Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

6 Karakteristik Guru Abad 21

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sedikit informasi tentang  6 Karakteristik Guru Abad 21. Pembelajaran abad ke-21 telah banyak mengubah pola pengajaran dan pembelajaran kita selama bertahun-tahun. Perubahan positif ini untuk memastikan bahwa apa yang kita lakukan sejalan dengan perkembangan teknologi dan kemajuan dunia saat ini. 

6 Karakteristik Guru Abad 21

Dengan adanya berbagai teknologi mutakhir, tentu tidak relevan jika praktik mengajar pada abad-abad sebelumnya terus dipraktikkan di masa sekarang.

Guru abad ke-21 harus menjadi pembelajar seumur hidup, inovator, dan ahli di bidangnya. Mereka harus dapat menggunakan teknologi yang mereka miliki dan menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka. Mereka harus dapat bekerja dengan kelompok siswa yang beragam dan mengajar mereka dengan cara yang dapat mereka pahami.

Karakteristik guru yang profesional adalah seorang visioner, pemecah masalah, dan pemikir kritis. Mereka mahir menggunakan teknologi untuk menjangkau siswa dengan gaya belajar yang berbeda. Mereka juga dapat menggunakan data untuk mengarahkan instruksi dan mengukur kemajuan siswa.

Guru abad 21 tidak hanya bersemangat dalam mengajar tetapi mereka juga memiliki minat terhadap perkembangan terbaru dalam penelitian pendidikan.

Saya membagikan beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang guru di abad 21. di bawah ini admin akan menguraikan  6 Karakteristik Guru Abad 21 sebagai berikut :

1. Menguasai Mata Pelajaran 

Guru harus menguasai isi kurikulum untuk mata pelajaran yang diajarkan. Tentu agak canggung jika guru sendiri masih kesulitan menjelaskan sesuatu dalam mata pelajaran yang diajarkannya. 

2. Mahir dan Terampil dalam Pedagogik 

Guru harus mahir menggunakan berbagai metode dan strategi belajar mengajar dengan benar saat melakukan p&p di kelas. Pembelajaran yang beragam ini tentunya menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan ramah siswa. 

3. Memahami Perkembangan dan Mencintai Siswa

Psikologi pendidikan juga menerapkan pentingnya seorang guru untuk memahami perkembangan anak didiknya, serta mampu mencintai mereka apa adanya. Guru abad 21 harus mampu menilai perkembangan siswa sesuai dengan kemampuannya. 

4. Memahami Psikologi Pembelajaran 

Guru abad 21 juga mampu memahami psikologi belajar bagi siswanya. Hanya dengan memahami bagaimana minat dan tanggapan siswa ketika belajar, itu akan membantu seorang guru berfungsi lebih baik sebagai pendidik. 

5. Keterampilan Konseling

Guru juga perlu memiliki keterampilan konseling ketika berhadapan dengan siswa. Keterampilan untuk membantu siswa menghadapi emosi, sosial dan juga berbagai hal lain yang menjadi masalah bagi remaja. Merupakan keuntungan bagi guru untuk memiliki keterampilan konseling dalam menangani masalah terkait di dalam dan di luar kelas. 

6. Penggunaan Teknologi Terbaru

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan teknologi terkini merupakan salah satu fitur penting bagi guru di abad 21. Pembelajaran yang menggunakan lcd, games, aplikasi mobile tentunya membawa perbedaan suasana belajar di dalam kelas.

Demikianlah artikel admin tentang  6 Karakteristik Guru Abad 21. semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk " 6 Karakteristik Guru Abad 21"