yang memungkinkan siswa untuk mengambil kursus di rumah atau di tempat kerja mereka. Mereka dapat belajar tanpa harus hadir secara fisik di lingkungan sekolah

Pembelajaran jarak jauh adalah bentuk pendidikan yang populer dan efektif. Ini memungkinkan siswa untuk belajar dari rumah mereka dengan belajar online. Inilah alasan mengapa itu telah menjadi pilihan utama bagi banyak siswa di dunia saat ini..

Adapun kelebihan dan kekurangan belajar jarak jauh sebagai berikut

Kelebihan Belajar Jarak Jauh

Keuntungan pembelajaran jarak jauh adalah lebih nyaman bagi siswa, memungkinkan mereka belajar dengan kecepatan mereka sendiri, dan menyediakan penjadwalan yang lebih fleksibel. Pembelajaran jarak jauh juga memungkinkan siswa untuk memilih dari berbagai kursus tanpa harus khawatir menyesuaikan dengan jadwal tertentu. 

Belajar Jarak Jauh Ada beberapa keuntungan dari pembelajaran jarak jauh Indonesia untuk tingkat diploma dan gelar. Berikut ini admin akan menguraikan secara terperinci kelebihan atau keuntungan belajar jarak jauh sebagai berikut:

1. Melatih kemandirian

Keuntungan utama pembelajaran jarak jauh adalah memungkinkan untuk berlatih mandiri. Artinya, Anda dapat belajar kapan saja dan di mana saja, selama Anda memiliki akses ke komputer dan koneksi internet. Pembelajaran jarak jauh juga memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan bergerak dengan kecepatan mereka sendiri untuk memastikan mereka memahami semua topik sebelum melanjutkan ke topik berikutnya.

2. Memberikan Kesempatan kepada Siswa

Sistem pendidikan ini memberikan kesempatan kedua untuk mereka untuk melanjutkan kuliah mereka di tingkat diploma dan gelar. Melalui sistem belajar jarak jauh, semua warga Indonesia yang memenuhi syarat dapat melanjutkan kuliah mereka di berbagai bidang tanpa memandang usia.

Baca Juga : Kenapa Finlandia Menjadi Pendidikan Terbaik di Dunia 

Bagi mereka yang tidak punya waktu untuk melanjutkan studi mereka di usia muda, adalah mungkin untuk mengambil kesempatan untuk mendapatkan kualifikasi yang diinginkan. Dengan ini, semua kelompok dapat meningkatkan kualifikasi mereka dengan memperoleh gelar atau diploma di bidang tertentu.

3. Menghemat biaya

Studi bagi mahasiswa yang belajar di universitas sangat tinggi dibandingkan dengan mereka yang melanjutkan kuliah melalui Belajar jarak jauh. Biasanya, siswa yang tinggal di universitas harus membayar biaya tambahan seperti biaya sewa perguruan tinggi.

Sedangkan, mahasiswa yang mengambil mata kuliah pendidikan jarak jauh hanya bisa belajar dari rumah. Selain itu, siswa yang mengambil kursus ini biasanya bekerja dan mampu menutupi biaya belajar tidak seperti siswa biasa di universitas yang jarang punya waktu untuk bekerja. Karena itu, biaya mata kuliah PJJ dinilai lebih ekonomis.

4. Pembelajaran yang Lebih Fleksibel

Di antara keuntungan menarik dari sistem pendidikan jarak jauh adalah bahwa siswa memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk memilih waktu dan cara belajar. Olehnya itu, siswa bebas merencanakan pembelajaran tanpa mengganggu jam kerja atau rutinitas sehari-hari. 

Pelajar jarak jauh juga memiliki keuntungan untuk menyelesaikan tugas mereka kapan saja di siang hari yang berarti bahwa mereka tidak perlu khawatir bangun pagi atau lembur untuk menyelesaikan pekerjaan mereka seperti yang dilakukan siswa lain

5. Mendorong Mahasiswa untuk Berpikir Kreatif Dan Kritis

Sistem PJJ memungkinkan mahasiswa untuk belajar sendiri tanpa bergantung pada dosen dan dosen. Melalui PJJ, dosen hanya memberikan bimbingan dan bimbingan dari waktu ke waktu.

