7 Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tugas Kamu

Apa pun tingkat pendidikannya, tugas menulis akan menjadi bagian dari kurikulum Sekolah. Ini dapat mencakup makalah penelitian, esai, dan berbagai tugas tertulis lainnya. 

7 Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tugas Anda

Mengalami kesulitan dalam menulis tugas-tugas ini adalah hal yang wajar, dan banyak siswa yang menghadapi masalah ini. Namun, Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan mudah jika Anda mengikuti panduan yang diberikan dalam artikel berikut.  

Sebelum kami memperkenalkan kalian pada beberapa kiat yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kemampuan menulis  kamu, mari kita bahas sedikit tentang penulisan tugas. Dengan cara ini, Anda akan memiliki visi yang jelas tentang mengapa kamu perlu menguasai keterampilan ini.

Apa itu Penulisan Tugas, dan Mengapa Anda Perlu Terampil dalam Hal Ini?

Penulisan tugas merupakan setiap karya tulis yang ditugaskan kepada kalian selama masa pendidikan A. Misalnya, jika kamu ditugaskan untuk melakukan penelitian dan menulis artikel tentang topik tertentu, itu akan dianggap sebagai penulisan tugas.

Meningkatkan Keterampilan Menulis

Penyelesaian tugas memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kaliber akademis seorang siswa. Hal ini berlaku untuk sekolah, perguruan tinggi, dan bahkan universitas. Jika kamu diberi tugas tertulis, Kamu diharapkan untuk mengumpulkannya sebelum tanggal jatuh tempo. Jika Anda gagal melakukannya, nilai Anda bisa sangat terpengaruh.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menjadi cukup terampil untuk menulis tugas yang bagus.

         Namun, bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis tugas saya?

Itulah yang akan dibahas pada bagian berikut ini. 

Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tugas Anda

Sekarang, saatnya untuk membahas apa yang Anda tunggu-tunggu. Jadi, mari kita bahas daftarnya.

1. Baca dan Pahami Topik/Pertanyaan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu akan menulis sesuatu adalah memahami topiknya. Dari sudut pandang akademis, topik ini bisa berupa:

  • Pernyataan tesis
  • Sebuah pertanyaan
  • Sebuah kasus penelitian

Dan masih banyak lagi. Apa pun itu, Anda harus memahami apa yang harus Anda tulis. Ada berbagai metode untuk memahami topiknya. Anda bisa mencarinya di internet dan mempelajari beberapa sumber. Berdasarkan apa yang dikatakan sumber-sumber ini, Anda dapat membentuk opini kalain sendiri.  

Baca dan Pahami Topik/Pertanyaan

Demikian pula, jika kamu tidak dapat memahami makna literer dari topik tersebut, membacanya dengan keras atau mencoba menggunakannya dalam sebuah kalimat bisa sangat membantu. Tetapi pendekatan yang lebih praktis adalah dengan berkonsultasi dengan kamus.

2. Buat Garis Besar Sebelum Menulis

Memiliki garis besar yang terstruktur untuk kontennya sebelumnya memiliki manfaat yang sangat besar. Ini menyederhanakan proses penulisannya, dan tidak ada interupsi karena Anda sudah tahu apa yang harus ditulis.

Meningkatkan Keterampilan Menulis


Garis besar juga bisa dibuat dengan lebih dari satu cara. Namun, praktik yang paling umum adalah menuliskan semua ide yang relevan dan mengurutkannya. Ini berarti bahwa ketika kamu melakukan penelitian untuk suatu tugas, Kamu mungkin akan menemukan ide-ide selama proses tersebut.

Kalian harus menulis ide-ide ini dalam bentuk daftar tertulis. Setelah itu, tinjau kembali untuk melihat apakah ide-ide tersebut relevan dengan topiknya atau tidak. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memilih beberapa poin utama yang akan Anda bahas dalam tugasnya. Susunlah poin-poin ini dalam sebuah struktur yang teratur, dan kamu siap untuk memulai.

3. Gunakan Istilah Sederhana

Dalam sebuah tugas, biasanya, kualitas informasi lebih difokuskan dibandingkan dengan kualitas kata-kata. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan istilah-istilah yang lebih sederhana dan mudah dimengerti.

