Pengertian Median, Mean dan Modus Serta Cara Menghitungnya

Apa median, mean dan modus dan bagaimana cara menghitungnya? Admin akan menjelaskannya secara rinci sebagai berikut !

Pengertian Median, Mean dan Modus

Median, mean dan modus semuanya menyatakan sesuatu tentang sekelompok angka. Ketiganya dihitung dengan cara yang berbeda.

Search Keyword :pengertian mean, median modus dan contohnya,contoh soal mean, median, modus ,pengertian mean, median, modus pdfcontoh soal mean, median, modus data kelompok
, contoh soal mean, median, modus data tunggal, median adalah, contoh soal mean, median modus data, kelompok dan penyelesaiannya, pengertian modus dalam matematika

Pengertian Median, Mean dan Modus

Pengertian Median

Median adalah angka tengah dari semua angka yang ada dalam sebuah deret. Anda dapat menemukan median dengan mengurutkan semua angka dari terendah hingga tertinggi. Kemudian lihat angka mana yang ada di tengah. Angka ini adalah yang di sebut dengan median. 

Misalnya, jika Anda memiliki lima angka, angka ketiga adalah median. Jika Anda memiliki bilangan genap, mediannya adalah rata-rata dari dua angka di tengah.

Bagaimana cara menghitung mediannya ?

Contoh

Tentukan median dari bilangan-bilangan berikut : 1, 2, 6, 9, 12, 14 ?

Dari data diatas terlihat ada 6 angka, jadi median adalah rata-rata dari angka ke-3 dan ke-4. Angka tersebut adalah 6 dan 9, jadi mediannya adalah ( 6+9 ) / 2 = 7,5.

Baca Juga : 

Pengertian Mean ( Rata-rata )

Rata-rata adalah jumlah semua angka dalam data dibagi dengan berapa banyak data dalam kelompok. Misalnya, rata-rata dari 5 dan 3 adalah: (5+3)/2 = 4. Jadi, Untuk dapat menghitung rata-rata yaitu dengan menjumlahkan semua angka lalu membaginya denganbanyaknya data .

Cara menghitung mean ?

Contoh

Carilah rata rata dari bilangan-bilangan berikut: 15, 4, 9, 16 ?

Pertama, semua angka dijumlahkan, jadi: 15 + 4 + 9 + 16 = 44. Kemudian dibagi dengan banyaknya angka, jadi 44 / 4 = 11. Jadi rata-rata dari angka-angka ini adalah 11.

Baca Juga : 

Pengertian Modus

Modus adalah angka atau kata yang paling sering muncul dalam suatu kelompok, Sederhananya: Modus adalah nilai atau kelas dengan frekuensi tertinggi.  Jadi  modus juga dapat terjadi dalam hal warna, misalnya. 

Jika Anda memiliki kelompok warnah berikut: hijau, hijau, merah, putih, kuning, maka hijau adalah modusnya. Jika ada beberapa angka atau kata yang paling sering muncul, maka ada beberapa modusnya.

Cara menentukan modus ?

Contoh

Tentukan modus dari kelompok bilangan berikut : 5, 6, 7, 6, 7, 6, 3, 2, 1 ?

Angka 6 adalah yang paling sering muncul di sini, yaitu 3 kali. Jadi dapat di tentukan angka 6 adalah modusnya.

Baca Juga :

Demikianlah artikel admin tentang Pengertian Median, Mean dan Modus Serta Cara Menghitungnya. Semoga bermanfaat, trimahkasih.

Next Post Previous Post