Olehnya itu, mahasiswa yang perlu melakukan inisiatif untuk mencari informasi, merujuk dan belajar secara pribadi. Hal ini membuat mereka berpikir lebih kreatif dan kritis untuk memecahkan suatu masalah tanpa bergantung pada orang lain.

Kekurangan Belajar Jarak Jauh

Kerugian dari pembelajaran jarak jauh adalah tidak seefektif pengajaran tatap muka tradisional, mungkin ada materi kursus yang berkualitas lebih rendah atau ketinggalan jaman, dan siswa mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk belajar sendiri. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dalam melanjutkan sekolah melalui sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia.

1. Interaksi Terbatas

Biasanya dosen hanya akan menghadapi mahasiswa pada waktu tertentu. Oleh karena itu, peran dosen untuk menyampaikan pelajaran akan semakin menantang. Itulah sebabnya pembelajaran menggunakan komunikasi "tatap muka" yang dilakukan di universitas masih dinilai lebih efektif bagi mahasiswa.

Selain itu, siswa melalui kursus PJJ memiliki interaksi yang minimal dengan mitra perguruan tinggi dan akan menyulitkan untuk saling berbagi ide. Jadi, mahasiswa yang perlu melakukan upaya lebih untuk mencari teman kuliah agar bisa berkomunikasi dan belajar bersama.

2. Perlu Melakukan Persiapan Diri 

Tidak mudah untuk belajar sendiri tanpa bergantung pada bantuan dosen dan dosen. Namun, jika melanjutkan studi jarak jauh, mahasiswa harus menjadi lebih mandiri dan disiplin untuk menyelesaikan studinya.

Baca Juga : Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, dan Apa Pentingnya

Dosen hanya akan menyampaikan materi kuliah bahkan mahasiswa yang perlu merencanakan jadwal belajar dan mencari informasi lebih lanjut untuk dipelajari. Tanpa persiapan yang matang, cukup sulit bagi mahasiswa untuk lulus.

3. Waktu

Sebagian besar siswa memilih sistem studi ini biasanya sudah keluarga atau bekerja, dan oleh karena itu mereka harus berurusan dengan hal-hal lain selain belajar. Ini mungkin menjadi hambatan bagi mahasiswa yang memiliki komitmen tinggi. Jadi, siswa perlu merencanakan waktu dengan hati-hati untuk belajar, bekerja, dan keluarga. Karena itu, waktu untuk belajar mungkin menjadi terbatas.

4. Jaringan yang tidak stabil

Pembelajaran jarak jauh memiliki banyak keuntungan, tetapi juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan pembelajaran jarak jauh adalah jika koneksi internet menjadi tidak stabil maka mahasiswa tidak dapat mengakses tugas kuliahnya. 

Ini bisa menjadi kerugian besar bagi siswa yang memiliki koneksi internet yang tidak stabil di rumah, atau yang harus menggunakan koneksi internet publik untuk mengakses tugas kuliah mereka. Dan akhirnya akan menyebabkan terganggunya materi pelajarannya.

5. Minimnya Pengawasan dalam Belajar

Salah satu kelemahan utama pembelajaran jarak jauh adalah kurangnya pengawasan dalam proses pembelajaran. Pelajar jarak jauh sering dibiarkan menggunakan perangkat mereka sendiri, yang dapat menyebabkan kinerja yang buruk dan menghasilkan nilai yang rendah.

6. Pemahaman materi kurang

Pembelajaran jarak jauh tidak seefektif pembelajaran tradisional karena tidak ada interaksi fisik dengan guru. Kurangnya interaksi ini dapat menyebabkan kesalah pahaman dalam pemberian materi. Guru juga tidak dapat memberikan klarifikasi, menjawab pertanyaan, atau membantu siswa yang sedangkesulitan dengan konsep tertentu, yang dapat menimbulkan perasaan kebingungan dalam belajar

Semoga artikel ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Belajar Jarak Jauh bermanfaat bagi Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url