Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

APPORT V3.1 – Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru

Gurupertama. Aplikasi Rapor K13 SD ini adalah aplikasi alternatif untuk SD yang tidak dapat menggunakan eRapor dari Kemendikbud. Aplikasi Rapor ini bisa digunakan untuk semua kelas dan semua semester. Dalam artian, aplikasi ini dapat digunakan untuk tahun berikutnya selagi sekolah masih menggunakan kurikulum 2013.

Adapun kurikulum di dalam aplikasi ini sudah menggunakan KD terbaru dari kementrian dan sudah lengkap terisi. Untuk muatan lokal, tersedia 3 slot. Slot pertama sudah terisi muatan lokal Bahasa dan Sastra Sunda. Jadi, jika muatan lokalnya bukan Bahasa dan Sastra Sunda, silahkan ubah di bagian KKM dan Edit KI dan KD-nya.

APPORT V3.1 – Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru

Aplikasi Rapor K13 SD ini adalah aplikasi versi ke 3 yang kami buat dengan beberapa penyempurnaan serta tambahan beberapa fitur. Jika di versi sebelumnya tidak ada fitur edit KD maka di versi ke 3 ini kami memberikan akses untuk pengguna mengedit KD.

Perbedaannya juga sangat terlihat di tampilan menu utama. Di versi 2 kami mengusung tema harmoni namun di versi 3 ini menu utama bertampilan elegan dan modern. Menu utama ini kami desain sebagus dan seefisien mungkin agar enak dipandang dan tidak membosankan.

Sedikit akan saya deskripsikan tutorial penggunaan rapor ini secara singkat.

Pertama, download file Apport ini di link di atas. Kemudian hasil download tersebut "diekstrak", nanti akan muncul 2 file. Yang pertama file aplikasi rapor dan yang kedua file password. File passoword ini digunakan untuk login ke aplikasi. So, jangan sampai tidak dibuka, ya.

Ketika ApportV3 pertama kali dibuka, maka akan ada tampilan seperti ini.

Silahkan klik "Enable Content". Artinya pengguna membolehkan excel untuk menjalankan Macro. Karna ApportV3 ini dibuat menggunakan Macro, maka jika Macro tidak diaktifkan maka aplikasi rapor ini tidak dapat berjalan.

Setelah "Enable Content", pengguna akan diminta username dan password. Pengguna dapat menemukan username dan password di file yang telah didownload.


Aplikasi Rapor K13 Sd Terbaru

Gambar di atas adalah gambar menu utama ApportV3. Disini pengguna boleh langsung mengisi data sekolah, data siswa, KKM, data rapor siswa dan juga mengisi nilai dari KI1 sampai dengan KI4. Baru setelah mengisi semuanya maka boleh langsung mem-printout rapor dan rekap nilai.

Kalau pengguna ingin mengubah KD, maka silahkan terlebih dahulu meng-unprotect sheet KIKD yang ada di sebelah kiri bawah menu utama. Password sheet bisa dilihat di "Sheet Tentang".

Apa saja kelebihan aplikasi rapor ini?

Jika dibandingkan dengan aplikasi rapor pada umumnya yang tersebar luas di internet, ApportV3 memiliki beberapa kelebihan antara lain;

Pertama, dari segi tampilan.

Tampilan menu yang tadi sudah dibahas, lebih elegan dan modern. Dan tampilannya lebih luas karna menu excel-nya sengaja disembunyikan agar pengguna lebih fokus dalam menginput data. Kemudian pada tampilan input nilai pun sangat simpel dan mudah dinavigasikan. Terakhir dari tampilan rekap nilai akan menyesuaikan dengan jumlah siswa, jika jumlah siswa ada 20 maka rekap nilai hanya akan menampilkan 20 baris. Jadi akan terlihat lebih indah dan rapi.

Kedua, dari segi isi atau kurikulum.

ApportV3 sudah disesuaikan dengan KD terbaru terbitan kemdikristek. Bahkan tersedia KD Bahasa Sunda.

Ketiga, dari segi efisiensi.

Aplikasi rapor ini sudah bisa digunakan oleh semua kelas, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Juga bisa digunakan untuk semua semester, semester 1 dan semester 2.

Keempat dan seterusnya tidak dapat saya tulis disini. Silahkan pengguna berikan feedback versi pengguna sendiri. Dari kacamata pembuat pasti akan terlihat bagus, namun kita tidak akan tahu bagaimana kacamata orang lain.

Lebih jelasnya tentang aplikasi ini silahkan tonton video di bawah ini. Disana dijelaskan secara rinci kelebihan serta keunggulan aplikasi ini. Juga dijelaskan tutorial penggunaannya.

TAMPILAN APPORT V3.1

Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Tampilan loging


Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Menu Utama

Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Menu Data Sekolah

Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Menu KKM


Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Menu Data Siswa

Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Menu Rekap Nilai

Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Menu Infut Nilai

Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Cover Raport

Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru
Deskripsi Raport


Demikianlah pembahasan admin tentang APPORT V3.1 – Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru, semoga aplikasi ini bisa bermanfaat

Posting Komentar untuk "APPORT V3.1 – Aplikasi Rapor K13 SD Terbaru"