-->

Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020

Baca Juga

RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 5 6 Semester 1 dan 2
Pada kesempatan Kali ini admin akan membagikan RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020.  RPP yang admin bagikan sudah ini sudah sesuai dengan surat edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni tujuan, kegiatan dan tekhnik penilaian. 

RPP yang kami bagikan dapat dengan mudah di download dan sudah disesuaikan dengan buku BSE Matematika kurikulum k13 revisi 2018. dan file bisa di download dengan mudah tanpa di alihkan kesana sini untuk mendapatkan file tersebut cukup satu klik langsung di arahkan ke server google drive tempat pennyimpanan file untuk di download.

Komponen penting dalam RPP 1 Lembar

Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.
Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.
1. Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal
2. Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a. Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 
c. Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3. Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan

RPP ini bisa menjadi referensi RPP  Format 1 Lembar yang nantinya bisa anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas materi yang ada.

Contoh RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020

Di bawah ini kami uraikan 1 contoh RPP yang kami bagikan yaitu  RPP 1 Lembar matematika kelas 4 semester 2 dengan materi pokok mengukur berat benda :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/Genap
Materi Pokok : Mengukur Berat Sudut
Alokasi Waktu : 3 X 45 Menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Peserta didik dapat menggunakan busur derajat untuk mengukur besar sudut.
Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis sudut.

B. LANGKAH- LANGKAH( Aktivitas) PEMBELAJARAN
Aktivitas PENDAHULUAN( 15 Menit)
Penguatan Pembelajaran Karakter
Melaksanakan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoa
untuk mengawali pembelajaran, mengecek kedatangan partisipan didik selaku perilaku disiplin
Mengaitkan materi pembelajaran yang hendak dicoba dengan pengalaman partisipan didik terhadap materi tadinya, menegaskan kembali materi dengan bertanya,
Membagikan cerminan tentang manfaat mempelajari materi
Mengukur Berat Sudut dalam kehidupan sehari- hari
Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yang lagi berlangsung Pembagian kelompok belajar

Aktivitas INTI ( 170 Menit)
Literasi
Peserta didik diberi stimulus ataupun rangsangan buat memusatkan atensi pada materi
Mengukur Berat Sudut lewat pendekatan saintifik( mengamati, menanya, mengumpulkan data/ eksperimen, mengasosiasikan mencerna data, mengomunikasikan)
Mengamati
Peserta didik bersama kelompoknya melaksanakan pengamatan dari kasus yang terdapat di novel paket berkaitan dengan
Mengukur Berat Sudut.
Guru memintapeserta didik mempersiapkan busur derajat serta penggaris, sebaliknya guru mempersiapkan perlengkapan peraga berbentuk busur.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik buat mengenali aneka persoalan yang berkaitan dengan siaran yang disajikan serta dijawab lewat aktivitas pembelajaran tentang
Mengukur Berat SudutMisalnya
• Apakah yan diartikan dengan
Mengukur Berat Sudut?
Collaboration( Kerja Sama) Siswa berlatih aplikasi/ mengerjakan tugas taman buku
Peserta didik dibangun dalam sebagian kelompok buat mendiskusikan, mengumpulkan data, mempresentasikan ulang, serta silih bertukar data menimpa Mengukur Berat Sudut
Mengukur Besar Sudut.
• Guru mendemonstrasikan metode mengukur besar sudut di papan tulis.
• Guru menggambar beberapa sudut di papan tulis.
• Setelah itu, peserta didik diminta mengukur besar sudutnya.
• Secara berkelompok, peserta didik dimohon mengukur besar sudut yang diberikan guru.
• Guru membimbing kelompok yang hadapi kesusahan dalam mengerjakan tugas.
• Guru melanjutkan materi selanjutnya, ialah tentang menggambar sudut serta jenis- jenis sudut.
• Guru mendemonstrasikan metode menggambar sudut.
• Guru memohon sebagian peserta didik menggambar sudut yang diberikan guru. Dari sebagian sudut yang diberikan, guru menarangkan tentang jenis- jenis sudut.
• Guru membimbing peserta didik buat merangkum modul yang baru saja disajikan
• Setelah itu, guru memohon partisipan didik mengomunikasikannya dalam wujud tulisan.
• Guru mengarahkan kesimpulan yang benar.
Communication( Komunikasi Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/ individu
Mempresentasikan hasil dialog kelompok secara klasikal, mengemukakan komentar atas presentasi yang dicoba tentang
Mengukur Berat Sudut serta ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dicoba, serta peserta didik lain diberi peluang buat menjawabnya.
Creativity( Kreativitas Kesimpulan Pembelajaran
Guru serta Peserta didik
menarik suatu kesimpulan tentang point- point berarti yang timbul dalam aktivitas pembelajaran yang baru dicoba tentang
Mengukur Berat Sudut
Peserta didik bertanya tentang perihal yang belum dimengerti ataupun guru mengantarkan sebagian persoalan faktor kepada siswa berkaitan dengan
yang hendak berakhir dipelajari

PENUTUP( 15 Menit)
Peserta didik
Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. tentang point- point berarti yang timbul dalam aktivitas pembelajaran yang baru dicoba.
Guru
Mengecek pekerjaan peserta didik yang berakhir serta diberi paraf dan diberi no urut peringkat, membagikan penghargaan pada kelompok yang mempunyai kinerja serta kerja sama yang baik dalam aktivitas pembelajaran.
Membagikan tugas kepada peserta didik( PR), serta menegaskan partisipan didik buat mempelajari modul yang hendak dibahas dipertemuan selanjutnya.

C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Tes Tertulis : Menjelaskan Mengukur Berat Sudut

D. Download Perangkat RPP 1 Lembar Matematika semua kelas
Apabila bapak dan ibu guru berminat mendapatkan perangkat RPP Matematika di atas lebih lengkap dapat mengunduhnya pada link yang admin bagikan di bawah ini :
Download RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 dan 2
Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 dan 2
Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 dan 2


Demikianlah artikel kami tentang RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020 mudah mudahan bisa bermanfaat kepada bapak dan ibu guru yang sedang mencari referensi administrasi.
LihatTutupKomentar