Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Kecerdasan Buatan ( AI ) dan Apa Perannya dalam Pendidikan

Bagaimana AI Mengubah Pengalaman Belajar

"Kecerdasan  kitalah yang membuat kita menjadi manusia, dan AI adalah perpanjangan dari kualitas itu." – Profesor Yann LeCun, Universitas New York

Apa Itu Kecerdasan Buatan ( AI )

Kecerdasan Buatan atau AI adalah cabang ilmu yang memproduksi dan mempelajari mesin yang bertujuan untuk merangsang proses kecerdasan manusia. Tujuan utama AI adalah untuk mengoptimalkan proses rutin, meningkatkan kecepatan dan efisiensinya (asalkan telah diterapkan dan didukung dengan benar).

Kecerdasan Buatan ( AI ) dan Apa Perannya dalam Pendidikan

Kecerdasan Buatan sebagian besar mematuhi 3 prinsip dasar:  

1. Belajar: Memperoleh dan memproses pengalaman baru, menciptakan model perilaku baru

2. Koreksi diri: Memperbaiki algoritme untuk memastikan hasil yang paling akurat

3. Penalaran: Mengambil algoritme tertentu untuk menyelesaikan tugas tertentu

Dan disajikan dalam 4 bentuk dasar:

Bentuk-bentuk AI di baris pertama tidak mampu belajar dari pengalaman mereka.

Mengenai peluang besar, alat AI terbuka untuk semua bidang termasuk pendidikan. Penggunaan teknologi tampaknya menjadi salah satu cara yang paling menjanjikan untuk mengubah pendidikan.

Peran Kecerdasan Buatan ( AI ) Dalam Pendidikan

Penggunaan secara global teknologi dalam pendidikan mengubah cara kita belajar dan mengajar . Kecerdasan Buatan adalah salah satu teknik untuk menyesuaikan pengalaman kelompok belajar yang berbeda, guru, dan instruktur.

Ini adalah bagaimana alat Kecerdasan Buatan dapat diterapkan untuk meningkatkan proses studi:

1. Personalisasi Pendidikan

Kecerdasan Buatan membantu mencari tahu apa yang siswa lakukan dan tidak ketahui, membangun jadwal belajar yang dipersonalisasi untuk setiap siswa dengan mempertimbangkan kesenjangan pengetahuan. Sedemikian rupa, AI menyesuaikan studi sesuai dengan kebutuhan khusus siswa, meningkatkan efisiensi mereka.

Untuk melakukannya, banyak perusahaan melatih AI mereka, dipersenjatai oleh Teori Ruang Pengetahuan , untuk mendefinisikan dan mewakili kesenjangan pengetahuan, dengan mempertimbangkan kompleksitas konsep ilmiah, hubungan antara satu sama lain (yang satu dapat merangsang pembelajaran yang lain atau menjadi dasar untuk mengisi celah).

2. Menghasilkan Konten Cerdas

a. Pelajaran

Digital Antarmuka pembelajaran digital dengan opsi penyesuaian, buku teks digital, panduan belajar, pelajaran berukuran kecil, dan banyak lagi dapat dihasilkan dengan bantuan AI.

b. Visualisasi informasi

Cara baru untuk memahami informasi, seperti visualisasi, simulasi, lingkungan belajar berbasis web, dapat didukung oleh AI.

c. Pembaruan konten pembelajaran

Selain itu, AI membantu menghasilkan dan memperbarui konten pelajaran, menjaga agar informasi tetap terbaru dan menyesuaikannya untuk kurva pembelajaran yang berbeda.

3. Berkontribusi Pada Otomatisasi Tugas

Penyederhanaan tugas administratif: menilai, menilai, dan menjawab siswa adalah aktivitas yang memakan waktu yang dapat dioptimalkan oleh guru menggunakan AI.

Apakah Anda ingat petunjuk yang diberikan Gmail dalam pesan yang Anda buat berdasarkan ikhtisar pesan Anda saat ini dan sebelumnya ditambah kosa kata bisnis yang penting? Akan sangat bagus untuk memiliki opsi seperti itu pada Sistem Manajemen Pembelajaran atau platform pembelajaran apa pun yang mempertimbangkan umpan balik.

Alat AI untuk pendidikan

(Alat penilaian bertenaga AI dapat dilatih untuk menampilkan informasi tentang kemajuan belajar setiap siswa)

Mempercayakan serangkaian tugas rutin ke AI membantu guru memberikan ruang untuk sesuatu yang lebih penting: berkonsentrasi pada penilaian tugas yang tidak mungkin didelegasikan ke Kecerdasan Buatan, pendidikan mandiri, meningkatkan kualitas pelajaran.

4. Lakukan Bimbingan

Program studi pribadi yang terus berkembang memperhitungkan kesenjangan siswa untuk diisi selama pelajaran individu. Bimbingan dan dukungan pribadi untuk siswa di luar kelas membantu siswa mengikuti kursus dan mencegah orang tua mereka berjuang untuk menjelaskan aljabar kepada anak-anak mereka. 

Tutor AI adalah penghemat waktu yang hebat bagi para guru, karena mereka tidak perlu menghabiskan waktu ekstra untuk menjelaskan topik yang menantang kepada siswa. Dengan chatbot bertenaga AI atau asisten pribadi virtual AI, siswa dapat menghindari rasa malu dengan meminta bantuan tambahan di depan teman-teman mereka.

5. Menjamin Akses Pendidikan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

Adopsi teknologi AI yang inovatif membuka cara baru untuk berinteraksi bagi siswa dengan ketidakmampuan belajar. AI memberikan akses pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus : tunarungu dan gangguan pendengaran, tunanetra, penyandang ASD…

Penggunaan Kecerdasan Buatan dapat berhasil dilatih untuk membantu setiap kelompok siswa dengan kebutuhan khusus.

Manfaat Kecerdasan Buatan  ( AI ) Bagi Siswa

1. Akses 24/7 Untuk Belajar

Dengan bantuan AI berbasis online, siswa selalu memiliki akses untuk belajar. Mereka bebas merencanakan hari mereka tanpa terikat dengan tempat tertentu. Mereka dapat belajar di mana saja, di mana saja dan kapan saja mereka mau. Mereka dapat membangun jadwal mereka berdasarkan jam paling sesuai dengan kondisi kesiapan mereka.

2. Keterlibatan yang Lebih Baik

Jadwal individual, tugas khusus, interaksi dengan teknologi digital, dan rekomendasi pribadi adalah bagian dari pendekatan pribadi yang didapat setiap siswa menggunakan AI. Selain itu, pendekatan pribadi membantu siswa merasa istimewa, meningkatkan keterlibatan mereka dan meningkatkan minat belajar sedemikian rupa.

3. Lebih Sedikit Tekanan

Pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan kelompok belajar yang berbeda memungkinkan siswa untuk berhenti membandingkan mereka satu sama lain. Sebelumnya, seorang siswa seharusnya meminta bantuan guru di depan kelas. Sekarang, cukup mengetik kata menggunakan asisten virtual pribadi dan mendapatkan penjelasan instan.

Peluang yang ditawarkan oleh alat AI ini membuat kemajuan pribadi menjadi yang terdepan, mengurangi tekanan di dalam kelas. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit stres dan lebih banyak semangat untuk belajar.

Demikianlah ulasan kami tentang Kecerdasan Buatan ( AI ) dan Apa Perannya dalam Pendidikan. Semoga memberikan manfaat.

Posting Komentar untuk " Kecerdasan Buatan ( AI ) dan Apa Perannya dalam Pendidikan"