Kelas Virtual Apa kelebihan dan Kekurangannya

Kelas Virtual  Apa kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini ruang kelas virtual digunakan di mana-mana karena penerapan ruang kelas online dan teknologi transformasi digital dalam skala luas. Pandemi covid baru-baru ini telah mengubah hampir semua ruang kelas offline menjadi ruang kelas virtual.
Saat ini ruang kelas virtual telah banyak digunakan di mana-mana karena implementasi ruang kelas online dan teknologi perubahaan digital dalam wilayah yang luas. Pandemi covid 19 ini telah mengubah hampir semua ruang kelas konvensional menjadi ruang kelas virtual.
Kelas virtual membantu para guru dan pelajar di seluruh dunia untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi. Siswa dan guru belajar dan mengajar dari rumah mereka menggunakan teknologi kelas virtual yang berbeda.
Pada artikel ini, kita akan mengetahui apa pengertian ruang kelas virtual dan keuntungan yang berbeda dari penerapan teknologi kelas virtual dalam linkungan pendidikan. Kami juga akan memaparkan apa apa saja yang harus ada di kelas virtual dan tips untuk memilih dan menerapkan alat kelas virtual untuk proses pembelajaran. Artikel ini juga akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan yang terkait saat menerapkan teknologi kelas virtual dalam lingkungan pendidikan.

Apa itu Kelas Virtual ( Kelas Maya ) ?

Sebelum mengartiakan kelas virtual, kita harus memahami istilah “Lingkungan Belajar Virtual”. Lingkungan belajar virtual adalah platform berbasis web yang menyediakan konten pembelajaran dengan cara yang terstruktur mirip dengan yang tersedia dari pembelajaran di kelas biasa. Isi materi akan tersedia dalam bentuk materi pelajaran terstruktur seperti buku teks. Sumber daya untuk berbagai materi pelajaran akan tersedia terkait dengan materi pelajaran terkait. Akan ada juga fasilitas untuk interaksi guru-siswa dan siswa-siswa bersamaan dengan pembelajaran.
Kelas virtual adalah VLE (Virtual Learning Environment) yang memfasilitasi interaksi langsung antara guru dan siswa. Setelah Kamu memahami definisi ini, Kamu dapat secara terpisah mengidentifikasi teknologi kelas virtual dari alat e-learning lainnya seperti LMS (Sistem Manajemen Pembelajaran) dan Institute ERPs (Perangkat Lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan) . kelas virtual atau kelas maya merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan

8 Kelebihan Kelas Virtual dibandingkan Kelas normal ( Kelas Konvensional )

1. Interaksi langsung

Teknologi perangkat lunak kelas virtual memungkingkan adanya interaksi langsung antara guru dan siswa namun berbeda tempat. Ini dicapai dengan menggunakan fitur konferensi video ( live streaming ) yang tersedia di alat ini. Bersamaan dengan solusi konferensi video, akan ada fitur obrolan grup yang memungkinkan umpan balik cepat kepada guru dan bertanya jawab langsung terhadap materi pelajaran yang yang belum di mengerti. Interaksi langsung yang tersedia dalam solusi kelas virtual dapat menyesuaikan dengan ruang kelas fisik dalam beberapa perspektif dan dapat menyediakan lebih banyak jalur komunikasi antara pelajar dan guru.

2. Skalabilitas

Ruang kelas virtual memiliki kemampuan untuk menyatukan dari 1 atau 10 pelajar menjadi ratusan pelajar secara cepat. Sulit untuk menampung ratusan pelajar dalam satu kelas fisik dan mengetahui perilaku setiap siswa. Melalui teknologi kelas virtual, hal ini dapat dicapai. Skalabilitas juga tentang skalabilitas teknologi tentang bagaimana perangkat lunak akan mampu menangani peningkatan beban yang tiba-tiba sementara ada banyak pengguna yang berpartisipasi dalam proses pembelajaran menggunakan streaming video dan obrolan langsung. Ada alat yang juga dapat menyediakan ujian online waktu nyata untuk ribuan siswa.