Kamu hanya perlu memastikan bahwa Kamu memberikan informasi yang relevan dan berharga. Siapapun yang memeriksa tugasnya akan menilai sesuai dengan informasi tersebut. Singkatnya, kosakata bukanlah faktor yang sangat penting untuk sebagian besar tugas. 

4. Gunakan Kalimat yang Jelas dan Singkat

Panjang kalimat dapat menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas tugas Anda. Tujuan kalian adalah untuk memudahkan pembaca dan memberikan informasi yang dibutuhkan dengan cara yang seefektif mungkin.

Hal ini dapat dilakukan jika Anda memecah kontennya menjadi kalimat-kalimat pendek, bukan kalimat yang rumit dan panjang. Hal ini akan menyampaikan informasi kepada pembaca dengan cara yang lebih jelas. Keuntungan lain dari penggunaan kalimat pendek adalah bahwa mereka dapat membantu memberikan tugasnya dalam format yang bagus yang terdiri dari paragraf-paragraf pendek. 

5. Only Write Original Content

Sebagai seorang siswa, Kalian tidak boleh menganggap tugas sebagai tugas yang harusnya selesaikan. Pola pikir ini menyebabkan siswa menggunakan konten yang disalin dalam tugas mereka dan mendapatkan hukuman untuk itu. 

Ini karena konten duplikat dapat dengan mudah dideteksi dengan teknologi terbaru. Selain itu, duplikasi ini juga bisa terjadi tanpa disengaja. Terkadang, Anda mungkin secara tidak sadar menulis sesuatu yang dianggap tidak orisinal. Namun, pemeriksa tugas tidak mengetahui hal itu. Mereka hanya akan menganggapnya sebagai plagiarisme..

Untuk menghindari plagiarisme yang tidak disengaja, Anda harus selalu memeriksanya sebelum mengirimkannya. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Misalnya, mengirimkan konten melalui  cek plagiarisme gratis dapat memberi tahu kalian apakah konten Anda asli atau disalin hanya dalam beberapa saat.

Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis

Memanfaatkan Gaya Penulisan yang Bervariasi

Memahami sifat tugas dan menulis sesuai dengan itu adalah langkah penting dalam penulisan tugas. Tergantung pada jenis tugas, Anda harus mengubah gaya penulisannya. Gaya-gaya ini dan tujuannya diberikan di bawah ini:

  • Informasi/Ekspositori: Menyampaikan informasi dengan menggunakan fakta dan angka
  • Deskriptif: Untuk menjelaskan sesuatu secara detail
  • Persuasif: Untuk meyakinkan pembaca tentang sesuatu
  • Narasi: Untuk mendeskripsikan cerita (baik fiksi maupun bukan)

Setelah melihat semua jenis ini, Kalian mungkin berpikir, bagaimana saya tahu gaya mana yang harus saya gunakan? Sebenarnya, itu semua tergantung pada apa yang Anda tulis. Sebagai contoh, jika topik Anda adalah tentang makhluk ilmiah, maka gaya informasional adalah yang terbaik.

Namun, jika kamu harus menulis esai yang memberikan pelajaran, maka gaya naratif akan lebih cocok. 

Tinjau dan Merevisi Konten Setelah Selesai

Meskipun Anda merasa sudah sangat berhati-hati saat menulis tugas, Anda tidak boleh melewatkan langkah peninjauan ulang. Ketika Anda membaca ulang tugas Anda setelah menyelesaikannya, ada kemungkinan besar kamu akan menemukan kesalahan.

Kesalahan ini bisa sesederhana huruf yang hilang, tetapi tetap saja dapat memengaruhi kualitas konten Anda. Jadi, pastikan untuk menghapusnya dari tulisan Anda. Beberapa kesalahan umum lainnya yang harusnya hilangkan adalah:

  1. Kata-kata yang berlebihan
  2. Struktur kalimat yang sulit dipahami
  3. Kesalahan pengejaan
  4. Kesalahan pemformatan

Kesimpulan

Menulis tugas yang dibuat dengan baik tidak semudah yang kalian bayangkan. Namun, jika teknik yang tepat digunakan, proses ini menjadi jauh lebih nyaman. Teknik-teknik ini disediakan dalam artikel ini, dan Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis tugas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url