Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Assalamualaikum, wr.wb.  apa kabar semua semoga kita semuanya dalam keadaan sehat. Terimah
kasih sudah mampir di blog saya ini.  Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips cara mengajar anak yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk usia anak PAUD dan Sekolah Dasar.  Mau tahu gimana caranya yaitu baca trus artikel saya  berikut ini hingga tuntas.

Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Ok,  Disini saya akan memberikan cara mengajar anak yang menyenangkan dan tidak mudah bosan ada tujuh cara yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini.  Adapun tips sebagai berikut :

1. Dengan Alat Peraga yang Menarik

Adapun cara yang pertama yaitu dengan alat peraga yang menarik tentunya. Disekolah Tentunya semua guru sudah punya HP. Dengan bantuan ponsel android sebagai alat peraga saat belajar tujuannya agar anak-anak dapat fokus kepada kita saat kita menerangkan pembelajaran.

Kalau kita tidak mempunyai alat peraga cuman ngomong doang nggak ada yang dilihat anak anak, tidak ada yang diperagakan tentunya anak-anak mudah bosan melihat wajah kita. Apalagi mendengarkan atau melihat penjelasan kita yang panjang lebar.

Adapun pun tujuan cara ini tentunya sangat tepat untuk mereka.  Agar mereka dapat lebih fokus kepada kita saat belajar.

2. Melalui Permainan

adapun tips atau cara yang kedua yaitu melalui permainan kalau kita memberi pemahaman secara lisan kepada anak SD atau bahkan anak PAUD itu tidaklah mudah bapak dan ibu guru yah, mereka tidak akan fokus kepada kita mereka akan sibuk berlari bermain bahkan ada yang ingin keluar kelas karena bosan mendengar kita memberi pembahasan memberi pelajaran memberi pemahaman yang
sangat panjang lebar itu.

Nah, untuk menghilangkan rasa bosan mereka coba bunda beralih ke metode bermain kalau
bapak dan ibu guru berpikir dengan cara bermain mereka hanya dapat bersenang-senang saja itu
salah yah, dengan cara bermain anak usia SD dan PAUD itu mudah memahami, mudah mengerti apa materi yang guru sampaikan kepada mereka.

Contohnya dengan permainan tebak warna mereka akan lebih cepat mengingat warna-warna apa saja yang guru berikan kepada mereka. Jadi anak anak juga lebih bersemangat, lebih ingin mengakses kemampuan mereka,  mengasah keingintahuan mereka,  tentang pembelajaran itu. itulah tips cara belajar menyenangkan yang pertama. 

3. Dengan Bernyanyi

selanjutnya tips atau cara yang ketiga yaitu dengan cara bernyanyi dengan cara bernyanyi metode yang paling efektif untuk bapak dan ibu guru memasukkan materi ke dalam nyanyian-nyanyian tersebut sesuai dengan gerakannya dengan cara ini untuk membuat mereka lebih mengingat, lebih memahami
materi yang benar sampaikan. 

Contohnya tentang pelajaran kelas 1 subtema rumahku yang kemarin sudah saya buat lagu-lagunya tentang rumahku, di sana dalam lagu ada terdapat  bagian-bagian rumah ada pengertian rumah. Jadi mereka lebih tahu lebih cepat memahami lewat nyanyian.

Apa itu rumah ternyata disana rumah itu tempat tinggal,  Oh Ternyata di rumah ada bagian-bagiannya.  Dinding termasuk bagian rumah, ada lantai pintu jendela dan lain sebagainya. Jadi mudahkan yah bapak dan ibu guru untuk membuat mereka lebih fokus belajar.

4. Dengan Cara Bercerita

Cara yang empat adalah dengan cara bercerita atau mendongeng. Nah di dalam cerita kita ini kita bisa memasukkan materi pembelajaran yang ingin bunga sampaikan kepada anak-anak. Dan dengan cara ini anak-anak lebih cepat memahami dan mengerti apa maksud dari cerita  tersebut 

5. Dengan Cara Diulang ulang

Adapun Cara yang kelima adalah dengan cara diulang-ulang. Maksudnya pembelajaran yang kemarin
kita ulang lagi di hari ini.  Jangan pembelajaran yang kemarin sudah tutup buku di hari kemarin dan hari ini tidak diulangi lagi. Tentunya para pendidik sudah tahu dengan  mengulang-ulang lagi itu membuat anak-anak tidak mudah lupa dengan pembelajarannya.

Disini saya beri contoh dengan tema panca indra kemarin ibu membahas tentang subtema telinga dan hari ini bunda akan membahas subtema kulit. Sebelum memulai pembelajaran tema yang baru alangkah baiknya kita bahas dulu mengenai subtema yang ibu guru bahas di hari kemarin tentang telinga.
 
Ayo anak-anak kemarin kita sudah belajar tentang telinga ya,  telinga itu untuk apa ? telinga itu untuk mendengar ya.  Sekarang bapak akan lanjut ke tema yang baru. Nah begitulah yah bu dengan begini anak-anak menjadi hafal dengan pelajaran-pelajaran yang Guru berikan dan merasa dirinya semakin bisa.

6. Dengan Cara Memberikan Hadiah

Cara yang keenam  yaitu dengan cara memberikan hadiah atau reward kepada anak-anak. Dengan cara
ini akan meningkatkan motivasi belajar anak lebih giat lagi karena yang diberikan hadiah adalah anak-anak yang bisa mencapai hasil yang lebih baik atau yang bisa menjawab pertanyaan kita dengan benar. 

Jadi anak-anak akan lebih berlomba-lomba lagi dalam meningkatkan prestasi mereka dibidang pelajaranya  

7. Dengan Mengajak anak Keluar Kelas

Adapun cara yang terakhir adalah dengan mengajak anak keluar kelas ya Ini keluar kelas. Keluar kelas  adalah cara yang tepat untuk menghilangkan rasa bosan pada anak-anak saat belajar karena diluar kelas juga banyak sekali pembelajaran yang belum mereka ketahui. Contohnya seperti tentang lingkungan sekitar mereka dan tentang alam.  

Nah itulah tadi arttikel yang admin berikan yang berjudul tentang Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan semoga bermanfaat kepada semuanya. 
LihatTutupKomentar