Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

Gurupertama. Pada kesempatan kali ini admin gurupertama akan membagikan artikel tentang latihan membuat soal asesmen literasi membuat tingkat sd.  Numerasi mengacu pada kemampuan untuk menggunakan, menafsirkan serta mengkomunikasikan informasi matematika untuk memecahkan masalah dunia nyata. Ini termasuk kemampuan untuk memahami matematika dasar seperti penambahan, pengurangan, pembagian serta perkalian. 

Soal asesmen literasi dan numerasi untuk tingkat SD ditujukan untuk menguji kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 2 sampai dengan 6. Keterampilan berhitung yang lebih maju menggabungkan penggunaan konsep grafis, spasial, statistik, aljabar serta kemampuan untuk menafsirkan data itu kemudian menerapkannya pada situasi dunia nyata.

Penting untuk menilai tingkat literasi siswa sekolah dasar. Kegiatan Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD akan menjadi latihan yang baik bagi Anda untuk menguji kemampuan Anda dalam membuat soal penilaian literasi untuk tingkat SD

Tahap Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

Pada jenjang SD/MI terdapat 3 level pembelajaran Asesmen Numerasi, yaitu:

Level pembelajaran 1 untuk kelas 2, siswa belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Siswa mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Pada level ini siswa juga mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.  

Level pembelajaran 2 untuk kelas 4, siswa belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Siswa juga mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Terakhir siswa juga mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang. 

Level pembelajaran 3 untuk kelas 6, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa mengenal bangun geometri atau pengukurannya. Siswa juga mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi atau fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya.

Kegiatan Membuat Soal Asesmen Numerasi akan melibatkan Anda merancang pertanyaan penilaian literasi untuk tingkat dasar. Anda harus merancang pertanyaan penilaian literasi yang relevan dengan keterampilan membaca dalam mengidentifikasi kata-kata dalam sebuah kalimat.

Pertanyaan penilaian literasi tingkat SD harus didasarkan pada keterampilan membaca untuk mengidentifikasi kata-kata dalam sebuah kalimat. Keterampilan membaca berikut termasuk dalam keterampilan ini:

- Mengidentifikasi kata dalam kalimat - Mengidentifikasi huruf dalam kata

- Membaca satu kata pada satu waktu

- Membaca dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah

Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

1. Luas taman di halaman belakang sebuah rumah adalah 58 m2.3/8 bagian taman digunakan untuk kolam.  /3 bagian untuk rumput dan tanaman lain. Sisanya ditutup dengan batu koral. Luas taman yang digunakan untuk kolam adalah ....

Jawab : .............................

7,25 m2

16,65  m2

 21,75 m2

38,67 m2

Kunci Jawaban/ Pembahasan : C

2. Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel?

Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD










Jawab : .............................

Kunci Jawaban / Pembahasan

9/25

Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD










3. Perhatikan gambar di atas!

Sebuah motor masuk ke dalam area parkir Stasiun Jakarta Kota pada pukul 09.50 dan keluar pada pukul 18:00. Berapa kembalian yang akan diterima bila ia membayar dengan selembar uang Rp50.000,00?

Jawaban : .............................

Kunci Jawaban/ Pembahasan

40.000 Rupiah

4. Diagram lingkaran berikut adalah data hasil panen desa Mentari.










Jika jumlah seluruh panen adalah 500 kwintal, berapa kwintal panen jagung?

A. 250 kwintal.

B. 125 kwintal.

C. 100 kwintal.

D. 25 kwintal.

Kunci Jawaban/ Pembahasan : B

5. Perhatikan gambar berikut!









Seandainya air yang dibiarkan mengalir selama 1 jam tersebut ditampung di dalam sebuah wadah/ember, wadah/ember manakah yang akan kamu gunakan agar dapat menampung seluruh air tersebut?

A. Wadah/ember berkapasitas lebih dari 350 liter.

B. Wadah/ember berkapasitas kurang dari 350 liter.

Jelaskan dengan perhitungan !

A . Karena 1 jam = 60 menit, maka volumenya = 60 dikali 6 = 360 liter.

6. Pak Darmo berjualan bubur ayam setiap hari Senin – Jumat dengan modal Rp400.000,00 per hari. Satu porsi bubur ayam dijual Rp10.000,00 dan air mineral Rp4.000,00 per botol. Pada hari Senin sampai dengan hari Kamis 10% keuntungan Pak Darmo disumbangkan untuk Panti Asuhan Maju Bersama, sedangkan  pada hari Jumat seluruh keuntungan disumbangkan untuk panti asuhan tersebut.

Jika pada suatu hari Kamis ia menjual bubur ayam 80 porsi dan 30 botol air mineral, maka besar sumbangan ke panti asuhan sebesar .... rupiah

Kunci Jawaban/ Pembahasan : 52.000

Demikianlah artikel kami tentang Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD. semoga menjadi bahan literasi untuk Bapak serta Ibu guru. trimah kasih

Next Post Previous Post
1 Comments
  • maryani esde
    maryani esde 7/31/2021 10:37 PM

    makasih,pak. bermanfaat sekali

Add Comment
comment url