Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan apa itu Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru. Media pengajaran adalah alat yang digunakan oleh guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa, dan mencegah terjadinya verbalisasi diri siswa.

Media pengajaran digunakan dalam rangka untuk peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar-mengajar baik di dalam maupun luar kelas. Kehadiran media dapat membantu menghadirkan pembelajaran tersebut lebih nyata sehingga lebih mudah dicerna oleh anak

Manfaat Media Pembelajaran Bagi Guru dan Peserta Didik

Manfaat Media dalam Kegiatan Pembelajaran pembelajaran tidak lain adalah memperlancar proses interaksi belajar mengajar antara guru dan peserta didik, dalam hal ini membantu peserta didik belajar secara maksimal. Disamping itu ada pula beberapa manfaat lain dari media pembelajaran yang lebih  khusus. 

Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru

Nah, apa saja manfaat Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru ? yuk kita simak penjelasan admin dibawah ini:

Menarik perhatian peserta didik

Menggunakan media yang kita gunakan untuk belajar akan lebih menarik perhatian murid. Mereka mungkin pada awalnya tertarik untuk memperhatikan warna yang terlihat di media, bentuknya dll sebagai pengenalan rasa ingin tahu mereka tentang materi yang akan disajikan  

Proses belajar siswa menjadi lebih interaktif 

Media harus dirancang dengan baik media dapat membantu guru atau  siswa untuk berkomunikasi secara aktif dalam dua arah. Tanpa media tanpa media pembelajaran mungkin pembelajaran cenderung "satu arah" dengan siswa. 

Dengan media bagaimanapun guru dapat mengatur kelas mereka sehingga tidak hanya kelas didominasi oleh guru atau guru aktif tetapi juga bahwa siswa memiliki leih anyak peran untuk dimainkan.

Proses pembelajaran dapat terjadi di mana saja dan kapan saja 

 Media pembelajaran dapat dirancang untuk peserta didik untuk mengetahui di mana  saja dan ketika mereka inginkan, tanpa tergantung pada keberadaan seorang guru. Program program  atau aplikasi belajar audio visual atau komputer yang  tersedia di pasaran adalah contoh dari fasilitas pengajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar. 

Dierah sekarang dimana dimana jaringan  internet sudah banyak tersedia. sangat mendukung media media pembelajaran yang berbasis internet baik itu berbentuk aplikasi android maupun berbasis website. hal ini dapat membantu siswa belajar secara mandiri.

Memperjelas isi/pesan pembelajaran

Media pembelajaran memiliki pengaruh besar pada indera peserta dalam memahami penghitung yang ditugaskan. Memang, dukungan yang digunakan mampu menciptakan pemisahan pesan nyata / konkret sehingga bahannya lebih jelas dan terperinci. Misalnya: tema "hewan", tema sub "satwa liar", guru dapat menggunakan gambar hewani, video atau miniature hewan buas sehingga anak-anak dapat mengamati dan menjelajahi media yang ditampilkan.

Meningkatkan kualitas belajar peserta didik

Penggunaan media tidak hanya memuat proses belajar mengajar lebih efektif tetapi juga memantu siswa menyerap materi pemelajaran secara lebih baik dan mendalam.  Hanya dengan mendengarkan guru para siswa  memahami pelajaran akan lebih baik.Namun jika pemahaman lebih banyak dengan adanya aktivitas melihat,  menyentuh merasakan atau mengalami. Dengsn perantara media pemahaman siswa terhadap pelajaran pasti akan jauh lebih baik  

Mengatasi keterbatasan waktu ruang dan tenaga 

Tidak semua pemelajaran diikutsertakan di dalam kelas oleh guru. . Adapun tema satwa liar tidak mungkin untuk memasukkannya ke dalam kelas karena akan memahayakan keselamatan. Begitu juga dengan keteratasan ruang dan waktu sehingga dengan penggunaan media semua kesulitan terseut secara wajar dapat diatasi. Anak itu masih bisa melihat harimau tanpa bertemu  harimau,  mengenali bentuk gajah tanpa langsung melihatnya dan lainnya

Jumlah waktu belajar mengajar dapat dikurangi

Para guru sering menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk menjelaskan suatu materi, pada  hal waktu yang dihabiskan tidak perlu sebanyak itu  jika mereka menggunakan media pembelajaran dengan baik.

Mendorong pemanfaatan yang bermakna dari mata pelajaran dengan jalan melibatkan imajinasi dan partisipasi aktif yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar.

Kesimpulan

Media dapat digunakan di hampir semua mata pelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran, baik di dalam kelas, maupun untuk tugas di luar kelas

Baca Juga :

Demikanlah artikel admin tentang Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru dalam proses belajar mengajar . Semoga arrtikel ini bisa bermanfaan trimah kasih. 

Next Post Previous Post