Manfaat Mengenali Gaya Belajar Anak

Manfaat Mengenali Gaya Belajar Anak. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan cara belajar. Dengan menemukan sendiri gaya belajar bagi peserta didik, ini menjadi modal yang cukup berarti. Banyak manfaat yang diperoleh dengan mengenal gaya belajar, baik manfaat bagi anak didik, maupun bagi guru. 

Manfaat Mengenali Gaya Belajar Anak

Jika kita sebagai orang tua atau guru mengetahui gaya belajar anak kiat, Kita akan memiliki pemahaman yang lebih kuat tentang cara membantunya belajar , dan Kita dapat menjadi guru yang lebih baik untuknya di sekolah. 

Mengetahui gaya belajar anak kiat  dapat menginformasikan pilihan orang tua dengan lebih baik saat akan mempertimbangkan kegiatan setelah sekolah, perkemahan , dan kelas ekstrakurikuler.

Di bawah ini admin akan uraikan manfaat Mengenali Gaya Belajar Anak sebagai berikut :

1. Manfaat Mengenali Gaya Belajar Bagi Anak Didik 

a. Mempermudah cara belajar 

Dengan mengenal gaya belajar sendiri, maka peserta didik akan mampu menemukan cara belajar yang harus dilakukan. Jika sudah mengenali cara belajar, maka akan lebih mudah memperoleh informasi dari apa yang dilakukan itu. 

Dengan mengenali gaya belajar sendiri, maka lebih mudah untuk mengambil langkah-langkah penting untuk membantu dalam belajar lebih cepat dan lebih mudah. 

b. Belajar lebih menyenangkan 

Karena sudah menemukan gaya belajar, maka belajarnya lebih enjoy, lebih nyaman, dan menyenangkan. Belajar bukan lagi sebuah paksaan, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Mungkin ada yang senang belajar dengan diringi alunan musik. Mungkin juga ada yang suka belajar di tengah keheningan.

 Ada pula yang senang belajar sambil bermain, menggerakkan badan, berpindah-pindah tempat, dl. Semua itu ditentukan sendiri oleh peserta dldik. 

2. Manfaat Bagi Guru 

a. Mengimbangi dengan gaya mengajar 

Setelah mengenali gaya belajar peserta didik maka guru akan menyesualkan gaya mengajarnya Dengan demikian, apa yang menjadi kecenderungan belajar peserta didik diimbangi dengan baik. Hasilnya akan lebih efektif dan maksimal. Proses pembelajaran pun menjadi sangat mudah dan menyenangkan. 

b. Memacu potensi peserta didik 

Dengan mengetahui gaya belajar peserta didik, maka guru lebih mudah memacu potensi sesuai dengan gaya belajarnya. Guru bisa lebih efektif dalam proses pembelajaran di kelas maupun pada tugas tugas terstruktur maupun yang tidak terstruktur. 

3. Kesimpulan

Setelah megenali gaya belajar serta mafaatnya, maka guru mengatur strategi pembelajaran sesuai dengan kondisi peserta didik. Berbagai pendekatan, model, metode, dan teknik bisa diterapkan untuk mempermudah peserta didik dalam menerima dan mengolah informasi. 

Setiap peserta didik sebenarnya memiliki ketiga modalitas belajar. Namun, diantara ketiganya pasti ada salah satu modalitas yang menonjol, menjadi kecendengan dengan prosentasenya yang besar dan prosentase yang kecil. "Meskipun cara belajar dan mengajar guru mencerminkan kecederungan modalitas, penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak modalitas yang dilibatkan secara bersamaan, belajar semakin hidup, berarti, dan menyenangkan" (Bobbi de Porter: 1999)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url