Teknik Dasar Tolak Peluru

Pengertian olahraga tolak peluruadalah tolak peluru terdiri dua kata yaitu tolak dan peluru. Kata tolak berarti sorong atau dorong. Sedangkan kata peluru berarti bola besi yang harus dilempar dengan tangan. 
Jadi Pengertian tolak peluru adalah olahraga yang menggunakan alat berupa bola besi dengan cara mendorong atau ditolak sejauh-jauhnya. Olahraga tolak peluru ini dapat dilakukan orang putra maupun putri. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini yang lebih lengkap tentang Teknik Dasar Tolak Peluru sebagai berikut : 

A. Berat peluru

Peralatan Berat peluru untuk junior putra adalah setingkat Sekolah Dasar (SD, SMP) adalah 3 Kg dan 4 kg. Kemudian Berat peluru tingkat SMA adalah 5 kg dan 4 kg, berat untuk putra adalah 5 kg atau 7,26 kg, sedangkan untuk putri hanya 4 kg. Berat peluru untuk senior putra adalah untuk kejuaraan umum sampai dengan Olympiade berat peluru peluru untuk putra 7,26 kg dan untuk putri 4 kg. 

B. Gambar lapangan tolak peluru


Gambar lapangan tolak peluru lengkap dengan ukurannya

C. Cara Memegang Peluru 

Cara memegang peluru yang benar adalah dalam menempatkan jari pada peluru, ada beberapa cara memegang yang benar dapat dilakukan antara lain: 
a. Jar-jari agak merenggang, jari keliling tidak tepat di belakang peluru tetapi ditekuk dan berada di samping peluru. Dengan demikian jari ini dapat membantu untuk menahan supaya peluru tidak mudah tergeser dari tempatnya, tetapi untuk dapat menggunakan cara ini, pelempar harus mempunyai jari-jari yang kuat dan panjang-panjang. 
b. Cara ini hampir sama dengan cara pertama. Jari-jari agak rapat ibu jari di samping. Jari kelingking tidak dilipat tetapi berada di samping belakang peluru. Dengan demikian jari kelingking kecuali untuk menahan jangan sampai peluru tergeser, juga dapat membantu mengada- kan tekanan pada waktu peluru ditolak. Cara ini lebih banyak dipakai dari pada ada cara pertama. 
c. Bagi mereka yang tangannya kecil, dapat menggunakan cara terakhir. Jari-jari seperti pada cara kedua tapi jari-jarinya lebih renggang. Kelingking di belakang peluru sehingga turut menolak pelurunya. Ibu jari untuk menahan geseran ke samping, peluru biasanya diletakkan pada lekuk tangan.

 D. Teknik Dasar Tolak Peluru 

Cara menolak peluru Gaya baru ( O'Brein ), ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut. 

 a. Persiapan teknik dasar tolak peluru

Sebagai langkah persiapan, hal-hal yang perlu di- lakukan sebagai berikut 
1). Berdiri membelakangi arah lemparan. Otot-otot rilek. 
2). Kaki kanan dan badan lurus, berat badan ditahan kaki kanan. 
3) Tumit kaki kiri di- letakkan di belakang tumit kanan. dan pandangan lurus ke depan. 
5) Siku kanan menunjuk ke sanmping lurus dan lengan kiri diangkat atau agak bengkok. Setelah kondisi tenang. badan dibungkukkan ke depan, lutut kanan merendah dan kaki kiri diangkat. 
6) Tangan kiri untuk menjaga keseimbangan. kaki kiri ditekuk dan digerakkan ke arah lemparan. 
7) Kaki kanan semakin ditekuk dengan sudut+ 70 dan badan membungkuk sehingga sejajar dengan lantai. 

b. Meluncur 

Dalam gerakan meluncur dapat dilakukan dengan gerakan sebagai berikut. 
1) Kaki kanan dijejakkan kuat-kuat dan menggeser ke tengah lingkaran. Lengan kiri ditekuk pada siku setinggi dada. 
2) Begitu kaki kanan terlepas segera ditekuk dan darat kan sebelum titk tengah lingkaran. Waktu kaki kanan mendarat ujung kaki menunjuk ke belakang ingkaran. 
3) Kaki kiri mendarat dekat balok. setelah kaki kiri mendarat, pundak kiri diputar sedikit ke kiri atas dan pundak kanan lebih rendah. 
4) Semua otot dalam keadaan tegang. pandangan masih terarah ke belakang lingkaran. 

c. Tolakan pada Peluru 

1) Dengan tanpa berhenti, begitu kaki kanan mendarat, terus diusahakan mengadakan tolakan. Ujung kaki kanan mengarah ke arah lempar. 
2) Gerakan selanjutnya hampir sama dengan gaya lama.

E. Kesimpulan

Pada umumnya atlit tolak peluru adalah mereka yang mem punyai kekuatan yang besar, kecepatan,
daya tahan yang tinggi, kelentukan badan dan daya koordinasi otot yang baik, juga lincah dalam gerakannya. Selain itu, tekrik yang baik juga harus dikusasai. Teknik yang baik akan membantu meraih prestasi. 
Demikianlah uraian admin tentang Teknik Dasar Tolak Peluru. Semoga bermanfaat 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url