Jurusan Kuliah dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Gurupertama. Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup. Selain mempertimbangkan minat dan bakat, prospek pekerjaan setelah lulus juga harus diperhitungkan. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan adalah gaji yang akan didapat setelah lulus.

Jurusan Kuliah dengan Gaji Tinggi di Indonesia

8 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Berdasarkan data jawaban rata-rata dan terpopuler di masyarakat kampus dan juga para pekerja, berikut adalah delapan jurusan kuliah dengan lulusan gaji tertinggi di Indonesia:

1. Teknik Pertambangan dan Perminyakan Jurusan ini identik dengan masa depan yang makmur karena begitu lulus, kalian yang kuliah di jurusan ini akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi bahkan bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan multinasional bahkan internasional seperti Pertamina, Antam, Freeport dan masih banyak lagi. Rata-rata gaji lulusan jurusan ini berada di sekitar 40.000 Euro atau dalam bentuk rupiah yang sekitar 762 juta pertahunnya. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

2. Teknik Elektro Jurusan ini merupakan salah satu energi yang masif penggunaannya di seluruh negara. Energi listrik mudah dikonversi maupun disimpan, sehingga lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di berbagai industri di bidang pengembangan sistem. Prospek kerja lulusan teknik elektro sangat luas mulai dari perusahaan pembangkit, konsultan listrik, pengembangan infrastruktur mobil listrik hingga perusahaan-perusahaan umum. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan kampus-kampus lainnya.

3. Akuntansi Jurusan ini menjadi pilihan banyak mahasiswa karena prospek kerjanya yang cukup baik. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai perusahaan baik perusahaan swasta maupun BUMN, kantor akuntan publik, hingga perusahaan asing. Gaji yang didapat lulusan jurusan ini cukup tinggi, tergantung pada posisi yang diduduki dan pengalaman kerja. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

4. Teknik Sipil Jurusan ini sangat dibutuhkan dalam bidang konstruksi, perencanaan dan pengelolaan proyek. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan konstruksi, perusahaan perencanaan proyek, hingga pemerintah. Gaji yang didapat lulusan jurusan ini cukup tinggi, tergantung pada posisi yang diduduki dan pengalaman kerja. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

5. Manajemen Jurusan ini menjadi pilihan banyak mahasiswa karena prospek kerjanya yang cukup baik. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai perusahaan baik perusahaan swasta maupun BUMN, hingga perusahaan asing. Gaji yang didapat lulusan jurusan ini cukup tinggi, tergantung pada posisi yang diduduki dan pengalaman kerja. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

6. Teknik Mesin Jurusan ini sangat dibutuhkan dalam bidang industri. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan manufaktur, perusahaan teknologi, hingga pemerintah. Gaji yang didapat lulusan jurusan ini cukup tinggi, tergantung pada posisi yang diduduki dan pengalaman kerja. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

7. Teknik Kimia Jurusan ini sangat dibutuhkan dalam bidang industri kimia dan farmasi. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan manufaktur, perusahaan teknologi, hingga pemerintah. Gaji yang didapat lulusan jurusan ini cukup tinggi, tergantung pada posisi yang diduduki dan pengalaman kerja. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia ( UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

8. Ilmu Komputer/Teknik Informatika Jurusan ini sangat dibutuhkan dalam bidang teknologi informasi. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan teknologi, perusahaan software, hingga perusahaan start-up. Gaji yang didapat lulusan jurusan ini cukup tinggi, tergantung pada posisi yang diduduki dan pengalaman kerja. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Demikian adalah delapan jurusan kuliah dengan lulusan gaji tertinggi di Indonesia. Namun, perlu diingat bahwa gaji yang didapat setelah lulus juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti posisi yang diduduki, pengalaman kerja, dan lokasi tempat bekerja. Oleh karena itu, sebaiknya jangan hanya memilih jurusan kuliah hanya berdasarkan gaji yang didapat, tapi juga mempertimbangkan minat dan bakat serta kesesuaian dengan karier yang ingin dikejar.

Next Post Previous Post