Memahami Luas dan Keliling Bangun Datar

Pada artikel kali admin akan mencoba membahas tentang bagaimana Memahami Luas dan Keliling Bangun Datar. Luas dan keliling merupakan dua konsep dasar dalam geometri. Luas merupakan ukuran luas permukaan suatu bangun datar, sementara keliling merupakan panjang seluruh sisi suatu bangun datar.

Adapun bangun datar yang admin bahas sebanyak 5 buah bangun datar yaitu : persegi, persegi panjang, jajar genjang, segitiga dan lingkaran. Untuk memahami luas dan keliling bangun datar tersebut, baca terus sampai akhir tulisan ini :

1. Persegi

Persegi memiliki empat sisi yang semua panjangnya sama. Rumus untuk menghitung luas persegi adalah s x s (atau kwadrat s), dengan s adalah panjang sisi persegi. Misalnya, jika panjang sisi persegi adalah 2 cm, maka luas persegi adalah 2 x 2 = 4 cm^2. Sedangkan rumus untuk menghitung keliling persegi adalah 4 x s, dengan s adalah panjang sisi persegi. Misalnya, jika panjang sisi persegi adalah 2 cm, maka keliling persegi adalah 4 x 2 = 8 cm.

2. Persegi Panjang

Persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang panjangnya sama. Rumus untuk menghitung luas persegi panjang adalah p x l, dengan p adalah panjang persegi panjang dan l adalah lebarnya. Misalnya, jika panjang persegi panjang adalah 6 m dan lebarnya adalah 3 m, maka luas persegi panjang adalah 6 x 3 = 18 m^2. 

Sedangkan rumus untuk menghitung keliling persegi panjang adalah 2 x (p + l), dengan p adalah panjang persegi panjang dan l adalah lebarnya. Misalnya, jika panjang persegi panjang adalah 6 m dan lebarnya adalah 3 m, maka keliling persegi panjang adalah 2 x (6 + 3) = 18 m.

3. Jajar Genjang

Jajar genjang memiliki dua sisi yang panjangnya sama, yang disebut sisi alas, serta dua sisi lainnya yang disebut sisi tegak. Rumus untuk menghitung luas jajar genjang adalah a x t, dengan a adalah panjang sisi alas dan t adalah panjang sisi tegak. Misalnya, jika panjang sisi alas jajar genjang adalah 4 cm dan panjang sisi tegaknya adalah 6 cm, maka luas jajar genjang adalah 4 x 6 = 24 cm^2. 

Sedangkan rumus untuk menghitung keliling jajar genjang adalah 2 x (a + t), dengan a adalah panjang sisi alas dan t adalah panjang sisi tegak. Misalnya, jika panjang sisi alas jajar genjang adalah 4 cm dan panjang sisi tegaknya adalah 6 cm, maka keliling jajar genjang adalah 2 x (4 + 6) = 20 cm.

4. Segitiga

Segitiga memiliki tiga sisi yang panjangnya berbeda-beda. Rumus untuk menghitung luas segitiga adalah 1/2 x a x t, dengan a adalah panjang alas segitiga dan t adalah tinggi segitiga. Misalnya, jika panjang alas segitiga adalah 6 cm dan tingginya adalah 4 cm, maka luas segitiga adalah 1/2 x 6 x 4 = 12 cm^2. Sedangkan rumus untuk menghitung keliling segitiga adalah s1 + s2 + s3, dengan s1, s2, dan s3 adalah panjang sisi-sisi segitiga.

5. Lingkaran

Lingkaran memiliki satu sisi yang panjangnya tidak terhingga, yaitu jari-jari. Rumus untuk menghitung luas lingkaran adalah π x r^2, dengan r adalah jari-jari lingkaran. Misalnya, jika jari-jari lingkaran adalah 4 cm, maka luas lingkaran adalah π x 4^2 = 16π cm^2. Sedangkan rumus untuk menghitung keliling lingkaran adalah 2 x π x r, dengan r adalah jari-jari lingkaran. Misalnya, jika jari-jari lingkaran adalah 4 cm, maka keliling lingkaran adalah 2 x π x 4 = 8π cm.

Ini adalah penjelasan tentang luas dan keliling bangun datar. dan jika kesulitan memahaminya admin sudah menyematkan video dari youtube yang admin sematkan di awal artikel ini. Semoga tulisan ini bisa membantu teman teman semuanya.

Next Post Previous Post