RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Revisi 2020

Assalamualaikum rekan rekan guru di post kali ini kembali kami akan berbagi administrasi gratis berupa RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2. RPP Format 1 halaman ini telah menjadi trending topik dan bahasan hangat dikalangan guru / pendidik dikarenakan banyak yang menganggap RPP 1 Lembar ini terlalu singkat dan banyak hal yang tidak bisa masuk di dalam RPP. RPP 1 lembar merupakan salah satu gebrakan dari Mendikbud yang baru yaitu Nadiem Makarim.

Adapun perangkat RPP Kelas 3 yang saya bagikan terdiri atas 8 tema yaitu Semester 1 ada 4 tema yaitu tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan, tema 3 benda di sekitar kita, tema 4 kewajiban dan Hakku, sedangkan untuk semester 2 terdiri atas 4 tema yaitu tema 5 cuaca, tema 6 energi dan perubahannya, tema 7 perkembangan teknologi, dan tema 8 praja muda karana.

Dalam RPP 1 Lembar yang kami bagikan ini sudah  sesuai dengan surat edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni :

1. Komponen Tujuan Pembelajaran 
Komponen rumusan tujuan pembelajaran merupakan bagian-bagian atau aspek-aspek yang terkandung dalam rumusan tujuan pembelajaran. Sudirman, dkk. (1991:70-71) mengemukakan rumusan tujuan pembelajaran terdiri atas empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah (1) Audience, (2) Behavior, (3) Condition, dan (4) Degree. Komponen rumusan tujuan pembelajaran tersebut disingkat menjadi ABCD. Penjelasan Komponen Rumusan Tujuan Pembelajaran Berikut ini adalah penjelasan dari komponen rumusan tujuan pembelajaran ABCD. Biasanya tujuan pembelajaran sudah tercantum dalam buku guru k13 khusus kelas 3.
2. Komponen Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam pengetahuan, pikir, sikap dan kebiasaan-kebiasaan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, dan berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.kegitan pembelajaran dalam RPP K13 yang baru dapat berpatokan pada buku guru tematik k13 untuk kelas 3
3. Komponen Penilaian 
Penialian pembelajaran dibagi menjadi dua yakni penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan :-  Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.-  Penilaian KeterampilanPenilaian keterampilan (KI-4) dilakukan dengan mengidentifikasi karateristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, atau portofolio. Pengambilan penilaian untuk kelas 3 di dasarkan pada rubrik penilaian yang terdapat pada buku guru k13 yang biasanya terdapat diakhir satu kegiatan pembelajaran. Hendaknya dalam menyusun RPP ini harus efektif berkualitas dan berorientasi pada peserta didik. Berkualitas dalam artian penyusunan ketiga komponen dalam RPP ini tetep mengacu pada kurikulum k13 yang telah ditetapkan.

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Revisi 2020

Sebelum mendapatkan perankat RPP ini bapak dan ibu guru bisa melihat contoh RPP nya dapat dilihat seperti di bawah ini :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan     :  SDN 25i Pinrang
Kelas / Semester      :  III / Genap
Tema 5                :  CUACA
Sub Tema  1           :  Keadaan Cuaca
Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke       :  1
Alokasi waktu         :  1 hari

A.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar.
Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.
Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.
Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh menggunakan benda konkret.
Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.

B.KEGIATAN PEMBELAJAR
Pendahuluan : 
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa. (Orientasi)15 menit
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)   
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)   

Kegiatan Inti (Sintak Model Discovery Learning) 140 menit
Ayo Membaca
Siswa Membaca bacaan tentang keadaan cuaca di buku siswa.  
Guru   bertanya jawab dengan   siswa   tentang   keadaan   cuaca.(Communication and Collaborative)  

Ayo Mengamati
Siswa  menonton  video  siaran  televisi  tentang  prakiraan  cuaca  atau mengamati gambar keadaan cuaca.
Guru dan siswa mengamati gambar bersama dan menyampaikan simbol- simbol yang ada
Siswa  berdiskusi  dan  mencari  jawaban  yang  tepat  mengenai  gambar   keadaan Cuaca yang ada. (Critical Thinking and Problem Formulation)  

Ayo Menulis
Siswa mencermati cuaca apa yang dominan terjadi selama 5 hari ini?  
Apakah  hujan,  cerah,  berawan,  mendung,  atau  lainnya.  (Critical thinking and Problem Solving) 

Ayo Berlatih
Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang pecahan sederhana.  
Siswa  berlatih  menuliskan  bilangan  pecahan  sederhana  mulai  dari seperdua,  seperempat,  seperenam  dan  seperdelapan  sesuai  dengan lambang pada gambar

Ayo Bernyanyi          
Siswa dikenalkan dengan lagu Ambilkan bulan bu.  
Siswa mengidentifikasi kondisi cuaca yang ada pada teks lagu.  
Siswa mengamati guru menyanyikan lagu ambilkan bulan bu.  
Siswa mencermati tinggi rendah irama pada lagu.  
Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi pendek.  
Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi panjang.  
Siswa diminta tampil menyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu di depan kelas bersama kelompoknya (Collaborative)  

Kerja Sama dengan Orang Tua  
Orang tua bersama siswa memperhatikan prakiraan cuaca.  
Kegiatan Peserta Didik :
Berdiskusi mengenai keadaan cuaca didaerahnya pada hari itu.            

Penutup
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 15 menit

Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.  
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

C.PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Setelah melihat contoh RPP yang saya bagikan ini alangkah baiknya bapak dan ibu guru memiliki Modul Belajar Dari Rumah ( BDR ) Kelas 3 sebagai panduan mengajar. Karena modul ini sudah disesuaikan dengan KD dan Materi belajar kelas 3

Link Download File RPP  1 Lembar 

Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan File RPP 1 lembar Kelas 3 Semester 2 Revisi 2020 tersebut selengkapnya bisa di dapatkan melalui Link di bawah ini
  • RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Tema 5
  • RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Tema 6
  • RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Tema 7
  • RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Tema 8
Demikianlah File berupa RPP  1 lembar Kelas 3 semester 1 dan 2 yang saya bagikan mudah mudahan bisa bermanfaat kepada kita semua

You may like these posts