3. Ketersediaan 

Kelebihan dari kelas virtual yaitu tersedia di mana saja, kapan saja dengan memanfaatkan internet dan server hosting yang ada di mana-mana. Ketersediaan solusi kelas virtual di mana-mana ini membantu menjadikan pendidikan lebih demokratis karena dapat menjangkau banyak wilayah di seluruh dunia di mana ketersediaan guru yang berkualitas kurang dari yang dibutuhkan.

4. Aksesibilitas 

Ketersediaan ruang kelas virtual di mana saja dan kapan saja juga ditingkatkan dengan aksesibilitas melalui berbagai perangkat. Siswa dapat berpartisipasi dalam ruang kelas virtual dari ponsel mereka atau perangkat lain yang mereka sukai yang didukung oleh perangkat lunak. Instalasi dan peningkatan terjadi secara instan dan pengguna tidak perlu khawatir tentang dukungan offline apa pun.

5. Diskusi asinkron dengan teman sekelas

Meskipun fitur fitur utama dari kelas virtual adalah sifatnya yang sinkron, diskusi dan kemajuan pembelajaran dapat terjadi secara tidak sinkron karena ketersediaan ruang kelas virtual. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kapan saja dan siswa atau guru lain dapat menjawabnya setelah satu atau dua hari. Para siswa yang mengajukan pertanyaan akan mendapatkan pesan singkat ketika jawabannya dikirim.

6. Pembelajaran yang dipersonalisasi

Kelas virtual dapat memberikan pembelajaran yang lebih personal dengan penggunaan teknologi. Pembelajaran AI (Kecerdasan Buatan) dapat mempelajari kebiasaan belajar unik setiap siswa dan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih personal. Bahkan tanpa ML dan AI, ada berbagai elemen personalisasi yang tersedia dalam solusi kelas virtual seperti konfigurasi dan penyesuaian dari sisi siswa dan guru.

7. Keterlacakan dengan analitik pembelajaran

Karena solusi kelas virtual sepenuhnya digital, semua data yang terkait dengan pelajar individu dapat dilacak dan dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai laporan yang dapat membantu guru dan tim kepemimpinan dalam menilai perilaku dan kapasitas belajar setiap siswa. Laporan juga dapat menyoroti kinerja kelompok di kelas serta metode pengajaran guru.

8. Biaya yang lebih sedikt

Solusi ruang kelas virtual juga memberikan manfaat biaya bagi pimpinan lembaga jika dibandingkan dengan ruang kelas fisik. Mengelola ruang kelas fisik mahal dan bila dibandingkan dengan harga lisensi dan biaya pemeliharaan tahunan ruang kelas virtual, ruang kelas fisik ditemukan jauh lebih mahal daripada ruang kelas virtual. 

Ruang kelas virtual memiliki kekurangannya sendiri jika dibandingkan dengan ruang kelas biasa.

Fitur Utama Kelas Virtual

Fitur fitur yang Harus Dimiliki dari Kelas Virtual agar pembelajaran bisa berjalan lebih efektif  sebagai berikut :

1. Video Konverensi

Video Konferensi memungkinkan guru dan pelajar untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran dari mana saja di seluruh dunia. Partisipasi kelas virtual dipastikan melalui fitur Video Konferensi yang disediakan. Video Konferensi berbeda dengan video ceramah yang direkam. Video Konferensi berkualitas tinggi adalah suatu keharusan untuk memastikan kelas virtual yang sukses.

2. Papan tulis digital

Papan tulis digital membantu guru untuk mempresentasikan materi pelajaran yang dibahas dalam setiap Video Konferensi. Papan tulis dapat digunakan dalam berbagai cara dan menyediakan fungsionalitas kolaborasi untuk memungkinkan pelajar juga menggunakan papan tulis bila diperlukan. Fungsionalitas papan tulis ini menggantikan papan tulis kelas biasa yang digunakan saat mengajar di ruang kelas biasa.

