Contoh RPP Berdiferensiasi SD, Serta Langkah Langkah Menyusunnya

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan siswa. Seorang guru harus memahami Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajaran dapat terlaksana dengan sukses.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi adalah suatu rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar siswa. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP pada Kurikulum 2013, karena ada tiga elemen yang membedakannya yaitu konten, proses, dan produk pembelajaran.

Langkah Langkah Menyusun RPP Berdiferensiasi SD

Proses penyusunan RPP berdiferensiasi memerlukan beberapa langkah penting yang harus dilakukan oleh guru, antara lain:

1. Melakukan pemetaan profil belajar siswa

Sebelum menyusun RPP berdiferensiasi, seorang guru harus memetakan profil belajar siswa. Profil belajar siswa mencakup informasi tentang kebutuhan, kecerdasan, minat, dan gaya belajar siswa. Dengan memahami profil belajar siswa, guru dapat membuat pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

2. Menganalisis silabus dan mengkaji KI dan KD

Guru harus memahami silabus dan mengkaji Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang terkait dengan materi yang akan diajarkan. Dengan memahami silabus dan KI-KD, guru dapat menentukan materi yang tepat dan relevan dengan kebutuhan siswa.

3. Menentukan materi pokok

Guru harus menentukan materi pokok yang akan diajarkan. Materi pokok ini harus disesuaikan dengan profil belajar siswa dan harus relevan dengan KI-KD.

4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Guru harus merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang terkait dengan materi pokok yang akan diajarkan. IPK digunakan untuk mengukur apakah siswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan.

5. Menentukan jenis diferensiasi yang akan diakomodir dalam RPP (konten, proses, produk pembelajaran)

Guru harus menentukan jenis diferensiasi yang akan diakomodir dalam RPP. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, ada tiga jenis diferensiasi yang bisa dilakukan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk pembelajaran.

6. Memilih sumber / media pembelajaran

Guru harus memilih sumber atau media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan dan profil belajar siswa. Pilihan sumber atau media pembelajaran harus menarik, inovatif, dan efektif.

7. Menentukan jenis penilaian

Guru harus menentukan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian siswa. Penilaian harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan harus relevan dengan IPK.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, seorang guru dapat menyusun RPP

Contoh RPP Berdiferensiasi SD

MEMBUAT RPP BERDIFERENSIASI PEMBELAJARAN LURING

Langkah awal yang di lakukan sebelum membuat RPP, yaitu :

1. Menganalisis kebutuhan belajar

Memetakan kebutuhan belajar siswa berdasarkan profil belajar siswa

2. Menganalisis strategi diferensiasi

Menganalisi 2 strategi diferensiasi yaitu diferensiasi proses dan produk

berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan belajar siswa.

Contoh pemetaan belajar berdasarkan profil belajar murid ( Gaya Belajar )

Tujuan pembelajaraan siswa mampu menyebutkan pengamalan persatuan dan kesatuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dengan percaya diri melalui mengamati gambar dan membaca teks tentang kepemimpinan.

Contoh RPP Berdiferensiasi SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) BERDIFERENSIASI

Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 ASTAPADA

Kelas / Semester : VI (Enam) / 2

Tema 7 : Kepemimpinan

Sub Tema 1 : Kepemimpinan di Sekitarku

Pembelajaran : 1

Mupel : ( Bahasa Indonesia, PPKn,)

Focus Pembelajaran : PPKn

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

PPKn

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

1.2 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

1.1.1 Menerima nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

1.1.2 Meyakini nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah mengamati gambar dan membaca teks tentang kepemimpinan, siswa  mampu menyebutkan pengamalan persatuan dan kesatuan yang harus dimiliki  oleh seorang pemimpin dengan percaya diri.

2. Setelah membaca teks tentang pengamalan persatuan dan kesatuan, siswa  mampu mengaitkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kegiatannya  sehari-hari dengan percaya diri.

D. MATERI PELAJARAN 

Pemimpin disekitarku

E. METODE PEMBELAJARAN 

 Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi /  mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan  mengkomunikasikan)

 Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan 

ceramah

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan 

 Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa 

berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.

 Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar  kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan  tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan  pembelajaran. ( Integritas )

 Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang  akan di pelajari dan diharapkan dikaitkan dengan  pengalaman peserta didik dengan mengamati gambar  contoh pemimpin disekitarku. (Apersepsi)

 Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk  menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang  akan dibahas pada tema.

 Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai  dalam kehidupan sehari – hari. ( Motivasi )

Kegiatan Inti 

Guru melakukan diferensiasi Konten 

Guru menayangkan vidio kepemimpinan disekitar  (Konstektual, mengamati, dan tanggung jawab) melalui https://www.youtube.com/watch?v=1S0q-C_nTCM

 Siswa diajak berdiskusi tentang kepemimpinan. Guru  mengajak siswa berdiskusi tentang vidio kepemimpinan  yang telah diamati. (Menanya dan mengkomunikasikan)

 Siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama pemimpin yang mereka ketahui atau mereka kenal dan  menuliskannya di papan tulis bagian kiri. (Mengekplorasi)

 Guru kemudian meminta siswa untuk menyebutkan  alasan mereka mengapa memilih nama-nama tersebut. (Mengasosiasi)

 Siswa diajak membaca nama-nama pemimpin yang  tertulis di papan tulis beserta alasannya. (Mengamati)

 Setelah nama-nama pemimpin dirasakan cukup  jumlahnya, siswa kemudian diajak membaca nama-nama  tersebut beserta alasannya. Guru kemudian dapat  mengajukan pertanyaan berikut untuk menyimpulkan  tentang konsep pemimpin.

 Siswa kemudian diajak untuk menyimpulkan nilai-nilai  yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin yang terdapat  di sebelah kanan papan tulis. Contoh: jujur, disiplin,  menghormati orang lain, memikirkan nasib orang banyak,  dan seterusnya.

 Guru menyampaikan kepada siswa bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, seorang pemimpin harus  memiliki nilai-nilai kepemimpinan. Untuk menguatkan  pemahaman siswa tentang nilai-nilai kepemimpinan,  siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar  sekelompok angsa terbang yang terdapat di dalam buku  siswa dan mengajak mereka membaca teks dalam hati. (Mengkomunikasikan) 

"Seorang pemimpin harus dapat menyatukan  anggotanya. Nilai-nilai yang kalian temukan merupakan  nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.  Persatuan akan terwujud apabila ada kerjasama, saling  percaya, jujur dan tidak mementingkan diri sendiri.  Seorang pemimpin harus memiliki tujuan untuk dicapai  bersama anggotanya."

 Untuk menambah pemahaman tentang nilai-nilai  kepemimpinan, siswa melakukan diskusi dan  mengajukan pertanyaan. Kegiatan yang dilakukan adalah  membahas kepemimpinan yang ada di sekolah. Hal ini  dimaksudkan agar siswa memahami kepemimpinan yang  ada di sekitar mereka, termasuk di lembaga sosial, yaitu  sekolah. Guru dapat mengajukan pertanyaan berikut  (dan diharapkan mengembangkannya apabila perlu). 

 (Mengekplorasi)

Kegiatan Penutup 

 Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan  dibimbing guru.

 Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan  pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan  yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk  perbaikan langkah selanjutnya.

 Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan  memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.

 Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan  berikutnya.

 Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

G. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Buku Siswa Tema : ”Kepemimpinan” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu  Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).

Gambar format V yang dihasilkan oleh sekelompok angsa terbang

H. PENILAIAN PEMBELAJARAN

1. Sikap

Perubahan Tingkah Laku

Kerjasama

Santun

Mandiri

2. Pengetahuan 

Apakah kalian memiliki  seorang pemimpin di rumah?

Ceritakan sosok pemimpin  tersebut! (pertanyaan ini  diajukan untuk mengetahui  nilai-nilai yang  ditunjukkannya).

Apa yang kamu ketahui  tentang pemimpin?

3. Keterampilan

Penilaian  Keterampilan 

Penilaian keterampilan  menggunakan LKPD 

Download Contoh RPP Berdiferensiasi SD

Untuk Contoh yang lebih lengkapnya dapat mengundunya pada link di bawah ini :

Contoh RPP Berdiferensiasi SD

Demikianlah artikel admin tentang Contoh RPP Berdiferensiasi SD, Semoga tulisan ini bisa bermanfaat trimah kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url