Cara Mencari Simpangan Rata Rata dan Rata-Rata Data Kelompok, Contoh Soal dan Langkah Langkahnya

Admin Gurupertama akan membagikan artikel tentang Cara Mencari Simpangan Rata Rata dan Rata-Rata Data Kelompok, Contoh Soal dan Langkah Langkahnya

Cara Mencari Simpangan Rata Rata

Menghitung Simpangan Rata Rata dapat menjadi cara yang efektif untuk menganalisis variabilitas dalam kumpulan data. Terlepas dari sifat pasti dari data yang dikompilasi, mengetahui penyimpangan rata-rata dapat membantu Anda menafsirkannya. Mengetahui bagaimana menghitung Simpangan Rata Rata adalah keterampilan yang berharga, tetapi dibutuhkan contoh dan latihan. Dalam artikel ini, kita membahas apa itu Simpangan Rata Rata, cara menghitungnya

Apa itu Simpangan Rata Rata

Penyimpangan rata-rata dari kumpulan data adalah rata-rata dari semua penyimpangan dari titik pusat yang ditetapkan. Ini adalah alat statistik untuk mengukur jarak dari rata-rata atau median, dengan rata-rata adalah nilai rata-rata dari semua angka dalam kumpulan data dan median adalah angka tengah yang tepat ketika kita mengurutkan kumpulan data dari angka terendah ke angka tertinggi. 

Meskipun saat bekerja dengan kumpulan data yang relatif kecil, Anda dapat menghitung deviasi rata-rata secara manual, kumpulan data yang lebih besar biasanya memerlukan perangkat lunak khusus yang melakukan perhitungan untuk Anda setelah memasukkan data awal.

Cara Mencari Simpangan Rata Rata

Adapun langkah-langkah sederhana saat Cara Mencari Simpangan Rata Rata dari kumpulan data sebagai berikut:

1. Hitung mean/median

Langkah pertama adalah menghitung mean. kita dapat melakukannya dengan menambahkan semua nilai dalam kumpulan data dan membagi jumlah yang dihasilkan dengan jumlah total nilai.

Atau, Anda dapat menghitung median jika Anda ingin menggunakannya sebagai ganti mean. Atur semua angka dalam urutan numerik dan hitung berapa banyak jumlahnya. Kemudian, jika jumlahnya ganjil, bagilah menjadi dua dan bulatkan untuk mencari posisi median. Jika jumlah totalnya genap, bagilah dengan dua dan buat rata-rata antara angka di posisi itu dan angka di posisi berikutnya yang lebih tinggi.

2. Hitung simpangan dari mean

Setelah menghitung mean, Anda dapat menghitung Simpangan dari mean untuk setiap nilai dalam kumpulan data. Hitung perbedaan antara rata-rata yang dihitung sebelumnya dan setiap nilai dalam kumpulan data dan tuliskan nilai absolut dari angka yang dihasilkan. Nilai mutlak suatu bilangan adalah modulusnya atau nilai non-negatifnya. Karena arah setiap variasi tidak relevan saat menghitung deviasi rata-rata, semua angka yang dihasilkan adalah positif.

3. Hitung jumlah semua simpangan

Setelah menghitung deviasi dari mean untuk setiap nilai dalam kumpulan data, Perlu menjumlahkannya. Karena ini adalah operasi nilai absolut, setiap nilai harus berupa bilangan positif.

4. Hitung simpangan rata-rata

Terakhir, hitung simpangan rata-rata kumpulan data dengan membagi jumlah semua simpangan yang dihitung sebelumnya dengan jumlah total simpangan yang di tambahkan bersama. Angka yang dihasilkan adalah deviasi rata-rata dari mean.

Contoh

Contoh soal Cara Mencari Simpangan Rata Rata.

Seorang pemain bola basket memainkan 5 pertandingan sejauh musim ini. Angka skor dari setiap permainan adalah 23, 30, 31, 15 dan 46.

Langkah pertama adalah menghitung mean. Anda melakukan ini dengan menambahkan poin dan membagi hasilnya dengan lima pertandingan.

*23+30+31+15+46= 145*

*145/5= 29*

Sekarang setelah menentukan bahwa pemain telah mencetak rata-rata 29 poin per game, kita perlu menghitung simpangan dari mean untuk setiap game.

*23-29= 6*

*30-29= 1*

*31-29= 2*

*15-29= 14*

46-29= 17

Selanjutnya, adalah menghitung jumlah semua simpangan.

*6+1+2+14+17= 40*

 Simpangan rata-rata adalah jumlah semua  simpangan dibagi dengan jumlah total pertandingan.

*Penyimpangan rata-rata=40/5= 8*

Penyimpangan rata-rata dari rata-rata mengenai poin yang dicetak dalam lima pertandingan pertama musim ini adalah 8 

Cara Mencari Rata-Rata Data Kelompok

Contoh berikut admin akan menunjukkan bagaimana Cara Mencari Rata-Rata Data Kelompok

Contoh Soal Cara Mencari Rata-Rata Data Kelompok

Di kantor Tim, ada 25 karyawan. Setiap karyawan melakukan perjalanan ke tempat kerja setiap pagi dengan mobilnya sendiri. Distribusi atau gambaran waktu mengemudi (dalam menit) dari rumah ke tempat kerja untuk karyawan ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

Waktu Mengemudi (menit)Jumlah karyawan
0 hingga kurang dari 103
10 hingga kurang dari 2010
20 hingga kurang dari 306
30 hingga kurang dari 404
40 hingga kurang dari 502

Hitung rata-rata waktu mengemudi ? 

Langkah 1: Tentukan titik tengah untuk setiap interval.

Untuk 0 sampai kurang dari 10, titik tengahnya adalah 5.

Untuk 10 sampai kurang dari 20, titik tengahnya adalah 15.

Untuk 20 hingga kurang dari 30, titik tengahnya adalah 25.

Untuk 30 sampai kurang dari 40, titik tengahnya adalah 35.

Untuk 40 sampai kurang dari 50, titik tengahnya adalah 45.

Langkah 2: Kalikan setiap titik tengah dengan frekuensi untuk kelas.

Untuk 0 hingga kurang dari 10, (5).(3) = 15

Untuk 10 hingga kurang dari 20, (15).(10) = 150

Untuk 20 hingga kurang dari 30, (25).(6) = 150

Untuk 30 hingga kurang dari 40, (35).(4) = 140

Untuk 40 hingga kurang dari 50, (45).(2) = 90

Langkah 3: Tambahkan hasil dari Langkah 2 dan bagi hasilnya dengan 25.

15 + 150 + 150 + 140 + 90 = 545

Rata rata = 545/25 = 21,8 

Setiap karyawan menghabiskan waktu rata-rata (rata-rata) 21,8 menit berkendara dari rumah ke kantor setiap pagi.

Demikianlah artikel admin tentang Cara Mencari Simpangan Rata Rata dan Rata-Rata Data Kelompok, Contoh Soal dan Langkah Langkahnya. semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url