3. Kompatibilitas

Kompatibilitas perangkat memastikan perangkat lunak kelas virtual dapat berjalan di beberapa perangkat. Peserta didik akan menggunakan perangkat yang berbeda seperti ponsel Android, iPhone, desktop pc atau laptop. Kelas virtual harus dapat berjalan tanpa masalah pada web browser di desktop pc dan laptop. Juga, penyedia perangkat lunak harus memiliki aplikasi yang tersedia untuk Android dan iPhone. 

4. Keamanan & Privasi

Semua perangkat lunak kelas virtual harus aman dan memberikan jaminan kerahasiaan terbaik karena menangani data peserta didik dan lembaga pendidikan. Sebagian besar perangkat lunak kelas virtual menyediakan enkripsi sendiri sendiri untuk memastikan keamanan dan privasi. Tanggung jawab menggunakan perangkat lunak dengan aman juga dimiliki oleh pengguna individu yang harus mengikuti praktik terbaik untuk menggunakan perangkat lunak berbasis web.

5. Obrolan grup

Pengalaman belajar dan mengajar real-time dari ruang kelas virtual dicapai melalui ketersediaan obrolan grup bersama dengan Video Konferensi. Obrolan grup memungkinkan obrolan satu lawan satu serta percakapan satu ke banyak.

6. Dapat direkam

Sesi online setiap hari akan tersedia sebagai video yang direkam untuk semua peserta. Ini akan sangat membantu bagi mereka yang tidak menghadiri kelas pada hari tertentu dan juga untuk semua pelajar sebagai bahan referensi di masa mendatang.

7. Memiliki Ruang Penyimpanan

Alat perangkat lunak kelas virtual juga harus memiliki ruang penyimpanan dari materi yang disajikan selama setiap kelas. Ini akan sangat membantu jika terjadi kehilangan data karena kesalahan dari sisi pengguna. Mengingat keterbatasan pengetahuan teknis sebagian besar pengguna dari sisi pendidikan, hal ini sangat mungkin terjadi.

Kekurangan Kelas Virtual

Beberapa Kelemahan dari Kelas Virtual sebagai berikut :

1. Terputusnya hubungan antara guru dan siswa

Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk memahami efektivitas ruang kelas virtual jika dibandingkan dengan ruang kelas biasa. Ditemukan bahwa di ruang kelas virtual, terjadi pemutusan hubungan yang serius antara guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung. Hal ini terjadi karena tidak adanya kehadiran langsung dan aktivitas lain yang terjadi di dalam kelas biasa bersamaan dengan proses belajar mengajar. 

2. Pemutusan hubungan antar teman sekelas

Putus hubungan yang dijelaskan di atas juga ditemukan terbentuk di antara siswa. Di kelas virtual, interaksi antar siswa sangat sedikit. Di kelas biasa, interaksi antar siswa terjadi setelah pembelajaran selesai. Juga di ruang kelas virtual, para siswa hanya mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran dan semua hubungan pertemanan mereka tetap berada di luar rekan-peserta didik di dalam kelas.

3. Keterbatasan dalam keterampilan literasi komputer peserta didik

Meskipun manfaat dari ruang kelas virtual banyak, pengguna harus mengetahui cara mengoperasikan perangkat lunak kelas virtual secara efektif. Ini tampaknya menjadi tugas yang mudah sambil berpikir dari sudut para ahli komputer. Tetapi di sebagian besar lembaga pendidikan, para guru mungkin tidak dilatih untuk mengoperasikan ruang kelas virtual secara maksimal. Bahkan jika dilatih, perlu waktu bertahun-tahun bagi mereka untuk memahami semua fungsi berbeda yang tersedia di alat perangkat lunak.

