Download Buku Panduan Penyusunan Soal Hots untuk SD Terbaru 2020

Gurupertama. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Ebook atau buku elektronik berbentuk Pdf tentang Buku Panduan Penyusunan Soal Hots. Menulis soal yang benar dan jujur  merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru, namun sebagian guru masih belum mengetahui cara menyusun soal yang baik dan relevan.

Buku Panduan Penyusunan Soal Hots

Buku panduan Buku Panduan Penyusunan Soal Hots  ini merupakan bagian dari rangkaian buku penilaian yang diterbitkan Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Penilaian Tes Tertulis, Penilaian Kinerja, Penilaian Formatif, dan Penilaian Karakter

Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall) menyatakan kembali (restate) atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Penilaian tentang apa yang akan terjadi pada belajar siswa merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. 

Hasil belajar yang dinilai, antara lain mendiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa, memantau kinerja siswa, mengevaluasi pencapaian program, mengevaluasi siswa, dan mengukur efektivitas pembelajaran. 

Untuk tujuan ini, berbagai bentuk dan alat penilaian dapat digunakan. tetapi tes tertulis masih merupakan alat yang biasa dipelajari dan digunakan untuk menilai hasil belajar siswa dengan Buku Panduan Penyusunan Soal Hots untuk SD Terbaru

Karena penulisan soal adalah proses penentuan kualitas tes, penulisan soal harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Panduan menulis pertanyaan ini merupakan upaya untuk membantu penulis pertanyaan membuat pertanyaan kualitatif, termasuk pertanyaan yang mengukur pemikiran tingkat tinggi. Metode penulisan soal yang disajikan dan contoh-contoh yang diberikan diperlukan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana dua bentuk tes, tes pilihan dan tes tanpa pilihan, dapat digunakan untuk menilai hasil belajar siswa dan memberikan informasi yang dapat dipercaya.

Perlu diperhatikan bahwa panduan ini berfokus pada penulisan soal tes tertulis, khususnya tes pilihan ganda dan esai. Oleh karena itu, bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, proyek tidak dibahas, yang tidak berarti bahwa bentuk penilaian ini tidak valid.

Daftar Isi Buku Panduan Penyusunan Soal Hots

Kata Pengantar 

BAB I Pendahuluan 

BAB II Penyusunan Kisi-Kisi 

BAB III Penulisan Soal 

A. Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda

B. Teknik Penulisan Soal Uraian 

C. Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (higher order thinking skill atau HOTS) 

BAB IV Penutup 

Tahapan Penyusunan Soal Hots Dalam Buku Ini

Tahapan Penyusunan Soal Hots  meliputi:

1. Penyusunan kisi-kisi

Kisi-kisi digunakan sebagai pedoman bagi penulis soal agar diperoleh soal yang sesuai dengan tujuan.

2. Penulisan soal

Soal ditulis oleh beberapa penulis soal berdasarkan kisi-kisi. Soal-soal yang dihasilkan merupakan soal-soal mentah.

3. Review dan Revisi (Telaah dan Perbaikan)

Review adalah menelaah soal mentah secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal oleh penelaah soal. 

4. Perakitan soal

Soal-soal baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk diujicobakan. 

5. Ujicoba soal

Paket-paket soal diujicobakan kepada peserta didik yang sedang menempuh jenjang pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan pada tes tersebut.

6. Analisis kuantitatif

Data empirik dari hasil ujicoba dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan program analisis, baik klasik maupun modern. 

7. Seleksi soal

Berdasarkan hasil analisis soal, soal-soal dikelompokkan menjadi soal baik, soal perlu revisi, dan soal ditolak. 

Download Buku Panduan Penyusunan Soal Hots untuk SD Terbaru 2020

Apabila ingin mendapat secara detail tentang Penyusunan Soal Hots untuk SD bapak dan ibu guru dapat mengunduhnya pada link di bawah ini : 




Demikianlah artikel admin tentang Download Buku Panduan Penyusunan Soal Hots untuk SD terbaru 2020. semoga buku ini bisa membantu bapak dan ibu guru yg sedang menyusun soal.  
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url