Materi dan Tugas Kelas 4 Pecahan


Pelajaran pertama matematika adalah bilangan pecahan 

1. Pertama putar video di bawah ini tentang pecahan


2. Bisa memperhatikan materi di bawah ini tentang pecahan

Contoh pertama


Pengamatan pada buku. (Gambar 1)

Terdapat 10 buku dengan warna yang berbeda, 2 buku berwarna kuning dan 8 buku berwarna abu-abu, sedangkan total buku seluruhnya10 buku. Pecahan untuk menyatakan bagian dari buku kuning dari seluruh buku adalah 2 dari 10 bagian. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis 2/10.

Pengamatan pada tongkat  (Gambar 2)

Warna cat pada tongkat ada dua warna yang berbeda dengan bagian yang sama besar. Bagian pertama berwarna merah sedangkan bagian kedua berwarna putih. Pecahan yang menyatakan bagian tongkat yang berwarna merah adalah 1 dari 2 bagian. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis 1/2 .

Pengamatan pada buah apel. ( Gambar 3 )

Sebuah apel dipotong menjadi 4 bagian yang sama besar. Jika 1 bagian buah sudah dimakan, maka tersisa 3 bagian. Pecahan untuk menyatakan sisa buah apel yang belum dimakan adalah 3 dari 4 bagian sama besar. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis 4/4 .

Contoh kedua




Tugas untuk di kerja

1. Meli memiliki 1 batang coklat. Dia ingin membagikan kepada 6 orang sahabatnya dengan bagian yang sama. Berapa bagian coklat yang diperoleh masing-masing sahabat Meli?

2. Beni memiliki 4 buah apel. Dia akan membagikan kepada 2 orang temannya dengan bagian yang sama banyak. Berapa buah apel yang diperoleh masingmasing temannya?

3. Nyatakan bagian yang diarsir pada gambar di bawah ini ke dalam bentuk pecahan.
4. Nyatakan pecahan di bawah ini dalam bentuk gambar
dengan beberapa bagian yang diarsir.
a. 3/6 dengan menggunakan gambar persegi panjang.
b. 1/5 dengan menggunakan gambar lingkaran.
c. 2/3 dengan menggunakan gambar segitiga.

Selamat bekerja

You may like these posts