RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2020

Assalamualaikum rekan rekan guru pada kesempatan ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2 berdasarkan Surat Edaran NO. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.  

RPP Format 1 halaman ini telah menjadi trending topik dan bahasan hangat dikalangan guru / pendidik dikarenakan RPP 1 Lembar ini hanya terdiri dari 3 komponen saja sehingga terlalu singkat dan banyak hal yang tidak bisa masuk di dalam RPP.

Dalam artikel ini saya akan membagikan link download RPP 1 lembar semua jenjang kelas di SD pada semester 1 dan 2. Yaitu RPP 1 Lembar K13 Kelas 1 semester 1dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 2 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 3 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 4 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 6 semester 1 dan 2. 

Namun sebelum saya membagikan link download marilah kita ketahui komponen penting dalam RPP 1 lembar k13. sesuai dengan surat edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni tujuan, kegiatan dan tekhnik penilaian. 
1. Komponen Tujuan Pembelajaran 
Komponen rumusan tujuan pembelajaran merupakan bagian-bagian atau aspek-aspek yang terkandung dalam rumusan tujuan pembelajaran. Sudirman, dkk. (1991:70-71) mengemukakan rumusan tujuan pembelajaran terdiri atas empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah (1) Audience, (2) Behavior, (3) Condition, dan (4) Degree. Komponen rumusan tujuan pembelajaran tersebut disingkat menjadi ABCD. Penjelasan Komponen Rumusan Tujuan Pembelajaran Berikut ini adalah penjelasan dari komponen rumusan tujuan pembelajaran ABCD. (1) Audience, adalah siswa atau peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran, (2) Behavior, yaitu tingkah laku yang diharapkan dicapai sebagai hasil proses belajar mengajar. Behavior merupakan kata kerja operasional yang spesifik dan dapat diukur. (3) Condition, yaitu keadaan atau sesuatu yang perlu disediakan sebagai persyaratan untuk dapat melakukan dan mencapai tingkah laku yang diharapkan. Salah satu contoh dari condition adalah metode pembelajaran. Conditonon juga dapat berupa bahan, peralatan yang boleh digunakan, bahan, peralatan yang tidak boleh digunakan, tempat/lingkungan, dan informasi yang tersedia (4) Degree, yaitu derajat, kualitas, atau standar minimal dari hasil belajar yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran
2. Komponen Kegiatan Pembelajaran 
kegiatan pembelajaran adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam pengetahuan, pikir, sikap dan kebiasaan-kebiasaan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, dan berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.
3. Komponen Penilaian 
Penialian pembelajaran dibagi menjadi dua yakni penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan :
-  Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar (assesment as learning), penilaian sebagai proses pembelajaran (assessment for learning), dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran (assessment of learning).Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu tes tulis, lisan, dan penugasan.Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.
-  Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KI-4) dilakukan dengan mengidentifikasi karateristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, atau portofolio. Penentuan teknik penilaian didasarkan pada karakteristik kompetensi keterampilan yang hendak diukur. Penilaian keterampilan dimaksudkan untuk mengetahui penguasaan pengetahuan peserta didik dapat digunakan untuk mengenal dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sesungguhnya (dunia nyata). Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentangskor 0 sampai dengan 100 dan deskripsi.

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2             

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan        :   SDN 112 Patampanua
Kelas / Semester         :   I (Satu) / 2
Tema 5                   :   Pengalamanku
Sub Tema 1               :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran             :   1
Muatan Pelajaran         :   PPKn (3.1, 4.1) B. Indo (3.8,4.8), SBDP (3.2,4.2)
TUJUAN  PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang  memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
5. Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
3. lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
4. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
2. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
3. Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
4. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
5. Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
6. Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
7. Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
8. Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
9. Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
10.Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
1. Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran
Kegiatan Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
4. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2

Oleh karena itu disini kami mencoba berbagi referensi RPP 1 Lembar SD Semester 1 dan 2 yang nantinya bisa anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas materi yang ada. Untuk mendownload RPP ini bisa di lihat pada paragraf ketiga dalam artikel ini
Demikianlah artikel tentang RPP Format 1 Lembar kelas 1 sd 6 semester 1 dan 2 revisi 2020. Untuk lebih mudah mendownload file file pada blog ini sebaiknya menngunakan laptop atau komputer karena link download biasanya diarahkan kesitus lain dan diharapkan mengulangi mengklik link download file kalau diarahkan kesitu lain.

You may like these posts