RPP1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020

RPP1 Lembar Kelas 4 Semester 2

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020. Assalamualaikum rekan rekan guru  Saya akan berbagi administrasi gratis berupa RPP Kelas 4 (IV) Semester 1 dan 2 Format 1 Lembar / Halaman. RPP Format 1 halaman ini telah menjadi trending topik dan bahasan hangat dikalangan guru / pendidik dikarenakan banyak yang menganggap RPP 1 Lembar ini terlalu singkat dan banyak hal yang tidak bisa masuk di dalam RPP.

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 merupakan sesuai dengan surat edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni tujuan, kegiatan dan tekhnik penilaian.  Oleh karena itu disini kami mencoba berbagi referensi RPP  Format 1 Lembar yang nantinya bisa anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas materi yang ada.

Di artikel kali ini saya akan bagikan RPP 1 Lembar Kelas 4 semua tema di Semester 1 dan 2 yaitu RPP Tema 1 Indahnya Kebersamaan,  RPP Tema 2 Selalu Berhemat Energi, RPP  Tema 3 Peduli Makhluk Hidup, RPP Tema 4 Berbagai Pekerjaan, RPP Tema 5 Pahlawanku, RPP Tema 6 Cita Citaku, RPP Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku, RPP Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, RPP  Tema 9 Kayanya Negeriku. Namun sebelum mendapatkannya marilah kita simak komponen penting dalam RPP format 1 lembar.

A. Komponen RPP Format 1 Lembar Kelas 4 

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 dan 2  sesuai dengan surat edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni tujuan, kegiatan dan tekhnik penilaian.  
1. Komponen Tujuan Pembelajaran 
Komponen rumusan tujuan pembelajaran merupakan bagian-bagian atau aspek-aspek yang terkandung dalam rumusan tujuan pembelajaran. Sudirman, dkk. (1991:70-71) mengemukakan rumusan tujuan pembelajaran terdiri atas empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah (1) Audience, (2) Behavior, (3) Condition, dan (4) Degree. Komponen rumusan tujuan pembelajaran tersebut disingkat menjadi ABCD. Penjelasan Komponen Rumusan Tujuan Pembelajaran Berikut ini adalah penjelasan dari komponen rumusan tujuan pembelajaran ABCD. (1) Audience, adalah siswa atau peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran, (2) Behavior, yaitu tingkah laku yang diharapkan dicapai sebagai hasil proses belajar mengajar. Behavior merupakan kata kerja operasional yang spesifik dan dapat diukur. (3) Condition, yaitu keadaan atau sesuatu yang perlu disediakan sebagai persyaratan untuk dapat melakukan dan mencapai tingkah laku yang diharapkan. Salah satu contoh dari condition adalah metode pembelajaran. Conditonon juga dapat berupa bahan, peralatan yang boleh digunakan, bahan, peralatan yang tidak boleh digunakan, tempat/lingkungan, dan informasi yang tersedia (4) Degree, yaitu derajat, kualitas, atau standar minimal dari hasil belajar yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran
2. Komponen Kegiatan Pembelajaran 
kegiatan pembelajaran adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam pengetahuan, pikir, sikap dan kebiasaan-kebiasaan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, dan berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan
3. Komponen Penilaian 
Penialian pembelajaran dibagi menjadi dua yakni penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan :
-  Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
-  Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KI-4) dilakukan dengan mengidentifikasi karateristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, atau portofolio. 

Contoh RPP Format 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 dan 2

Untuk contoh RPP nya dapat dilihat seperti di bawah ini :

      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                            (RPP)
Satuan Pendidikan     : SDN 126 Patampanua
Kelas / Semester      :  4 /2
Tema                  :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema              :  Aku dan Cita-citaku  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPA 
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu            :  1 hari

A.TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
3. Melalui kegiatan  melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4. Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup ada di sekitarnya dengan benar.
B.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
1.Pendahuluan
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
2.Inti (Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Membaca 
Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. 
Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi. 
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)  (Communication)
Ayo Berlatih
Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama. (Hots)
Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang  profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan. (Literasi) 
Ayo Mengamati
Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas. (Collaboration)  
3. Penutup
Ayo Renungkan
Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?
Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu
Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?
Peserta Didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian 15 menit
C.PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian. 

C. Link Download  RPP  1 Lembar Kelas 4 semester 1 dan 2

Untuk File RPP 1 lembar selengkapnya bisa di download melalui Link di bawah ini :
Link File RPP  1 Lembar Kelas 4 semester 2
RPP  Kelas 4 Tema 5
RPP  Kelas 4 Tema 6
RPP  Kelas 4 Tema 7
RPP  Kelas 4 Tema 8
Demikianlah File berupa RPP  Kelas 4 Format 1 Lembar / Halaman semester 1 dan 2 yang saya bagikan mudah mudahan bisa bermanfaat 

#tag
rpp 1 lembar kelas 4 sd semester 2
contoh format rpp 1 lembar kls 4 sd
rpp 1 lembar sd kls 4
contoh rpp sd terbaru 1 lembar kls 4 revisi 2020
format rpp sd 1 lembar kls 4
contoh rpp sd 1 lembar kls 4
rpp 1 lembar sd kls 4
contoh rpp terbaru 1 lembar kls 4

You may like these posts