4. Keterbatasan dalam akses teknologi

Tantangan lain dengan penerapan ruang kelas virtual dalam skala luas adalah keterbatasan akses teknologi di berbagai lokasi di dunia. Ada banyak lokasi di mana akses internet berkualitas terbatas bahkan saat ini. Bahkan jika internet berkecepatan tinggi tersedia, kualitasnya mungkin tidak dapat diprediksi. Demikian pula halnya dengan ketersediaan perangkat keras yang berkualitas. Tidak semua pelajar akan memiliki akses ke laptop atau desktop berkualitas.

5. Keterbatasan ketersediaan cadangan sumber daya

Bahkan pada tahun 2021, ada tempat-tempat di dunia di mana ada keterbatasan ketersediaan listrik bahkan saat internet berkecepatan tinggi tersedia. Jadi bagi banyak siswa, akan sulit untuk menikmati manfaat penuh dari kelas virtual karena fitur utama dari kelas virtual adalah pengajaran dan kolaborasi langsung pada waktu yang bersamaan. Tanpa pasokan listrik yang tepat, mahasiswa akan dipaksa untuk mengakses rekaman pembelajaran di lain waktu.

Tips Memilih Kelas Virtual Terbaik untuk sekolah?

Karena ada banyak solusi perangkat lunak kelas virtual yang tersedia di pasar, Kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk memilih solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan tersendiri sesuai sekolah.
1. Riset Pasar:
Pelajari solusi perangkat lunak kelas virtual yang digunakan oleh institusi lain di jaringan Kamu. Sekolah yang berbeda akan memilih perangkat lunak kelas virtual yang berbeda dan jika Kamu mempelajarinya dengan cermat, akan ada beberapa tren yang dapat Kamu amati dalam penggunaannya. Jika Sekolah anda adalah pendidikan tinggi, jangan menggunakan perangkat lunak yang digunakan oleh sekolah Dasar. Sekalipun Kamu menyukai fitur-fiturnya, pastikan perangkat lunak tersebut sesuai dengan kebutuhan sekolah pendidikan tinggi.
2. Integrasi Dengan Software ERP yang Ada:
Integrasi dengan ERP atau Perangkat Lunak Manajemen Kampus . Perangkat lunak kelas virtual berbeda dari ERP. Institusi Kamu mungkin sudah menjalankan perangkat lunak ERP. Jadi ketika Kamu mencari solusi perangkat lunak kelas virtual, Kamu harus memastikan bahwa itu terintegrasi dengan solusi ERP yang ada. 
Ini sangat penting karena semua data siswa dan guru Kamu akan sudah diunggah dalam perangkat lunak ERP dan siswa dan guru akan sudah menjadi pengguna yang baik dari perangkat lunak ERP. Kamu harus memeriksa dengan pembuat ERP dan pembuat kelas virtual untuk memastikan interoperabilitas kedua perangkat lunak. 
3. Memiliki fitur Uji Coba:
Setelah Kamu memilih solusi, sekarang saatnya untuk mendapatkan uji coba secara terperinci dari setiap perangkat kelas virtual. Kamu dapat menyertakan guru dan beberapa siswa dalam proses uji coba untuk memahami bagaimana cara kerja kelas virtual tersebut.
4. Harga Paket Kelas Virtual
Paket TCO (Total Cost of Ownership) mencakup semua kemungkinan biaya yang terkait saat membeli dan menggunakan solusi perangkat lunak kelas virtual selama 3 hingga 5 tahun. Ini termasuk semua biaya lisensi dan biaya AMC (jika ada) yang harus dibayarkan kepada pembuat dan biaya tidak langsung lainnya yang dapat terjadi dalam jangka waktu ini. TCO akan sangat membantu untuk membuat dan mengelola anggaran.
Kesimpulan
Pada artikel ini, kita telah membaca definisi dari Kelas Virtual  Apa kelebihan dan Kekurangannya. Semoga bisa bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url