Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas I SD VI SD

Gurupertama. Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas I SD VI SD. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikburistek) telah memberikan saran untuk pengembangan kurikulum mandiri yang ditawarkan kepada satuan pendidikan sebagai pilihan untuk mengulang pembelajaran pada periode 2022-2024. Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Kurikulum Nasional akan direvisi pada tahun 2024 untuk penilaian dan umpan balik pembelajaran.

Kurikulum Merdeka yang menjadi kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang dimulai pada 2021 dengan kurikulum yang diterapkan pada Sekolah Penggerak. Pada tahun 2022 ini Kemendikburistek akan mencoba untuk melakukan pendataan yang nantinya akan menjadi dasar pada penerapan Kurikulum Merdeka ini kedepannya.

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas I SD VI SD

Pilihan IKM Jalur mandiri ada 3 Pilihan pertama adalah Mandiri Belajar, pilihan yang memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas I SD VI SD

Pilihan kedua yaitu Mandiri Berubah, yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat terbuka yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. 

Dan pilihan ketiga yang merupakan Mandiri Berbagi,yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan pilihan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Platform Merdeka Mengajar yang dikembangkan diharapkan mampu menjadi teman bagi guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi Administrasi Guru di Kurikulum Merdeka. Konten-konten yang dikembangkan oleh kemendikbudristek memberikan pemahaman lebih saat implementasi dan pembelajaran di satuan pendidikan yang telah ikut serta dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Administrasi Guru di Kurikulum Merdeka

Administrasi Guru Kelas pada hakikatnya merupakan add-on yang akan membantu keberhasilan proses pembelajaran, sehingga memudahkan guru di kelas dalam melihat data perkembangan pembelajaran di kelas. 

Administrasi guru biasanya meliputi empat berkas yang harus dibuat guru setiap periode tertentu, yaitu Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROMES), silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau modul ajar yang dibuat untuk setiap pertemuan.

Beberapa buku atau dokumen administrasi guru kelas yang harus disiapkan untuk memperlancar atau menunjang kegiatan pembelajaran diantaranya yaitu, kalender akademik, buku bimbingan, daftar hadir siswa, buku inventaris, buku nilai, buku mutasi siswa, buku pengambilan dan penerimaan raport.

Kemudian bisa juga buku bimbingan dan konseling, grafik absen, buku analisis hasil belajar siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran, kisi-kisi soal ulangan, analisis hasil ulangan, buku tamu, program perbaikan dan pengayaan.

Administrasi pembelajaran yang umum diperaktikkan di kelas pada kurikulum merdeka adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Modul Ajar, Modul Projek, Bahan Ajar, dan Capaian Pembelajaran.

Karena dokumen-dokumen tersebut merupakan bukti fisik dari perencanaan guru dan pelaksanaan tugasnya dalam pelaksanaan tugasnya dalam proses pembelajaran.

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar SD

Sebenarnya Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar SD sudah tersedia lengkap di Platform Merdeka Mengajar. Namun masih ada beberapah guru yang masih kesulitan untuk mendapatkan file administarsi dalam Platform Merdeka Mengajar.

Di bawah ini admin sediakan link download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar SD mulai dari kelas 1 sd 6 SD Sebagai berikut :

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas 1 SD

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas 2 SD

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas 3 SD

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas 4 SD

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas 5 SD

Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas 6 SD

Administrasi yang admin bagikan sebenarnya masih belum lengkap.  Karena belum menemukan sumber yang lengkap jadi admin hanya memposting yang ada saja dan akan kami update jika sudah tersedia.

Demikaianlah artikel admin tentang Download Administrasi Kurikulum Merdeka Belajar SD. Semoga bisa membantu

Next Post Previous Post