-->

Contoh Media Pembelajaran Daring Untuk Pembelajaran di Rumah

Baca Juga

Contoh Media Pembelajaran Daring Untuk Pembelajaran di Rumah

Gurupertama. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Contoh Media Pembelajaran Daring yang bisa di manfaatkan guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di rumah untuk mendukung PJJ. Pengertian media pembelajaran secara singkat dapat dikemukakan sebagai sesuatu (bisa berupa alat, bahan, atau keadaan) yang digunakan sebagai perantara komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Jadi ada tiga konsep yang mendasari batasan media pembelajaran di atas yaitu konsep komunikasi, konsep sistem dan konsep pembelajaran. Daring adalah pembelajaran yang di lakukan menggunakanjaringan internet atau yang biasa di sebut dengan pembelajaran jarak jauh.

Semenjak pandemi Covid, pendidikan daring tidak lagi jadi opsi. Daring jadi kewajiban yang tidak terelakkan. Ia jadi opsi salah satunya buat menentukan pembelajaran berjalan. Surat keputusan Bersama empat Menteri terakhir menegaskan kalau pembelajaran daring di kebanyakan daerah Indonesian bakal diperpanjang hingga akhir tahun. Perihal ini pasti menaikkan tantangan baru untuk untuk para guru di Indonesia. Kewajiban belajar daring ini harus dilakukan agar penyebaran atau pandemi virus corona dapat di cegah dan melindungi anak dari infeksi virus tersebut.

Kebjakan tersebut sesuai dengan SE Sekjen kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah ( Belajar Daring )

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat Covid-19 bertujuan untuk :
1. memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19
2. melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19;
3. mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan; dan
4. memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.

Jadi tujuan pelaksanaan pembelajaran daring yang di terapkan oleh pemerintah adalah untuk melindungi warga sekolah dari dampak buruk covid-19 serta tetap memberikan pemenuhan hak dan layanan pendidikan .

Contoh Media Pembelajaran Daring 

Berikut ini admin akan membagikan bebarapah Contoh Media Pembelajaran Daring yang dapat di pergunakan untuk dalam kegiatan belajar daring dari rumah :

1. Media belajar yang berbasis Aplikasi android, adapun beberapah aplikasi android yang bisa di jadikan media pembelajaran yaitu :
a). Whatsapp atau WA Gruf, melalui aplikasi Wa gruf guru dapat memberikan materi pelajaran dalam bentuk pesan singkat atau chat namun dalam WA ada beberapa kekurangan yang perlu diketahui seperti pesan yg sebelumnya di kirim jika sudah lama kemungkinan tidak bisa lagi di akses serta layanan video call hanya terbatas beberapa orang saja

b). Telegram atau Telegram Gruf, aplikasi telegram memiliki fungsi dan fitur yang sama dengan Whatsapp, tetapi telegram memiliki kelebihan karena jumlah batasan anggota yang lebih banyak serta fitur penyimpanan data memiliki server tersendiri sehingga pesan yang sebelumnya atau yang telah tersimpan lama dapat di akses kembali tanpa terhapus.

c). Aplikasi Zoom, Zoom adalah sebuah aplikasi komunikasi menggunakan video telecomference dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop. dengan aplikasi ini kita dapat berkomunikasi dengan live dengan batasan 500 sampai dengan 1000 peserta sehingga cocok untuk pembelajaran dalam kelas yang hanya terdiri atas puluhan peserta. kekurangan aplikasi ini menggunakan data seluler yang banyak

d) Aplikasi Ruang Guru Merupakan aplikasi android yang kaya akan informasi dan sangat menarik mulai dari tingkat SD sampai dengan tingkat SMA, kekurangan dari aplikasi karena harus berlangganan untuk dapat mengakses semua kelebiahan dalam aplikasi tersebut

2. Media belajar yang berbasis Website
a). Youtube, YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang hanya bersifat dewasa, tapi seiring berkembanya teknologi youtube sudah menjangkau audens anak anak, dan di bebarapa bulan terkahir banyak guru guru yang menjadi conten creator dari youtube dengan menampilkan video pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran K13 yang di pelajari saat. 

b) Portal Rumah Belajar. Rumah belajar merupakan website gratis yang disediakan oleh pemerintah. Dalam rumah belajar  menyajikan materi- materi pembelajaran berbasis IT. untuk melihatnya secara langsung dapat mengaksesnya melalui halaman web https://belajar.kemdikbud.go.id/.

c.) Kelas Pintar, Sama dengan ruang guru kelas pintar juga menyediakan aplikasi yang berbasis android yang bisa di gunakan dengan mudah. kelas pintar merupakan solusi belajar online dirumah. dibalik keunggulan dalam materi yang di sajikan kita harus berlangganan untuk menggunakan aplikasi pintar tersebut.

d) Quizz, Quizz merupakan media pembelajaran yang bisa dipakai untuk latihan latihan soal , dalam website quiss sudah di sediakan jawaban sehingga anak anak dapat mentukan hasil yang telah di laksanakan atau di uji cobakan.

Demikianlah artikel kami tentang Contoh Media Pembelajaran Daring yang bisa di manfaatkan guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di rumah. mudah mudahan bisa bermanfaat kepada kita semua.
LihatTutupKomentar